; iPusnas - Perpustakaan Digital Milik Indonesia - SayaNaia

iPusnas - Perpustakaan Digital Milik Indonesia

image source: google



Hai, masih dalam rangka hari buku saya sekalian mau bahas mengenai iPusnas. Sebetulnya kemarin mau dibahas sekalian di tulisan Hari Buku Nasional, tapi malah lupa dan baru sadar setelah tulisan sudah naik. Hehehehe.. Biasalah faktor U.. 🙊

Apa sih iPusnas itu? Sebagian dari teman-teman mungkin sudah ada yang tahu, dan mungkin masih banyak juga yang belum 'ngeh' dengan iPusnas ini. iPusnas adalah aplikasi perpustakaan digital milik Perpustakaan Nasional sekaligus media sosial yang di dalamnya terdapat banyak buku elektronik (e-book) yang bisa kita pinjam. Nah aplikasi ini bisa teman-teman unduh di Playstore. iPusnas ini sudah ada sejak tahun 2016, sayangnya masih banyak orang yang belum tahu, mungkin karena kurangnya informasi yang diberikan, seperti gak pernah muncul dalam iklan-iklan di TV atau radio (eh hari gini masih ada yang mendengar radio gak ya?) Hehehe.


tampilan iPusnas di ponsel


Saya pun baru mengetahui tentang aplikasi ini 2 bulan yang lalu dari salah satu sahabat saya di komunitas buku.  Karena biasanya saya hanya aktif di aplikasi goodreads yang berbasis di Amerika, karena saya pikir Indonesia belum punya nih, ternyata saya salah.. Hehehehe..

Bagaimana cara menggunakan aplikasi ini? Mudah saja, setelah mengunduh, kamu bisa langsung mendaftarkan e-mail dan password yang terverifikasi dan bisa juga kamu sambungkan ke facebook. Setelah itu akan muncul e-mail dari iPusnas di inbox-mu. 


tanda kamu sudah bisa meminjam buku di iPusnas


Lalu kamu bisa kembali lagi ke aplikasi tersebut untuk mengisi data profil pribadi dan memasang foto. Untuk pengguna baru akan mendapat badge newbie, seperti saya ini. Hehehe. Nantinya akan ada bagde bookworm dan socializer setelah kamu cukup aktif meminjam buku dan mengisi ulasan tentang buku tersebut setelah kamu selesai membacanya. Kamu juga bisa mencari teman sebanyak-banyaknya di aplikasi ini, saling mengirim pesan ke sesama pembaca buku dan bahkan kita bisa mengirim pesan kepada penulis favorit kita. Hmm.. menarik..


Newbie nih dan gak punya temen 😆


Bagaimana ya kalau mau meminjam buku? Gampang, kamu cukup mengetik judul buku atau nama penulis yang ingin kamu baca buku digitalnya, nanti akan muncul seperti gambar di bawah ini. Saya mengetik nama Yu Hua, karena saya teringat Mas Agus  yang sempat menanyakan buku To Live yang pernah saya bahas dalam blog ini.


ketik nama penulis atau judul buku yang mau kamu pinjam



Ada ribuan judul buku digital yang bisa kamu pinjam. Tapi tentu saja, layaknya perpustakaan biasa namun berbasis elektronik, kamu diberi waktu untuk meminjam koleksi buku-buku selama 7 hari per judul buku. Jadi kamu gak bisa memiliki buku tersebut selamanya, karena jumlahnya terbatas dan untuk melindungi hak cipta dari para penulis yang buku elektroniknya sudah dibeli secara resmi oleh Perpusnas. Tapi jangan sedih, kamu bisa meminjamnya kembali kok. Jangan kayak saya kemarin itu, gak sadar kalau sudah waktunya pengembalian buku, tiba-tiba data buku yang saya pinjam lenyap dari aplikasi. Hahaha. 

Koleksi iPusnas ini cukup lengkap, mulai dari buku-buku agama, hobi sampai buku bacaan untuk anak-anak. Tapi karena jumlah perjudul bukunya terbatas, kamu juga harus rela mengantri untuk meminjam buku tertentu jika kebetulan buku itu sedang dipinjam semua. Kamu cukup masukan ke dalam wishlist, dan nantinya akan ada pemberitahuan dari iPusnas jika buku tersebut sudah dikembalikan oleh pembaca lain.


bagi pengguna iOS


Jadi buat kamu yang merasa berat membeli buku karena terhalang kebutuhan lain yang lebih penting, kamu bisa mengunduh aplikasi iPusnas ke ponsel android-mu dan bisa meminjam buku yang sudah lama kamu incar. Oh iya, aplikasi ini juga bisa diunduh untuk pengguna iOS ya. Selamat membaca 😊
Naia Djunaedi
Naia Djunaedi Betawi - Cirebon - China - India - Arab Maklum. Ibu dari 3 anak, ex Radio Script Writer, ex Journalist, Bookworm, Senang menonton drama dan film, Ambivert, Senang menertawakan kehidupan, Terlahir dengan wajah jutek dan aslinya memang galak sih.. Hehehehe. Open Comission for art on Instagram or e-mail

22 comments for "iPusnas - Perpustakaan Digital Milik Indonesia "

  1. si mbul masih dengerin radio #ngacung

    kalau lagi kejebak macet biasanya andalannya radio dengerin lagu lagu ama orang bercuap cuap jadi hiburan kak naia..

    btw aku uda dunlud aplikasi ipusnas ini dan ketolong banget pas mau search buku buku lawas kayak terbitan balai pustaka atau buku era era jaman dulu yang covernya cewek cantik dan ceritanya romans...hallequeennya Indonesia macam maria a sardjono, marga t, atau novel jadul horror dan detektif misalnya abdullah harahap, s.mara gd, v lestari, atau penulis lokal lainnya yang era dulu dan uda susah didapat di toko buku offline. Soalnya mau beli second di ecommerce kadang abis dibaca sekali uda puas hihihi...baca di ipusnas lebih nolong...meski...pingin kuberi masukan supaya koleksinya lebih diperbanyak lagi hihihi..

    eh kok aku baru engeh goodread itu ga cuma ngulas buku tapi bisa baca bukunya juga kayak di ipusnaskah kak nai? soalnya aku selama ini searching goodreads cuma ngehnya baca komen tentang bukunya aja hihi...jadi penasaran pengen donlod aplikasinya juga deh...siapa tau koleksinya lebih lengkap

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, Mbul ternyata lebih update nih. Hehehehe.. Kalo aku kebetulan lebih suka baca buku fisik ya, karena gak tahan lihat layar kelamaan.

      Baca buku langsung di goodreads? Bisa dong, tinggal klik Read Now di judul buku yang mau kamu baca

      Delete
  2. Ini hanya untuk android ya? Pengguna ios gak bisa kah? :')

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai, mbak.. Udah aku update ya tulisannya, aplikasi ini juga bisa diunduh buat pengguna iOS.. Hehehe.. Salam kenal

      Delete
  3. Bagus sekali programnya, jadi kita bisa ngirit beli buku.
    Ipisnas ini semua genre buku ada ngga sih, kak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas Hima lagi kenapa ya? dari kemaren typo mulu perasaan.. wkwkwk

      Banyak Mas genre-nya, lumayan lengkaplah ya

      Delete
    2. Eh ya ampoon ..Maluku ミ●﹏☉ミ !!!.
      Monmaap lagi belom sempat pijetan jari jemari, kaaaak .., jadi banyak typonya.

      Asiiik, kalo banyak genrenya ...mau nih kudonlod.
      Ku mau cari buku detektif.

      Delete
    3. Hahahaha.. Gpp Mas.. hiburan baca typo begitu..

      Nanti Mas Hima buka aplikasi, klik tanda panah di book category di kanan atas kalo mau cari genre-nya ada apa aja. Nah kalo mau cari buku langsung dan lebih cepat, bisa klik gambar lup (kaca pembesar di pojok kanan paling atas, ketik deh judul buku atau nama penulisnya.

      Delete
  4. Widiiih, makin canggih aja Indonesia nih... yg kyk gini nih saya dukung banget... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Keren ya, Mas.. Mudah2an orang-orangnya juga makin keren dan mau banyak baca.. Heheheh

      Delete
  5. Aku sudah install iPusnas sejak tahun lalu sih, tapi baru dua kali doang pinjam bukunya, sungguh terlalu.😂

    Memang kalo bukunya laris maka harus antri dulu kalo mau pinjam, jadinya harus sabar. Tapi bagi yang duitnya pas pasan tidak apa-apa sih menunggu beberapa hari atau minggu, soalnya kadang kalo beli buku, baca sekali juga kadang cukup.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah aku juga baru 2 kali pinjam buku.. Hehehe.. Tapi trus rehat dulu deh ngabisin tumpukan buku di rumah dulu, PR resensi makin banyak.

      Ya enaknya begitu, gak perlu repot2 bingung mau simpan dimana, cuma perlu space memory yang agak besar aja sama siapin mata, jujur aku gak bisa natap layar hp lama2.. capek gitu ya.. wkwkwk jadi bacanya juga selow aja daripada minusnya nambah

      Delete
    2. Memang sih baca ebook itu kurang nyaman buat mata, beda dengan baca buku fisik, tapi kalo ngga ada doku ya terpaksa.😂

      Delete
    3. Hehehehe gpp Mas, toh di ipusnas juga koleksi bukunya buanyak banget, jadi bisa milih mana yang mau dibaca. di goodreads juga ada pilihan buat baca buku langsung dari hp atau PC kok, Mas. Tapi sayangnya koleksinya gak banyak

      Delete
  6. Terima kasih informasinya, ananda Naia. Saya baru tahu kalau ada aplikasi perpustakaan digital milik Perpustakaan Nasional. Insyaallah akan saya coba unduh. Selamat malam, selamat istirahat.

    ReplyDelete
  7. ini aplikasi ya mbak? waduh saya gak bisa download donk... hape saya udh full mbak.. maklum hp jadul

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hooh, tapi ada versi lain buat baca di PC dan laptop, kok Mas.. Malah lebih enak kayaknya (aku belom donlot yang buat PC sih wkwkwk)

      Delete
  8. Memang sih sudah lebih mudah karena tinggal pencet2 hp buat minjem buku tp susah jg yg matanya cepat lelah natap layar hp kayak saya,,, jadi saya kayaknya masih lebih tertarik sih ke perpustakaan buat minjem buku dan baca buku fisik dr pd elektrik hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah ini, sama banget kayak problem-ku.. wkwkwk makanya kemarin gak ngeh tiba2 data buku yang lagi aku baca udah lenyap aja, krna saking gak kuat baca pake HP. Ini solusi banget pas pandemi gini, tapi problem pada mata aja. Udah setting ke mode baca tetap gak kuat juga. wkwkwk

      Delete
    2. Haah saya sih sama aja biar minjem di perpus kadang juga lupa baca dan kena denda gegara minjemnya lewat masanya...

      Bdw saya iseng download kmrin ternyata buku didalam gak lengkap yah,, banyak sekali buku yg saya cari gak ada di dalem..

      Delete
    3. Karena memang jumlah e-book masih terbatas kayaknya, Lul. Belum banyak penulis yang menerbitkan e-book. Mungkin juga koleksi masih terpaku pada buku yang populer aja

      Delete

Post a Comment