; Hadiah Terindah, Pelajaran Berharga dan Perjalanan Ajaib - Graphic Novel - SayaNaia

Hadiah Terindah, Pelajaran Berharga dan Perjalanan Ajaib - Graphic Novel

Judul Buku     : Chicken Soup for the Soul - Graphic Novel
Penulis           : Jack Canfield dan Mark Victor Hansen
Ilustrasi         : Kim Donghwa
Penerjemah    : Prasasti Budiyanto
Penerbit         : PT. Gramedia Pustaka Utama
Tebal             : 478 Halaman
Tahun Terbit   : 2014
ISBN             : 978-979-22-9702-7





Salah satu keinginanku yang paling dalam
adalah masih hidup dan hadir
untuk menikmati saat-saat menyenangkan
di kemudian hari ketika
kapsul-kapsul waktu itu dibuka
dan tumpukan cinta kasih
dari masa lalu tumpah ruah
ke dalam kehidupan anak perempuanku

-Raymond L.Aaron-


Ketika remaja dulu saya pernah membaca buku Chicken Soup for the Soul di perpustakaan kampus. Lalu saya jatuh cinta dengan cerita-cerita di dalamnya dan akhirnya memutuskan untuk membeli salah satu seri dari buku tersebut, Chicken Soup for the Teenage Soul. Di masa itu saya bukan remaja yang bebas membeli buku seperti teman-teman saya di kelas. Saya harus menabung dulu supaya bisa membaca buku-buku dengan bebas di rumah. Dan saya senang sekali karena buku Chicken Soup memang benar-benar menghangatkan hati, membuat saya yang awalnya merasa sedih jadi merasa berharga dan saya mulai berusaha untuk mencintai diri sendiri dan menerima semua kekurangan diri.

Balik lagi tentang bundel buku Chicken Soup yang dirangkum dari 3 buku berbeda yang kemudian mendapat sentuhan ilustrasi-ilustrasi yang cantik dari Kim Donghwa, kartunis asal Korea Selatan yang sudah memulai debutnya sejak tahun 1970-an. Buku ini terdiri dari seri Hadiah Terindah, Pelajaran Berharga dan Perjalanan Ajaib dengan total 37 cerita di dalamnya.

Di buku bagian pertama, Hadiah Terindah, ada salah satu cerita yang manis berjudul Surat Tahunan. Cerita tentang seorang ayah yang sangat menyayangi puterinya bernama Julie Ann. Setiap tahun tepatnya di hari ulang tahun Julie, sang ayah menulis surat untuk Julie yang dimasukan ke dalam kotak hadiah dan tidak boleh dibuka hingga usia Julie mencapai 21 tahun.  Dengan harapan puterinya bisa terus merasa bahagia dan merasakan tumpahan cinta dan kasih sayang ayahnya ketika ia membuka kotak dan surat-surat tersebut.






Di bagian kedua ada judul yang menarik bagi saya, judulnya Belajar dari Kesalahan. Bercerita tentang Robert, seorang ilmuan yang menjadi sukses karena pernah melakukan kesalahan di waktu kecil. Saat kecil dulu ia pernah berusaha mengeluarkan susu dari kulkas, dan ia tidak sengaja menumpahkan seluruh isi tabung susu tersebut. Namun bukannya marah, sang ibu malah mengizinkan Robert untuk bermain-main dengan susu yang tumpah dan mengajak Robert untuk membersihkan tumpahan susu itu bersama-sama. Ini bisa menjadi pelajaran bagi kita agar tidak mudah marah pada anak dan mendapat solusi yang tepat. Kebijaksanaan ibu Robert mengajarkannya tentang bagaimana membereskan masalah dengan kepala dingin dan belajar dari kesalahan yang  mengantarkannya kepada kesuksesan.





Kasih ibu adalah bahan bakar 
yang memungkinkan manusia biasa 
melakukan hal yang luar biasa.

- Merion C. Garetty -
Chicken Soup for the Mother's Soul 1


Lalu di bagian ketiga ada 2 buah cerita yang ditulis oleh Kim Donghwa, yakni Kisah Seorang Pencuri dan Merpati. Ilustrasi yang cantik dari Kim Donghwa membuat kisah-kisah di dalam buku ini semakin menarik untuk dibaca dan menyentuh hati. 













Naia Djunaedi
Naia Djunaedi ex Radio Script Writer, ex Journalist, Booklover, Blogger yang tersesat megap-megap setelah multiply diberangus...

4 comments for "Hadiah Terindah, Pelajaran Berharga dan Perjalanan Ajaib - Graphic Novel"

  1. Kira-kira isi hadiah itu apa ya setelah 21 tahun baru boleh dibuka oleh putrinya ?.
    Aku kok jadi penasaran apa isi kadonya :)

    ReplyDelete
  2. menarik ilustrasinya... saya suka👍👍👍👍

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kak, dari awal sampai akhir ilustrasinya bagus2..

      Delete

Post a Comment