; Ramadhan di Rumah Saja - SayaNaia

Ramadhan di Rumah Saja


Halo, apa kabar? Akhirnya saya bisa posting lagi, belakangan ini saya sibuk menemani anak saya belajar karena banyaknya ulangan harian online. Alhamdulillah, hari ini hari kedua bulan ramadhan ya, bulan yang paling ditunggu umat Islam dari 11 bulan yang lain. Bagaimana puasanya teman-teman? Mudah-mudahan lancar ya sampai idul fitri nanti. Aamiin. 

Bulan ramadhan tahun ini tentu saja terasa sangat jauh berbeda dengan ramadhan-ramadhan sebelum-nya. Tahun ini kita hanya bisa beribadah di rumah saja, tidak bisa tarawih di mesjid / mushola, tidak bisa mengadakan acara buka puasa bersama teman-teman atau keluarga besar, juga tidak bisa i'tikaf di mesjid. 

Berat ya pasti, tetapi sebagai manusia yang beriman, kita tetap harus berbaik sangka ya dengan ketetapan Allah. Insya Allah ada hikmah di balik kondisi dunia saat ini. Walaupun di rumah, kita masih bisa tetap beribadah seperti biasa, kita bisa tarawih, tadarus, banyak membaca buku-buku agama untuk menambah wawasan kita. Insya Allah nilainya tetap sama ketika kita melakukannya di mesjid.

Tentu yang paling berat adalah ketika kita berpikir mungkin saja idul fitri kali ini kita tidak bisa bertemu dengan keluarga besar seperti biasanya, karena sudah ada larangan pulang kampung dari pemerintah terhitung mulai 24 April kemarin sampai 2 Juni 2020. Tapi meski begitu, kita masih bisa bersilaturahim melalui video call atau melakukan conferece melalui aplikasi online yang sudah berkembang saat ini.

Saya sendiri sempat stress, sedih dan malah sakit karena khawatir tidak bisa berkumpul dengan ayah, kakak dan adik-adik saya. Bisa dibilang sudah hampir 2 bulan saya tidak bertemu ayah saya, sedih ya 😁 hanya bisa melakukan video call, lalu iri karena kakak dan adik saya bisa berkumpul di sana, bisa shalat berjamaah, dll. 

Tapi dipikir-pikir ya mau bagaimana lagi? Kita tetap harus sehat kan? Setidaknya jauhi stress supaya badan tidak tumbang. Tetap menjaga kebersihan diri, lingkungan rumah, makan makanan bergizi seimbang, istirahat yang cukup dan berusaha untuk memikirkan hal-hal yang positif saja. Jangan lupa tetap berdo'a semoga situasi ini segera berlalu. Semoga negara-negara di dunia ini, tentunya Indonesia juga bisa kembali aman. Semoga kita bisa kembali melakukan aktivitas seperti biasa, seperti sebelum adanya pandemi covid-19 ini. Aamiin.

Selamat beribadah untuk teman-teman muslim. Tetap sehat, semangat dan bahagia ya, teman-teman semua 🙋
Naia Djunaedi
Naia Djunaedi ex Radio Script Writer, ex Journalist, Booklover, Blogger yang tersesat megap-megap setelah multiply diberangus...

No comments for "Ramadhan di Rumah Saja"

Berlangganan via Email