; SEJARAH DAN ASAL USUL NAMA GONDANGDIA - SayaNaia

SEJARAH DAN ASAL USUL NAMA GONDANGDIA

 …Cikini ci gondangdia
Yang punya bini nongkrong di rumah
Buah nangka dan buah gedang
Masih perjaka boleh begadang…
 


Begitulah salah satu penggalan lirik lagu Keroncong Kemayoran ciptaan babe Benyamin Sueb yang mengabadikan kawasan di tengah kota Jakarta, Cikini dan Gondangdia. Namun kali ini saya akan membahas tentang sejarah dan asal usul nama Gondangdia.
 
Gondangdia adalah sebuah kelurahan di Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat. Berdasarkan peta Batavia keluaran tahun 1912, wilayah itu masih berupa site plan dengan nama Nieu Gondangdia dengan lahan seluas 73 ha yang merupakan proyek perumahan villa pertama di kota Batavia. Saat ini wilayah tersebut lebih dikenal dengan nama Menteng. Gondangdia mulai dibangun pada tahun 1920 yang merupakan daerah pengembangan Weltevreden yang sudah mulai padat. Saat itu pemerintah kotapraja Batavia membeli tanah partikulir di kawasan Gondangdia (pada tahun 1890 kawasan ini dimiliki oleh 3.562 pemilik tanah) dan menjadikannya bagian dari Batavia yang lebih modern.




source image: republika


 
Muasal nama Gondangdia konon berasal dari nama pohon gondang (Ficus variegata BI) yaitu sejenis pohon yang masih berkerabat dengan pohon tin atau ara yang tumbuh pada tanah basah atau berair. Gondang adalah jenis pohon dengan ciri akar nafas. Buahnya menempel di batang pohon, bisa dirujak, dijadikan bumbu masak atau sebagai obat diare dan eksim.
 
Selain berasal dari nama pohon, versi lain penamaan Gondangdia berasal dari nama developer yang ditunjuk Belanda untuk membangun kawasan Menteng, yakni NV. Gondangdia. Versi kedua,  nama Gondangdia berasal dari nama binatang air sejenis keong gondang, yang berarti keong besar. Kemungkinan pada masa lalu di daerah ini banyak terdapat keong yang berukuran besar, sehingga masyarakat menyebut tempat ini dengan menyebut nama keong.
 
Versi ketiga, nama Gondangdia berasal dari nama seorang kakek yang terkenal dan disegani oleh masyarakat sekitar kampung. Kakek ini bernama Kondang dan sering juga dipanggil Kyai Kondang karena terkenal di kalangan masyarakat kampung. Nama kakek Kondang sering disebut – sebut dan masyarakat sering mengaitkan nama tempat itu dengan nama sang kakek.


Naia Djunaedi
Naia Djunaedi Betawi - Cirebon - China - India - Arab Maklum. Ibu dari 3 anak, ex Radio Script Writer, ex Journalist, Bookworm, Senang menonton drama dan film, Ambivert, Senang menertawakan kehidupan, Terlahir dengan wajah jutek dan aslinya memang galak sih.. Hehehehe. Open Comission for art on Instagram or e-mail

16 comments for "SEJARAH DAN ASAL USUL NAMA GONDANGDIA"

  1. Cerita rskyat begini termasuk budays lokal. Bagus untuk dipertahankan. Terima kasih telah berbagi, ananda Naia.

    ReplyDelete
  2. Teringat arwah bapa mentua saya. Suka sangat dengar irama keroncong. Terima kasih kongsi info.

    ReplyDelete
  3. Walaupun kotaraya jakarta amat padat dgn pendudukan rakyat seharusnya pemerintah mendirikan rumah2 high rise spt flat utk golongan berpendapatan rendah.. ;p

    ReplyDelete
  4. GONDANGDIA pun pertama kali saya dengar

    ReplyDelete
  5. banyak tempat di dunia ni saya dapati namanya diperoleh daripada tumbuhan. kampung dan negeri kelahiran saya pun nama asalnya dari sebatang pokok😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. kampung apa kak anies namanya? Jangan jangan kampung durian runtuh yaa hahaa

      Delete
    2. cuba cari, nama negeri-negeri di malaysia yang ada kaitan dengan pokok... tulah negeri kelahiran saya...

      btw durian runtuh = dapat keuntungan besar ;-)

      Delete
  6. Banyak versi asal asul nama gondangdia, kira-kira mana yg paling bener ? :D

    ReplyDelete
  7. Pertama saya tahu Gondangdia itu, dari nama stasiun mbak. Maklum, karena naik KRL jadi tahu namanya. Heehe.
    Dan ternyata, begini yaak sejarahnya. Nice info, mbak!! 😁

    ReplyDelete
  8. jd ada tiga versi ya... lalu yg mana ya yg paling bnr. Melihat dari zamannya Belanda, apa mungkin yg terkait dgn Belanda.

    ReplyDelete
  9. Wah, baru tau nih.
    Makasih buat infonya kakak.

    ReplyDelete
  10. Gondangdia padahal ga jauh dari rumahku, sering juga makan di daerah sana, mie ayamnya ada yg enak tapi Krn udh punya nama ampuuun harganya 🤣🤣. Tapi baru kali ini aku tau asal usul namanya mba 😁👍. Dan penasaran Ama pohon Gondang yang dimaksud

    ReplyDelete
  11. Cikini Gondangdia,aku begini lantaran dia😁banyak versi ttg Gondangdia,tapi namanya sejarah di abadikan kenangannya

    ReplyDelete

Post a Comment