; Annie - SayaNaia

Annie

Judul Buku   : Annie
Penulis         : Thomas Meehan
Penerjemah  : Ambhita Dhyaningrum
Penerbit       : PT. Gramedia Pustaka Utama
Tahun Terbit : 2017
Tebal           : 232 Halaman
ISBN               : 979-602-03-3273-4



Annie, gadis cilik yang ditinggalkan oleh kedua orang tuanya  di panti asuhan sewaktu ia baru berumur 2 bulan. Setiap malam tahun baru, Annie berdiri di depan jendela kamarnya dan berharap orang tuanya akan segera datang menjemputnya. Tubuhnya cukup mungil untuk anak seusianya dan rambutnya berwarna kemerahan. Meski begitu, Annie tetaplah anak yang periang, yang mampu mengubah suasana sedih menjadi ceria.

Annie merasa yakin bahwa suatu hari kedua orang tuanya pasti akan datang menjemputnya, seperti yang tertulis di dalam pesan yang ditinggalkan kedua orang tuanya di dalam keranjang bayinya 11 tahun yang lalu. Ia berharap bisa kembali bersama dengan kedua orang tuanya dan pergi dari panti asuhan yang dikelola oleh Miss Hannigan yang kejam. Tetapi sampai di hari tahun baru, orang tuanya tidak pernah datang.

Suatu kali Annie mengikuti lomba mengeja nama-nama 48 negara bagian Amerika Serikat  dan ibu kotanya. Lomba itu diadakan oleh Mrs. Conklin, guru Annie di sekolah. Hadiahnya berupa atlas Rand McNally setebal 375 halaman yang akan diberikan untuk murid kelas lima yang memenangi lomba pada hari terakhir sekolah, 23 Juni. 

Annie belajar dengan keras karena ia sangat menginginkan hadiah itu. Ia menghabiskan waktu luangnya untuk mempelajari nama-nama negara dan ibu kotanya, lalu mencoba mengingat-ingat ejaannya. Di antara makan malam dan waktu tidur selama di panti asuhan. Sampai tiba saatnya lomba itu diadakan, banyak anak-anak yang tereliminasi, dan tinggalah Myrtle dan Annie yang masih bertahan. Annie merasa bahwa Mrs. Conklin sengaja memberinya nama-nama yang sulit untuk dieja, sementara Myrtle hanya mendapat nama-nama yang sangat mudah. 

Namun ternyata pada pertanyaan terakhir mendadak wajah Mrs. Conklin menjadi merah karena marah, karena Myrtle Vandenmeer yang kaya dan cerdas bisa dikalahkan oleh Annie. Mrs. Conklin menatap Annie, si anak yatim piatu dengan tatapan penuh kebencian namun harus mengakui bahwa Annie-lah yang memenangkan kontes itu. Ketika Annie meminta hadiahnya, Mrs. Conklin mengelak dan mengatakan akan memberikan hadiah itu saat Pertemuan Akbar Sekolah. Dan benar saja, saat pertemuan itu, bukan nama Annie yang disebut untuk maju dan menerima hadiahnya, melainkan Myrtle! Pepper dan teman-teman Annie berteriak bahwa Annie yang pantas menerima hadiah itu karena ia yang memenangkan kontes mengeja pada mata pelajaran geografi, namun Mr. Drennen dan dua orang guru lainnya segera meringkusnya. Mrs. Conklin menatapnya dingin "Anak yatim piatu tidak memenuhi syarat untuk menerima hadiah dalam acara yang dihadiri oleh orangtua!".

Banyak hal yang menyakitkan terjadi setelah hari itu, terutama yang dilakukan oleh kepala panti, Ms. Hannigan. Sampai akhirnya Annie memutuskan untuk kabur dari panti asuhan dan berusaha untuk mencari kedua orang tuanya dengan cara bersembunyi di dalam tumpukan cucian yang akan dibawa ke binatu. Petualangan Annie dimulai dari situ, sampai ia bertemu dengan Mr. Warbucks sang miliuner. 

Apakah Annie bisa menemukan kedua orang tuanya?

Buku ini diadaptasi dari sebuah komik-strip yang berjudul Little Orphan Annie yang muncul dalam surat kabar Amerika Serikat di tahun 1924. Komik ini dibuat oleh kartunis Indiana dan penulis yang bernama Harold Gray. 




Naia Djunaedi
Naia Djunaedi ex Radio Script Writer, ex Journalist, Booklover, Blogger yang tersesat megap-megap setelah multiply diberangus...

No comments for "Annie "

Berlangganan via Email