; The Story of Tracy Beaker - Jacqueline Wilson - SayaNaia

The Story of Tracy Beaker - Jacqueline Wilson

Judul Buku : The Story of Tracy Beaker
Penulis       : Jacqueline Wilson
Penerbit     : Corgi Yearling
Tebal          : 160 halaman
Ilustrasi      : Nick Sharrat
ISBN          : 978-0-440-86821-7







"I'm Tracy Beaker. This is a book all about me. I'd read it if I were you. It's the most incridible dynamic heart-rending story. Honest."


The Story of Tracy Beaker adalah novel pertama dari serial Tracy Beaker yang di terbitkan di tahun 1991. Bercerita tentang seorang anak perempuan berusia 10 tahun yang tinggal di panti asuhan. Anak-anak panti menyebutnya sebagai tempat pembuangan. Di panti itu Tracy dan teman-temannya diasuh oleh Aunty Peggy dan Uncle Sid. Meski begitu, Tracy adalah anak yang periang dan kerap disebut nakal karena selalu penuh energi. Tracy selalu berpikir ibunya adalah seorang aktris terkenal Hollywood yang sangat kaya, dia dititipkan di rumah singgah karena ibunya terlalu sibuk dengan pekerjaannya di dunia seni peran. Tracy berharap suatu hari nanti ibunya akan datang menjemputnya dan mengajaknya tinggal di rumah yang mewah.

Tracy mempunyai seorang sahabat bernama Louise, namun Justine Littlewood merebut sahabatnya itu dan membuat Tracy berpikir bahwa dia tidak ingin punya sahabat lagi. Bagi Tracy, Justine anak yang menyebalkan, Tracy menyebut Justine sebagai musuh bebuyutan. Entah sudah seberapa sering mereka saling mengejek dan berujung pada petengkaran dan pernah suatu kali Tracy melayangkan tinjunya ke hidung Justine hingga berdarah. Seorang anak bernama Peter Ingham ingin sekali bersahabat dengan Tracy, tetapi Tracy hanya menganggap Peter anak kecil yang cengeng dan penakut.

Tracy diadopsi oleh sepasang suami istri, Ted dan Julie yang selama mereka menikah belum juga diberi keturunan. Mereka sangat baik dan memperlakukan Tracy seperti teman, membelikannya sebuah sepeda baru dan berharap mereka akan hidup bahagia bersama. Setelah berapa lama Tracy tinggal bersama mereka, tiba2 Julie hamil dan mereka mengembalikan Tracy ke rumah singgah. Awalnya Tracy berpikir bahwa Ted dan Julie hanya menitipkan Tracy sebentar dan kemudian akan membawanya kembali ke rumah mereka setelah  julie melahirkan anak mereka. Namun Ted dan Julie benar-benar mengembalikan Tracy kesana karena berpikir bahwa kehadiran Tracy hanya akan menjadi beban bagi keluarga mereka ketika anak kandung mereka lahir. Tracy berusaha tidak peduli dan berpikir bahwa suatu hari ibu kandungnya akan datang dan membawanya pergi dari tempat itu untuk tinggal bersamanya.

Cam Lawson datang ke panti dan diperkenalkan sebagai seorang penulis. Tracy sangat suka menulis, bahkan ia menulis buku hariannya sendiri dengan dihias gambar-gambar lucu dan indah. Setelah kunjungannya ke panti, Cam menulis surat untuk Tracy, meski kesan pertama saat mereka bertemu tidaklah cukup baik. Mereka mulai saling berbalas surat dan berjanji untuk bertemu kembali pada sabtu siang. Tracy dan Cam menjadi sangat akrab, selayaknya ibu dan anak. 

Tracy yang amarahnya gampang meledak-ledak, ceria, tapi juga sangat lucu. Saya membaca versi bahasa inggris, karena kebetulan cuma punya versi ini karena agak sulit untuk mendapatkan buku ini yang mungkin sudah masuk dalam kategori buku langka (untuk di Indonesia ya). Karakter anak-anak yang kuat khas cerita dari Oma Jacky membuat saya jatuh hati pada sosok Tracy Beaker. Ya walaupun terkadang bahasa yang dilontarkannya ketika sedang marah terutama kepada Justine bisa dibilang cukup kasar.

Kelanjutan tentang Tracy Beaker ada di novel Starring Tracy Beaker dan The Dare Game.
Naia Djunaedi
Naia Djunaedi ex Radio Script Writer, ex Journalist, Booklover, Blogger yang tersesat megap-megap setelah multiply diberangus...

No comments for "The Story of Tracy Beaker - Jacqueline Wilson"

Berlangganan via Email