; Crying Doesn't Change A Thing - SayaNaia

Crying Doesn't Change A Thing

Judul Buku   : Crying Doesn't Change A Thing
Penulis         : Park Joon
Penerjemah  : Listya Ayunita Wardadie
Penyunting   : Yuli Pritania
Ilustrator     : Garisinau
Penerbit       : Noura Books
Tebal           : 196 Halaman
ISBN           : 978-602-385-852-1





Belakangan ini saya mulai melirik buku-buku sastra, rasanya seperti melompat melewati garis putih, kira-kira bakal aman gak ya? Karena biasanya saya hanya membaca buku-buku bergenre klasik atau fantasy dengan tokoh utama anak-anak. Lalu saya tertarik dengan buku Crying Doesn't Change A Thing yang ditulis oleh Park Joon ini. 

Jujur ketika akan membeli buku, biasanya saya pasti lihat-lihat sampulnya dulu, kalau menarik, saya akan cari ulasannya di goodreads atau blog-blog lain yang biasa meresensi buku-buku bacaan. Kalau sampul dan ulasannya bagus, baru saya beli. Tapi gak selalu sih, kalau isinya menarik walaupun sampulnya gak cantik, saya tetap beli, begitu pun sebaliknya kalau hanya sampulnya saja yang bagus ya tidak akan saya beli.

Buku ini berisi kumpulan puisi dan prosa dengan latar belakang budaya Korea, ada penyebutan beberapa tempat dan makanan khas dari negara tersebut. Temanya tentang cinta, perpisahan, penyesalan dan penerimaan diri yang sifatnya cukup universal. 

Aku lama bungkam 
di tempat yang benar-benar asing, 
dan aku merasa agak lega
berkat masa lalu yang tak perlu diceritakan

Ada juga cerita tentang penulis yang bertemu dengan gurunya yang mengatakan bahwa percakapan yang baik lahir jika waktu kita bicara dan waktu kita mendengar cerita lawan bicara terjalin seimbang. Ya memang kenyataannya tidak dapat dimungkiri bahwa sifat alami manusia yang senang didengar tapi jarang sekali mau mendengar. Dan itu terjadi dengan atau tanpa kita sadari.




Buku ini juga penuh dengan ilustrasi yang menarik dengan lembar-lembar berwarna seperti majalah. Bukan hanya tentang cinta, penulis juga bercerita tentang perjalanan hidup, kehidupan pribadi dengan ayah, tentang pengalaman mengikuti wajib militer yang berlaku di Korea, tentang kehilangan yang dipisahkan karena kematian.

Aku hanya mengingat masa ketika aku tidak mampu menyayangi diriku,
sekeras apa pun aku berusaha. 
Rasa sayang tidak datang ketika aku menyakiti hati seseorang,
juga ketika aku tidak percaya kepada diri sendiri.
Rasa sayang pun tidak datang ketika aku menipu orang lain.
Namun, ketika aku memperdaya diri sendiri, 
rasa sayang itu semakin menjauh.

Agak sulit untuk meresensi buku sastra begini 😅 tapi saya tetap berusaha ya, karena saya suka banget dengan buku ini. Selamat membaca..


Naia Djunaedi
Naia Djunaedi ex Radio Script Writer, ex Journalist, Booklover, Blogger yang tersesat megap-megap setelah multiply diberangus...

No comments for "Crying Doesn't Change A Thing "

Berlangganan via Email