; PTM dan Blended Learning - SayaNaia

PTM dan Blended Learning

Halo teman-teman, lagi sibuk apa sekarang? Alhamdulillah kemarin si kakak sudah bisa masuk sekolah, bisa bertemu dengan teman-temannya setelah hampir 2 tahun belajar di rumah saja. Dan bisa melepas rindu dengan bapak ibu guru di sekolah. Eits tapi kali ini mereka gak bisa cium tangan atau mungkin bebas bercanda seperti dulu sebelum covid menyerang. Sabar dulu sampai situasi benar-benar aman.

Sekolah kakak ini sudah mulai masuk sejak senin kemarin, tetapi memang belajarnya dibagi-bagi. Hari senin untuk anak kelas 6 A, rabu 6 B dan untuk kelas kakak di hari jum'at. Ruangan pun hanya boleh diisi separuh dari jumlah murid dalam satu kelas. 


ukuran sepatu saya ternyata pas-pasan buat kakak 😅


Tapi sayangnya, belajar di sekolah belum benar-benar bisa dilaksanakan, masih menunggu keputusan dari departemen pendidikan. Untuk prokesnya sudah bagus banget, semua taat prokes dari kedatangan sampai kepulangan, Alhamdulillah tertib. 

Kemarin pun anak-anak belajar dengan metode blended learning. Yang di sekolah belajar langsung dengan guru, sementara yang kebagian di rumah bisa menyaksikan via zoom (ini untuk anak kelas A dan B). 


metode blended learning


Saya agak panik karena ternyata sepatu kakak kekecilan, sementara sepatu milik papanya juga terlalu besar, karena ukuran kaki papanya itu 43, sementara kakak ternyata sudah 40 atau 41. 🙈. Syukurnya nih (Indonesia banget) saya punya sepatu yang kebesaran. Masih ingat kan cerita tentang hadiah sepatu yang kebesaran 3 nomor? 😆. Syukurnya kakak mau pakai sepatu saya itu, karena papanya belum pulang dinas dan tidak sempat membeli sepatu baru karena pengumuman masuk sekolah agak mendadak. Seragam sekolah pun sudah cingkrang, untuk membeli lagi sudah tanggung banget karena beberapa bulan lagi lulus.

Alhamdulillah sangat-sangat bersyukur pada Allah, karena dari kecil memang si kakak ini gak pernah menuntut macam-macam. Saya seringkali menghadapi situasi genting macam begini tepat saat suami dalam perjalanan dinas. Dan kakak gak pernah sekalipun ngambek atau marah, dia dengan sangat dewasa bilang 'gak apa-apa Ma, aku tau papa dinas, nanti aku minta izin sama bu guru'. Atau soal sepatu kemarin ini, saya agak khawatir karena terlihat banget ini sepatu anak perempuan. Tapi dia bilang 'Gak apa-apa, Ma. Gak bakal ada yang notice, kan ketutupan celana panjang. Kalo nanti ada yang nanya, aku bakal bilang memang ini sepatu mama karena papa dinas dan belum sempat beli'.

Masya Allah beruntung sekali saya karena anak-anak di rumah penuh pengertian begini, begitu pula dengan kembar yang masih kecil. 😇

Alhamdulillah juga tugas hafalan qur'an si kakak sudah rampung, tinggal menunggu sertifikasi saja. Ini pun belum saya tanyakan apa dia mau lanjut sertifikasi atau tidak, saya belum tahu. 


bekal favorit kakak, sayuran rebus


Untuk PTM ini saya berharap anak-anak bisa segera kembali belajar dengan normal di sekolah seperti dulu. Berharap setidaknya semester depan sudah bisa belajar di sekolah setiap hari. Meski begitu berarti saya harus repot menyiapkan bekal si kakak pagi buta, insya Allah tak masalah buat saya. Pun dengan kembar yang sudah gak sabar belajar di Taman Kanak-kanak. Semoga situasi ini segera membaik, tidak ada lagi kekhawatiran soal covid.
Naia Djunaedi
Naia Djunaedi Betawi - Cirebon - China - India - Arab Maklum. Ibu dari 3 anak, ex Radio Script Writer, ex Journalist, Bookworm, Senang menonton drama dan film, Ambivert, Senang menertawakan kehidupan, Terlahir dengan wajah jutek dan aslinya memang galak sih.. Hehehehe. Open Comission for art on Instagram or e-mail

21 comments for "PTM dan Blended Learning"

  1. Di sini sekolah tatap muka sudah Minggu ketiga walaupun waktu belajarnya tidak lama cuma 105 menit untuk kelas tinggi dan 75 menit untuk kelas rendah dan seminggu cuma sekali tapi lumayanlah sudah pada senang bisa sekolah tatap muka. Semoga di semester 2 nanti sudah bisa full sekolah tatap mukanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin.. Anak-anak sudah terlanjur seneng juga karena akhirnya bisa masuk sekolah walaupun cuma seminggu sekali.

      Delete
  2. wah si kakak pinter banget, udah gede dah mau akil baligh ya kak nay hihi...ukuran sepatunya udah 40 pengertian banget tahu papanya dinas mau pake sepatu mama sementara, celana udah cjngkrang pula berarti artinya tambah tinggi...btw kak seragamnya seger banget ijo ijo...udah gitu aku salfoks sama bekal...malah jadi pengen nyumil bekalnya #eh si mbul minta ditabok wkwkw

    semangat belajarnya ya anak anak kak naia..semoga tetap aman terkendali prokes jalan terus dan anak anak kembali ceria ketemu teman teman dan bisa diajari langsung oleh bapak ibu guru ^___^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin.. Hihihi ternyata 41, tante Mbul.. Jadi kemaren itu ngepres banget dia pake ukuran 40. Hahahaha.. Untung anaknya sabar. Seragam ijo karena hari jum'at. tapi memang madrasah bajunya ijo2 sih ya. Hehehehe

      Delete
  3. Jadi kombinasi gitu ya. Ada yang masuk ada yg dari rumah. Tapi keren sih. Pemanfaatan teknologi..
    Semoga segera lekas kembali ke sedia kala ya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin.. iya kombinasi. seru ya belajarnya, mungkin di masa depan sekolah bakal kayak gini juga nih. Hehehe. Tapi awal sudah 3 minggu ini anak-anak kelas 6 ada kegiatan Pendalaman Materi seminggu sekali, tapi untuk sekolah biasanya malah belum ada kabar lagi .

      Delete
  4. Subhanallah. bersyukur punya anak kayak si kakak, tidak banyak tingkah dan nurut. Terima kasih curhatnya,ananda Naia. Maaf telat merespon. Di sini sinyal terganggu udah seminggu lebih. Tadi pagi udah dibaca, tapi kolom komentarnya tidak tampil. Selamat berhari minggu. teima kasih telah berbagi. Salam sayang untuk kakak dan si kembar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah bunda, maaf malah saya yang baru sempat balas komentar bunda dan teman-teman di sini. Hehehhe

      Delete
  5. Her şey yeşil, çok beğendim... Yazdıklarımı dilinize çevirmediğim için kusura bakmayın. Size bir sorum var, lütfen bloguma yazın. Reklamlar size ne kadar para kazandırıyor ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ziyaret ettiğin için teşekkürler Mustafa. Cuma günü okul üniformasıydı çünkü oğlum bir İslam okuluna gitti. Bu blogdaki reklam geliri için, miktar henüz kalifiye olmadığı için alamadım. Tanrı'nın izniyle, yakında blogunuzu ziyaret edeceğim ^_^

      Delete
  6. Gede juga yah kakinya anaknya kak naia... Oh iyya anak kak naia pecinta kopi juga yah kalo diliat dari gambar botol air minumnya.. Hehe..
    Semoga sukses semua deh anak dan ibunya eh bapaknya juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin, sukses jg buatmu ya. Hahahaa apa hubungannya botol minuman sama kopi? Itu botol minum biasa, Lul. Hehehehe

      Delete
    2. Oh kirain kak nai, soalnya botolnya warna item hehe

      Delete
  7. Masya Allah, pengertian banget ya si kakak, biarpun pakai sepatu ibunya tapi tetap dewasa. Tidak nangis apalagi ngambek.

    Salut buat mbak Naia yang pintar mendidik anak jadi dewasa.👍👍👍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehehe, kadang2 suka ngambek juga kok Mas. Cuma memang kalo kondisi darurat, Alhamdulillah anak-anak bisa ngerti

      Delete
  8. Halo kak, keren sekali bisa sepengertian itu dengan sepatu. Tapi, memang sekolah tiba-tiba luring dan banyak orang tua juga kelabakan soal seragam dan sepatu. Mereka juga memiliki story yang mirip. Hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe makasih, mbak. Iya, hampir 2 tahun sekolah dari rumah, mendadak harus pakai seragam dan sudah kekecilan semua. Hahaha

      Delete
  9. Anak sekarang cepet banget besarnya yaaaa 😅. Eh tapi sepatu anakku juga sempet kekecilan sebelum mulai PTM mba. Akhirnya aku malam2 ke mall dulu Ama suami doang cari sepatu baru hahahaha.

    Si Abang baik Budi bangettttt ❤️. Pengertian dan mau trima pakai sepatu mamanya dulu. 👍

    ReplyDelete

Post a Comment