; Charlie and The Chocolate Factory - Road Dahl - SayaNaia

Charlie and The Chocolate Factory - Road Dahl

Judul Buku   : Charlie and The Chocolate Factory
Penulis          : Road Dahl
Penerjemah  : Maria Lubis
Penerbit         : Noura Books
Tahun Terbit  : Juni 2018
Tebal              : 248 Halaman
ISBN               : 978-602-385-307-6












Charlie Bucket, mungkin salah satu anak yang hidupnya kurang beruntung. Bagaimana tidak? Setiap hari ia harus berjejalan di rumah bersama ayah ibu juga dua orang kakek dan dua orang nenek dari ayah dan ibunya. Mereka bertujuh harus tinggal di sebuah rumah kecil yang hanya memiliki satu tempat tidur dan saat ini ditempati oleh empat kakek dan neneknya, Grandpa Joe dan Granma Josephine, Grandpa George dan Grandma Georgina. Mr dan Mrs Bucket terlalu miskin untuk membeli rumah yang lebih besar, bahkan untuk membeli tempat tidur pun mereka tidak mampu. Sebab hanya Mr. Bucket saja yang bekerja untuk memenuhi kebutuhan keluarga mereka. Mr. Bucket bekerja sebagai pemasang tutup pasta gigi di sebuah pabrik dan gajinya pun sangat kecil. 

Charlie kecil yang malang, ia membutuhkan banyak energi untuk pertumbuhan tubuhnya. Namun sang ayah hanya mampu memberinya roti dan margarin untuk sarapan, kentang dan kol rebus untuk makan siang, dan sup kol untuk makan malam. Dan mereka memakannya setiap hari. 

Charlie sangat ingin memakan cokelat, kecintaannya terhadap cokelat melebihi apa pun, namun ia hanya bisa memandang makanan lezat itu bertumpuk di etalase toko. Ia hanya bisa melihat anak-anak lain yang menyantap makanan itu di hadapannya. Charlie bisa memakan cokelat hanya pada saat ia berulang tahun, itu pun cokelat dengan ukuran kecil yang ia makan sedikit demi sedikit agar cokelat itu tak cepat habis untuk dimakan selama satu bulan. 

Yang lebih menyiksa, setiap hari Charlie harus melewati pabrik cokelat milik Tuan Willy Wonka. Pabrik cokelat terbesar dan terkenal di seluruh dunia! Yang cerobong asapnya mengeluarkan aroma cokelat yang harum. Sebuah tempat yang paling indah dan paling mengagumkan bagi Charlie. Dan ia akan berjalan sangat lambat saat melewati pabrik itu ketika hendak pergi dan pulang sekolah dan menghirup kuat aroma cokelat yang lezat. Charlie ingin sekali bisa masuk dan melihat pabrik itu.







Bagi penduduk yang tinggal di sekitar pabrik cokelat wonka, pabrik itu terkesan sangat misterius. Karena tidak ada satu orang pun yang terlihat masuk atau keluar pabrik layaknya pabrik biasa. Namun produksi tetap berjalan, dan mereka menganggap ini adalah hal yang aneh sekaligus ajaib, bagaimana mungkin pabrik bisa terus mengepulkan asap tanpa ada pekerja di dalamnya?

Sampai pada suatu ketika, ayah Charlie pulang membawa koran dan menunjukkan pengumuman yang berisi bahwa Tuan Willy Wonka akan mengizinkan lima orang anak yang beruntung untuk berkunjung dan masuk ke dalam pabrik cokelat miliknya. Mereka akan mendapat kesempatan melihat rahasia pembuatan cokelat di pabrik itu dan dipandu langsung oleh Tuan Willy Wonka. Dan setelah kunjungan itu, mereka akan mendapat cokelat dan gula-gula untuk seumur hidup. Tapi untuk bisa mendapat kesempatan itu, mereka harus menemukan tiket yang dicetak di kertas emas yang ada di dalam 5 batang cokelat yang dijual. Hanya 5 tiket terbatas yang cokelatnya dijual di seluruh dunia. Jadi bisa saja tiket emas itu ada di negara lain. 

Tiket emas pertama ditemukan oleh Augustus Gloop, anak laki-laki gemuk berusia sembilan tahun. Fotonya terpampang di surat kabar. Tiket kedua ditemukan oleh Veruca Salt, anak perempuan dari keluarga kaya raya yang tinggal jauh dari kota itu. Lalu dua tiket emas lagi-lagi sudah ditemukan dan hanya tinggal satu tiket emas tersisa. Apakah Charlie bisa mewujudkan impiannya untuk masuk ke dalam pabrik cokelat Tuan Willy Wonka? 

Buku Charlie and The Chocolate Factory ini masuk dalam kategori novel klasik anak-anak yang terbit pada tahun 1961, namun ceritanya masih digemari sampai saat ini. Cerita dalam buku ini juga sudah diadaptasi menjadi film di tahun 1971 yang dibintangi oleh Gene Wilder. Kemudian dibuat ulang di tahun 2005 yang disutradarai oleh Tim Burton dengan Johnny Depp sebagai pemeran Tuan Willy Wonka. Dan kabarnya pada tahun 2023 nanti akan muncul prekuel dari film Willy Wonka and The Chocolate Factory dengan Timothee Chalamet sebagai pemeran utamanya.

Naia Djunaedi
Naia Djunaedi ex Radio Script Writer, ex Journalist, Ibu dari 3 orang anak, Bookworm, Senang menonton drama dan film, Ambivert, Senang menertawakan kehidupan, Terlahir dengan wajah jutek dan aslinya memang galak sih.. Hehehehe

10 comments for "Charlie and The Chocolate Factory - Road Dahl"

  1. aku baru nonton filmnya kak...yang jhonny deep jadi willy wonkanya kan hihihi

    aku suka nih cerita kayak gini ngembangin imajinasi terutama ada hubungannya sama makanan..walau agak ngeri juga pas kompetisi anak anaknya gitu kan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha aku belom nonton, Mbul.. btw nontonnya di mana sih?

      Delete
  2. Replies
    1. yes that's right, this is one of the most famous children's storybooks ^_^

      Delete

Post a Comment