; STOP BULLYING - Selebrasi P5RA Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Kakak - SayaNaia

STOP BULLYING - Selebrasi P5RA Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Kakak

Hai, hari ini saya mengunjungi sekolah anak sulung saya karena kebetulan hari ini sekolah mereka sedang mengadakan selebrasi untuk memamerkan, menunjukkan, dan mempresentasikan hasil kerja keras mereka selama 4 hari kemarin sejak hari senin tanggal 18 September. Kegiatan ini merupakan rangkaian Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila - Rahmatan Lil 'Alamin (P5RA) yang diadakan di sekolah dalam kurikulum merdeka belajar.




sebagian aksesoris yang saya borong, ada banyak bangeeettt tadi


pin hasil karya teman-teman kakak






Tema yang diangkat tahun ini adalah "Stop Bullying". Kegiatan ini melibatkan seluruh siswa-siswi dari kelas 7.1 - 8.8. Anak-anak benar-benar dituntut untuk mengeluarkan ide, pendapat dan kreatifitas mereka dalam menyelesaikan projek ini. Alhamdulillah hari ini semua berjalan dengan lancar dan sukses. 

Untuk kelas si kakak, mereka membuat film pendek yang menceritakan tentang bagaimana seorang anak baru yang terjebak dalam lingkaran perundungan di sekolah. Sementara untuk tim kakak sendiri, mereka membuat simulasi games roblox dengan tema cyber bullying yang diberi judul "Everybody Vs. Joni" yang menceritakan tentang kejahatan perundungan yang bahkan sudah dianggap lumrah dilakukan ketika sedang bermain game online. Apakah Joni akan memaafkan pelaku yang merundungnya atau tidak? Semua diserahkan kepada teman-teman yang bisa mencoba games buatan mereka di booth yang sudah di sediakan. Ada juga penampilan band, tarian penguatan karakter, drama dan lain-lain.



Tim Games


menunjukkan games hasil karya mereka ke Kepala Madrasah yang berkunjung ke booth




Mereka juga membuat poster, pin dan berbagai macam aksesoris hasil karya mereka sendiri yang dijual di booth. Jujur untuk aksesoris ini bagus-baguuss. Saya hampir kalap mau beli semuanya 😅. Tujuan diadakannya kegiatan ini tentu saja untuk menguatkan profil anak-anak agar tidak menjadi remaja yang menjadi pelaku perundungan, dan jika ada yang menjadi korban diharapkan bisa melawan perundungan itu dengan langkah yang benar dan berani agar budaya buruk ini tidak menjadi warisan bagi adik-adik kelas nantinya. 













Naia Djunaedi
Naia Djunaedi Betawi - Cirebon - China - India - Arab Maklum. Ibu dari 3 anak, ex Radio Script Writer, ex Journalist, Bookworm, Senang menonton drama dan film, Ambivert, Senang menertawakan kehidupan, Terlahir dengan wajah jutek dan aslinya memang galak sih.. Hehehehe. Open Comission for art on Instagram or e-mail

7 comments for "STOP BULLYING - Selebrasi P5RA Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Kakak"

  1. Seru nih kegiatan anak", kreatif juga,aah kalau bicara bullying saya jadi teringat jaman sekolah dulu,hanya saja jaman dulu belum ada istilah ini,jadi hanya di anggap kenakalan biasa dan di maklumi

    ReplyDelete
    Replies
    1. seru mbak, tapi kasian juga karena kumer ini lebih capek karena banyak banget project yang harus mereka kerjain. bulan depan mereka juga ada kegiatan rutin bilingual olympiad, sekolahnya kayak kejar2an sama kegiatan lain

      Delete
  2. It is very important that children feel safe at school.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yes Ma'am. I really appreciated about this program

      Delete
  3. sangat menarik programnya. ini annual program ke?

    suatu pendedahan yang bagus buat pelajar. dengan cara ini mereka akan jadi lebih bersedia dan alert dan persekitaran sekali gus sama-sama dapat membanteras jenauah buli di sekolah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kak, sayangnya beberapa bulan ini malah si kakak terkena bully dari salah satu teman sekelasnya. Alhamdulillah sudah ditangani oleh guru di sekolah.

      Delete
  4. Projek P5RA ini ampuuuun deh, bagi yg anaknya msh kecil. Krn yg ngerjain jadi ortunya 🤣. Sebel aku. Untungnya kelompok si adek para ortunya pada semangat, jadi dr awal aku bilang, utk biaya aku bantu semuanya, tapi yg bikin mereka. Aku ga bakal sukses bikin kue dan segala macam itu 😂😂.

    Yg ini bagus2 kerajinannya mba 👍. yg buat juga anak2 kls tinggi sih yaa. Kemarin sekolah anakku kebanyakan makanan. Jdi tema kuliner 😅.

    ReplyDelete

Post a Comment