; Mengobati Sakit Telinga Bengkak Tanpa Harus Ke Dokter - SayaNaia

Mengobati Sakit Telinga Bengkak Tanpa Harus Ke Dokter


Sakit telinga bengkak rasanya sangat tidak nyaman, karena yang sakit bukan hanya bagian telinganya saja tetapi juga beberapa bagian lain seperti bagian di sekitar tepi kepala dan juga sampai mulut sulit dibuka karena rahang menekan bagian yang sakit di telinga, selain itu yang lebih menyiksa lagi adalah lubang telinga menjadi sangat gatal, tapi tidak bisa dan tidak boleh dikorek.



Itulah yang yang dialami suamiku, dia sudah dua kali sakit telinga bengkak bagian luar atau bahasa kedokterannya disebut juga otitis eksterna, kalau dia sih wajar saja sakit telinga begitu karena memang hobinya korek kuping, gatel sedikit pasti nyari korek kuping atau cottonbuds.

Berdasarkan dari artikel di situs terpercaya yang pernah saya baca, penyebab dari sakit telinga bengkak ini antara lain karena adanya air yang masuk telinga saat berenang, lecet atau tergoresnya liang telinga, adanya kotoran telinga yang terlalu banyak atau pun terlalu sedikit. Pengaruh lain juga bisa, misalnya masuknya sabun atau sampo ke telinga pada saat mandi, adanya penyakit kulit dan dapat juga disebabkan karena lubang telinga terlalu sempit.

Kembali lagi ke pengalaman suamiku yang pernah sakit telinga bengkak, pada waktu sakit yang pertama kali dia berobat ke dokter di puskesmas, sebenarnya di puskesmas itu tidak ada poli THT adanya dokter umum. Dokter umum itu ngasih dua macam obat untuk sakit telinga bengkak berupa obat pereda nyeri atau obat penahan rasa sakit dan obat tetes telinga, sekitar 3 hari minum obat dan pakai obat tetes telinga secara rutin akhirnya sembuh.
    
Untuk sakit telinga bengkak yang kedua ini, bukan hanya satu telinga yang sakit tetapi dua telinganya yang sakit, kenapa bisa begitu? Karena suami saya itu kalau pake cottonbuds ini prinsipnya irit, jadi kalau habis korek telinga dan tidak dapat kotoran dari telinga yang dikorek, cottonbuds bekas telinga tersebut dipake buat korek telinga yang satunya lagi, nah pas lagi sakit telinga bengkak ini dia korek telinga sebelah kanan yang sedang bengkak tersebut karena gatal dan karena dilihat tidak ada kotoran yang menempel, dia korek telinga sebelah kiri yang tidak sakit dengan cottonbuds bekas telinga yang sakit yang pastinya sudah terkontaminasi bakteri yang menempel sehingga sehari kemudian telinga kirinya pun berasa sakit, jadi itulah yang mengakibatkan kedua telinganya jadi sakit. Yang ini jangan ditiru ya, teman-teman.

Karena sakit telinga bengkak yang kedua ini terjadi saat wabah corona, otomatis tidak boleh atau sebaiknya menghindari dari tempat berkumpulnya orang banyak, apalagi harus ke fasilitas kesehatan seperti puskesmas yang rawan penyakit dan memang banyak orang. Karena kasian melihat suami yang ngeluh kesakitan, saya jadi teringat pengalaman adik saya yang pernah mengalami sakit telinga bengkak juga dan dia mengobati sakit telinga bengkak itu tanpa harus ke dokter.

Waktu itu adik saya mengobati sakit telinga bengkak dengan memakai minyak but-but, karena di rumah juga sedia, saya langsung menyarankan ke suami untuk mengobati sakit telinga bengkaknya itu dengan menggunakan minyak but-but juga. Dia pun mau pakai, tapi entah malas atau memang dasar manja aja, saya juga yang diminta untuk membantunya.




Pengobatan dengan minyak but-but ini dilakukan dengan mengoleskan bagian luar telinga tepatnya di bagian belakang cuping telinga yang bengkak, dioleskan sambil sedikit dipijat pelan secara rutin tiga kali sehari, selain itu untuk meredakan sakit telinga bengkaknya, suami minum paracetamol 500 mg yang memang aman dan diminum hanya pada saat telinga benar benar sakit sekali. Setelah tiga hari pemakaian pada kedua telinga suami akhirnya sembuh dan dia bisa korek kuping lagi.

Minyak but-but untuk pengobatan sakit telinga bengkak ini cenderung aman karena tidak ada cairan yang dimasukan ke dalam telinga, hanya dioleskan di bagian luar telinga, itu pun di bagian belakang telinga dan tidak ada efek rasa panas, tidak seperti minyak oles lainnya, mungkin hanya baunya yang sedikit membuat kurang nyaman bagi orang yang tidak menyukai bau-bauan rempah karena komposisinya yang terdiri dari bahan bahan seperti jamu yang sudah cukup terkenal seperti minyak kelapa, simplisia sambiloto, brotowali dan lada hitam.

Demikian cara mengobati sakit telinga bengkak tanpa harus ke dokter yaitu dengan menggunakan minyak herbal berupa minyak but-but, merek minyak yang saya pakai untuk mengobati sakit telinga bengkak suami adalah Minyak Herba Sinergi keluaran HPAI, tapi jika tidak ada merek tersebut asalkan minyak but-but dapat juga dipakai untuk mengobati sakit telinga bengkak, sudah terbukti berdasarkan pengalaman suami dan adik saya sendiri.

Naia Djunaedi
Naia Djunaedi ex Radio Script Writer, ex Journalist, Booklover, Blogger yang tersesat megap-megap setelah multiply diberangus...

6 comments for "Mengobati Sakit Telinga Bengkak Tanpa Harus Ke Dokter"

  1. Aku pernah tuh telinganya kena jamur sehabis berenang..sampe trauma ga mau berenang disitu lagi soalnya bolak balik dokternya lumayan lama buat ngilangin si jamur itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah rasanya kayak apa, mbak? jadi bengkak juga kah? kayak adekku dulu, kayaknya dulu dia juga gak berenang lagi setelah kejadian itu..

      Delete
    2. Sakiiit banget rasanya, perih trus telinga kaya ketutup sama jamurnya jadi susah denger.. tapi nggak sampe bengkak. Tiap ke dokter jamurnya dibersihin, disemprot trus obatnya asam asetat ditetesin beberapa kali sehari

      Delete
    3. hmm, ngeri juga ya.. itu karena faktor air kolamnya gak bersih apa karena kaporit, mbak? duh mana THT kan lumayan ya..

      Delete
    4. Kayaknya waktu itu karena kolamnya kurang bersih. Iya lumayan mana susah ilang itu jamur. Baru sembuh setelah berobat ke RS THT Ciranjang

      Delete
    5. iya, kalo jamur sebaiknya langsung konsul ke THT, karena kan gak bisa sekedar dioles-oles obat di bagian luar

      Delete

Post a Comment

Berlangganan via Email