; Kitchen #1 - Jo Joo-Hee - SayaNaia

Kitchen #1 - Jo Joo-Hee

Judul Buku          : Kitchen #1
Penulis                : Jo Joo-Hee
Penerjemah         : Mayang Ratu Negara
Penerbit              : Noura Books (PT Mizan Publika)
Tahun Terbit        : Februari 2015
Tebal                  : 164 Halaman
ISBN                  : 978-602-1306-05-5





"Berjuanglah dalam hidupmu. 
Cicipilah semua rasa kehidupan sepuas-puasnya."





source image: koleksi pribadi






Seperti judulnya 'Kitchen', buku ini bercerita tentang pengalaman orang-orang ketika mereka memasak di dapur. Ketika mereka memasaka untuk orang-orang terkasih atau bahkan sebagai tanda perpisahan karena hubungan yang sudah tidak bisa dilanjutkan lagi. 

Kisah seorang wanita yang selalu berusaha memasak makanan spesial untuk kekasihnya. Memasak dengan sepenuh hati sebagai tanda sayangnya kepada sang kekasih. Namun rupanya kebaikan hati wanita itu hanya dimanfaatkan oleh sang pria yang berpura-pura menjadi kekasihnya. Dan ini terjadi bukan hanya sekali, sehingga wanita itu memutuskan untuk memasak makanan hanya untuk dirinya sendiri. Ia tidak lagi peduli dengan orang lain, ia hanya ingin membuat dirinya bahagia dengan memakan masakannya yang lezat. Sebagai bentuk mencintai dirinya sendiri. 




source image: koleksi pribadi




Ada pula kisah ayah yang kini hidup sendiri sepeninggal istrinya. Ia menghubungi anak perempuannya yang tinggal jauh di kota lain, dan menanyakan bagaimana cara memasak doenjang jjigae atau bisa disebut dengan semur. Anak itu lantas teringat ketika ia pertama kali membuat masakan tersebut dengan bantuan ibu dari telepon. Bumbu dan bahan apa saja yang harus dimasak agar hasil masakannya sama seperti buatan ibu.

Ketika membaca bagian ini, mata saya berair. Karena saya mengingat bagaimana dulu saya belajar memasak. Saya pertama kali memasak ketika SMA, dipandu oleh nenek saya melalui telepon karena saat itu mama harus menjalani operasi patah lengan karena kecelakaan. Saya juga sering bertanya kepada mama melalui telepon jika ada masakan yang ingin saya buat karena dulu saya pernah tinggal berjauhan dengan kedua orang tua saya. Ini saya lakukan ketika saya rindu dengan masakan mama tetapi saya belum sempat mengunjunginya. Kini, ayah saya kerap menelepon atau bertanya resep melalui whatsApp ketika ingin memasak makanan yang belum pernah ia buat. Ayah saya pandai memasak, namun memang terkadang ia rindu dengan masakan almarhumah mama dan menanyakan resep yang sama persis dengan yang mama ajarkan pada saya dulu.




source image: koleksi pribadi





Novel Kitchen karya penulis Korea Selatan, Jo Joo-Hee ini adalah novel grafis alias novel bergambar seperti komik. Dalam novel Kitchen 1 ini terdapat 16 cerita bergambar berwarna dengan kisah-kisah yang menyentuh hati. Kalau kamu, adakah menu masakan yang mengingatkanmu tentang sesuatu?



Naia Djunaedi
Naia Djunaedi Betawi - Cirebon - China - India - Arab Maklum. Ibu dari 3 anak, ex Radio Script Writer, ex Journalist, Bookworm, Senang menonton drama dan film, Ambivert, Senang menertawakan kehidupan, Terlahir dengan wajah jutek dan aslinya memang galak sih.. Hehehehe. Open Comission for art on Instagram or e-mail

8 comments for "Kitchen #1 - Jo Joo-Hee"

  1. pencinta comic ya. saya pencinta makanan. hehehe

    ReplyDelete
  2. Sudah tentu banyak kenangan menu masakan yang mengingatkan kita ketika bersama ibunda tercinta!

    ReplyDelete
  3. Ada ada aja buku komik tentang memasak πŸ˜‚πŸ˜ btw font nya bagus kak...jadi pengen ikutin fontnya

    ReplyDelete
  4. Dari masakan aja bisa jadi sebuah cerita ya...rada sedih pas baca mbknya telpon nenek minta resep masakan mamahnya...juga cerita ttg ayahnya

    ReplyDelete
  5. kesian dia. apa kata dia masak pula daging ex kekasihnya tu! baru dia tahu akibat permainkan hati orangπŸ˜‚

    ReplyDelete
  6. wah...komik dan ia mudah untuk dibaca sebenarnya...moga dapat banyak manfaatnya

    ReplyDelete

Post a Comment