; Tantangan Tahun Ajaran Baru - SayaNaia

Tantangan Tahun Ajaran Baru

Halo, kita sudah memasuki hari kedua di bulan Agustus. Alhamdulillah kegiatan belajar-mengajar di rumah masih aman terkendali 🙈, hanya saja karena tahun ini si kakak sudah kelas 6, belajarnya harus lebih giat lagi. Ya seperti biasa, ibu-ibu yang menemani anaknya dalam Pembelajaran Jarak Jauh alias PJJ harus lebih banyak bersabar lagi, karena rencana tatap muka yang lagi-lagi mundur entah sampai kapan.

Tahun ini bisa dibilang nikmat ya, karena kegiatan harian kakak berubah. Semula hafalan juz 30 dan do'a-do'a dalam buku bimbingan agama berupa video dengan mata tertutup kain atau mata terpejam, tahun ajaran baru ini anak-anak bisa langsung menghubungi guru tahfidz dan menyetor hafalan melalui video call (senin-minggu). Saya pribadi lebih suka dengan setoran yang sekarang, karena si kakak kebetulan lebih suka setoran langsung. Karena ketika matanya ditutup kain, dia malah gugup dan konsentrasinya buyar. Apalagi dengan sistem setoran perhari, anak-anak jadi lebih disiplin supaya mereka lekas hafal. Meski tentu saja lebih repot, tetapi ini lebih memudahkan saya membujuk supaya si kakak mau muroja'ah ketimbang saya membujuk dia rekam video, sebab nanti guru tahfidz yang langsung menghubungi si anak. 


kembar membaca (gambar) majalah Bona dan Rong-rong



Kembar juga batal masuk Taman Kanak-kanak karena masih mengikuti sistem PJJ. Saya pikir dari pada masuk TK tetapi semua pengajaran saya yang pegang, lebih baik saya mengajari anak-anak langsung di rumah. Memang lebih sulit, apalagi mood mereka masih berubah-ubah. Tetapi saya coba mengikuti gaya mereka saja, belajar sambil bermain. Kembar saat ini sudah mulai belajar membaca, kalau untuk menulis Alhamdulillah mereka sudah bisa. Mengajari kembar membaca juga susah-susah gampang, karena mereka lebih sering menonton disney junior atau peppa pig, ejaan yang mereka pakai kadang malah rancu dengan ejaan bahasa Inggris. 

Contoh kecilnya ketika belajar mengenal huruf sekitar 4 bulan yang lalu, mereka menyebut y dengan way. Ketika saya bilang 'ini huruf y, dibaca ye', mereka malah bilang 'Mama salah, ini way (y)'. 😷 Butuh waktu agak lama meyakinkan mereka kalau bahasa Indonesia berbeda dengan bahasa Inggris. Alhamdulillah sekarang sudah mulai paham, meski masih suka lupa sedikit.

Yang lebih pusing itu ketika kembar meminta waktu belajarnya bersamaan dengan si kakak. Kalau kebetulan kakaknya ada kesulitan dan bertanya pada saya, kadang kala kembar ikut-ikutan bertanya. Otomatis rumah jadi super ramai dan saya pusing harus jawab yang mana dulu 🙈. Alhamdulillah nikmatnya punya banyak anak. Masih untung gak diselingi dengan teriakan dan tangisan. 

Saya mohon maaf jika agak jarang melakukan kunjungan balik ke blog teman-teman semua, tapi sebisa mungkin saya usahakan untuk berkunjung meski hanya 1-2 kali seminggu. Kadang saya hanya sempat membaca tanpa meninggalkan komentar, tetapi Insya Allah saya usahakan untuk berkomentar. 
Naia Djunaedi
Naia Djunaedi Betawi - Cirebon - China - India - Arab Maklum. Ibu dari 3 anak, ex Radio Script Writer, ex Journalist, Bookworm, Senang menonton drama dan film, Ambivert, Senang menertawakan kehidupan, Terlahir dengan wajah jutek dan aslinya memang galak sih.. Hehehehe. Open Comission for art on Instagram or e-mail

24 comments for "Tantangan Tahun Ajaran Baru"

  1. Wahh si kakak hebat yah jadi hafis saya aja udah gede gini bacaannya itu2 aja 3Qul,.. Hihi

    Gemes banget liat si kembar jd pengen nyubit ibunya #ehhh,,,

    Btw sikembar hebat jg yah udah bisa ngeja bacaan pdahal masih bocil gitu... Bisa2 msuk SD udah pintar membaca...

    Salam sama keluarganya kak naia...

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwk sambit bakiak juga nih.

      Aamiin ya Allah, kalo kamu sholat berjamaah sama dia, bacaannya panjang2, An-Nabaa, Al-Nazi'at.. Hahaha biar hafalannya terus nempel harus dibaca terus waktu sholat.

      Kembar belajarnya masih semau-mau mereka sih, gak bisa dipaksain juga. Jadi bisa baca 2 suku kata aja udah Alhamdulillah, mereka lebih seneng menggambar.

      Delete
    2. wwkwkkwk...awas lul dijewer pak suaminya kak naia...beliau kan yang suka publish postingan kak nai hihihi

      kalau godain kak nai siap siap dijewer pak sunya kak nai hahhahahahah

      Delete
    3. Ahahaha karena PPKM jadinya aku posting tulisan sendiri, Mbul. Paksu lagi bebas tugas dimintain tolong, malah dia yang berisik nyuruh aku nulis blog tiap hari (tepok jidat). ckckck. Kalo aku nginep di rumah ayah, barulah dia ku minta tolong buat posting tulisan di draft.

      Delete
    4. Haha gak kok mbull, aku kan masih normal, mana mungkin ku godain tante2 #ehh... Aku kan anggap kak naia seperti tanteku sendiri... Tp aku gemes aja liat si kembar jarang loh sekrang ada anak suka buku,, biasanya main gadget nonton tiktok kan?...
      Itulah sy bilang dikomen salam sama keluarganya hihi.... Biar om gak marah,, hihi

      Delete
    5. wkwkwk beneran minta disambit nih si Alul.. jangan panggil tante woy.. Beda umur juga paling berapa (tepokjidat).

      Anak2 ada waktunya buat main gadget sih di sabtu-minggu, tapi ya gak tiktokan Lul, gak ada aplikasi tiktok di hp aku atau papanya. Kalo main gadget juga main game edukasi atau nonton peppa pig, padahal bisa dr TV ya, tetep aja mereka bilang pake hp lebih praktis.

      Delete
  2. kak nai ibu yang hebat, bisa ngampu 3 anak dengan super disiplin....kebayang banget ramainya pas belajar kakak sama adek dan teteh kembar..pinter pula bisa hapal juz 30...kalah deh mbul hihihi

    pinter bahasa inggris pulaa ☺😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi pengen malu.. eh.. wkwkwk enggak kok, Mbul, aku gak sedisiplin itu ke anak-anak, takut mereka stress ntar. Sebetulnya kalo hafalan qur'an itu sering dengerin dari yutup aja, sambil buka juz amma (kalo si kakak), adeknya sambil gambar aku setelin murottal, syukur2 bisa ikutan hafal kan. Bahasa Inggris juga gitu, dari tontonan aja, atau sesekali aku sm papanya nanggepin dengan bahasa inggris juga, jujur mereka lebih jago sih dari mama papanya. wkwkwk.. Masya Allah tabarakallah

      Delete
  3. Lidah Bahasa Inggris emang beda dgn Bahasa Indonesia, hehe... jangan ngomong 'way' disangkain yg denger katanya tanya 'why' jelas beda lagi artinya...
    baru bisa BW lagi, setelah kemarin badan agak ngedrop...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha kalo di rumah tuh kembar sama kakaknya sering berantem karena aksen yang mereka pake itu beda, Mas. Kakaknya pake aksen American, adek2nya pake aksen British, kadang kakaknya salah paham.

      Oh pantesan blognya blm aktif ya, semoga lekas pulih, Mas.

      Delete
  4. Wah hebat si kakak kelas enam sudah hafal 30 Juz, eh hafal Juz 30. Aku saja hafal Juz 30 tapi hanya beberapa saja.😂

    Si kembar gemesin ya. Lucu liat anak kembar. Ngajar anak memang harus sabar, sabar, dan sabar.

    Mantap, dari kecil sudah belajar bahasa Inggris, memang sekarang harus pintar bahasa internasional ini karena penting untuk masa depan ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha ini sebenernya pengulangan hafalan aja, Mas. Pas kelas 5 udah selesai semua hafalan di juz 30. Tahun ini diulang lagi dari An-Naba sampai An-Nas, selesai itu lanjut setor juz 29 jika mampu. Untuk sertifikasi tahfidz nanti ada pengujian ulang lagi ke guru khusus sertifikasi. Ya mudah2an lancar

      Kembar belajar bahasa Inggris gak sengaja sebenernya, beda dengan kakaknya yang sejak TK udah minta les bahasa Inggris. Jadi kakaknya les inggris dari kelas 1 MI, adeknya belajar dari YT aja. Hehehehe. Kalo bahasa Arab kebetulan ada di sekolah dan si kakak juga belajarnya dari aku. Lumayanlah jadi kepake lagi. Hehehehe

      Delete
  5. Dari sebutan way diubah jadi ye memang susah diubah bagi anak usia TK. Makanya dari awal harus konsisten. Selamat sore, ananda Naia. Syukur punya waktu banyak untuk mengajar anak. 90% peran guru di sekolah telah terganti. Cucu bunda belajar sendirian. Papa mamanya kerja. Nenek jauh tinggal di daerah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bunda, Alhamdulillah sekarang pelan-pelan bisa bedain. Semoga cucu bunda dimudahkan dalam belajar ya. Aamiin

      Delete
  6. wah anaknya mbak naia lucu-lucu yang kembar itu aku lihat di foto, pengen nanti ah punya anak kayak gitu juga ehehehe :D

    keren sih anaknya mbak naia udh hapal alquran ya, harus terus di latih mbak, kadang nanti pas dah mulai beranjak gede kadang akan terpengaruh dengan dunia lain, eh dunia luar :D..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahahaha Aamiin.. Mudah2an ketemu jodohnya dulu ya, Nif.. :-P

      Alhamdulillah, semoga urusannya dimudahkan oleh Allah. Gak usah jauh2, mamanya juz amma aja udah mulai lupa karena banyak dosa.. wkwkwk.. hafal surat Yasin thok, Al-Mulk juga lupa2 inget. Haduh jangan sampe si kakak kayak mamanya gini. wkwkwk

      Delete
  7. Mudah2an si kakak berjaya menjadi hafiz

    ReplyDelete
  8. Wah, si kembar keren sekali ya Kak. Tidak apa kalo masih bisa di Bahasa Inggris, agar tidak kaget waktu besar dan bisa belajar Bahasa Indonesia dari lingkungan sekitar.
    Semoga adek-adek tetap semangat belajar ya Kak.

    ReplyDelete
  9. Sekarang ibu2 mau tidak mau harus belajar juga ya, harus bisa bahasa Inggris juga. Keren banget:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. PJJ memaksa ibu-ibu untuk belajar lagi, hehehehe.

      Delete
  10. Alhamdulillah kakak menjadi al hafizah kelak, inshaAllah, ya tupai-tupai liar. Tak bela, cuma beri makan ia datang. Tkasih ya kunjung sana :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin terima kasih, kak.. Insya Allah next saya berkunjung lagi ke blog akak ya

      Delete

Post a Comment