; Leaving Time - Jodi Picoult - SayaNaia

Leaving Time - Jodi Picoult

Judul Buku  : Leaving Time - Jejak Waktu
Penulis         : Jodi Picoult
Penerjemah  : Maria Lubis
Penerbit       : PT. Gramedia Pustaka Utama
Tebal            : 512 halaman
ISBN            : 978-602-03-2736-5


Jenna, 13 tahun, berusaha mencari keberadaan ibunya yang hilang sejak 10 tahun lalu. Alice Metcalf, ibu Jenna, adalah seorang ilmuan peneliti gajah yang berdedikasi. Ayahnya, Thomas Metcalf adalah seorang pemilik suaka gajah di New England. Dalam laporan polisi, ibunya ditemukan tak sadarkan diri di lahan suaka, sekitar 1,5 kilometer di selatan sesosok tubuh tak bernyawa. Kemudian ia dibawa ke rumah sakit, namun ibunya tiba-tiba menghilang saat polisi hendak kembali menemuinya di rumah sakit.

Jenna menelaah database orang hilang dan membaca jurnal ilmiah para peneliti gajah. Jenna memeriksa basis data Unclaimed Persons dan memeriksa daftar orang yang sudah meninggal tetapi tidak memiliki kerabat dekat. Kemudian ia menelusuri basis data Missing Persons dan langsung memeriksa data tentang ibunya.

Status : Hilang
Nama depan : Alice 
Nama tengah : Kingston
Nama belakang : Metcalf
Nama samaran / Alias : Tidak ada
Tanggal saat terakhir terlihat : 16 Juli 2004, 23.45
Usia saat terakhir terlihat : 36 
Usia sekarang : 46
Ras : Kulit putih
Jenis kelamin : Perempuan
Tinggi : 165 cm
Berat : 55 kg
Kota : Boone
Negara Bagian : NH
Situasi: Alice Metcalf adalah naturalis dan peneliti di Suaka Gajah New England. Dia ditemukan dalam keadaan tak sadarkan diri pada 16 Juli 2004 malam, pada sekitar pukul 22.00, 1,6 kilometer di sebelah selatan jenazah seorang pegawai perempuan suaka yang terinjak gajah. Setelah dibawa ke Mercy United Hospital di Boone Heights, NH, Alice kembali sadar kira-kira pukul 23.00. Terakhir kali, dia terlihat oleh seorang perawat yang memeriksa organ-organ vitalnya pada pukul 23.45.

Jenna lah yang menulis profil ibunya di daftar pencarian orang. Ia juga menyebutkan rambut ibunya yang berwarna merah dan matanya yang berwarna hijau. Dalam keterangannya tidak ada keberadaan bekas luka, cacat, tato atau organ tubuh palsu yang bisa mengidentifikasi ibunya. Jenna tidak menyebutkan pakaian yang terakhir dipakai oleh ibunya karena dia tidak tahu soal itu. Juga tentang kemungkinan metode transportasi, medis gigi, dan halaman untuk sampel DNA. Hanya ada satu foto close-up saat ibunya menggendong Jenna di depan Maura, si gajah, yang ia temukan di loteng rumah neneknya.


Jenna melihat satu halaman untuk nomor kontak polisi. Salah satunya bernama Donny Boylan yang sudah pensiun dan pindah ke Florida, ia juga mengidap Alzheimer. Lalu ada Virgil Stanhope yang dipromosikan menjadi detektif pada upacara tanggal 13 Oktober 2004, dan saat ini ia sudah tidak bekerja lagi di Departemen Kepolisian Boone. Dan tidak ada yang tahu keberadaannya setelah hari pelantikan itu.

Jenna masih berusaha untuk menyelidiki keberadaan ibunya. Ia hanya ingin tahu apakah ibunya masih hidup atau sudah lama meninggal. Jenna ingin menyewa jasa detektif swasta, namun karena sadar bahwa bayarannya cukup mahal untuk anak seusianya, ia mengumpulkan uang dengan bekerja paruh waktu sebagai pengasuh anak agar bisa segera memulai proses menjadi detektif secepatnya.

Satu-satunya alasan mengapa Jenna masih saja mencari ibunya adalah ia ingin tahu apakah ibunya pergi dengan sukarela. Jenna sangat ingin ibunya tahu bahwa sampai saat ini ia terus mencari, bahkan setelah satu dekade, Jenna tidak pernah melupakan ibunya. Agar ibunya bisa kembali padanya. Namun tidak jarang Jenna juga berpikir lebih baik jika dia mengetahui bahwa ibunya sudah meninggal sepuluh tahun yang lalu, daripada mendengar bahwa ibunya masih hidup namun memilih untuk tidak kembali.

Kemudian Jenna mencari daftar nama cenayang di dalam yellow pages lokal, petunjuk spiritual New Age dan Saran Cenayang dari Laurel, Ramalan tarot oleh Kate Kimmel, Kebangkitan Phoenix - Saran tentang Cinta, Kekayaan, Kemakmuran. Penglihatan Kedua oleh Serenity, Cumberland Street, Boone.

Jenna memutuskan untuk menemui Serenity Jones, apalagi rumahnya bisa dijangkau dengan bersepeda. Selain itu, Serenity juga menetapkan tarif yang murah, 10 dolar. Lokasinya berada di lorong toko serba ada yang sudah bangkrut dan jendela-jendelanya sudah ditutup papan, juga ada bar kecil yang suram. Jenna menemukan papan bertuliskan : TAROT, $10, 14R. Serenity ternyata cenanyang berpengalaman yang terpuruk setelah penglihatannya yang berkaitan dengan anak Senator McCoy gagal. Henry, anak Senator McCoy ditemukan tewas di dalam loker bernomor 341 di sebuah bangunan di dekat terminal bus di Ocala. Padahal sebelumnya Serenity mengatakan bahwa Henry masih dalam keadaan hidup. Penemuan mayat tersebut disiarkan secara langsung dalam acara yang dipandu Serenity di sebuah stasiun TV. Padahal sebelumnya ia adalah seorang cenayang yang berbakat dan sangat terkenal di masa itu.

Setelah itu, Jenna juga mecari alamat Virgil Stanhope, opsir yang juga menyaksikan saat ibunya ditemukan di Suaka Gajah 10 tahun yang lalu. Setelah hari pelantikannya sebagai detektif, Virgil menghilang dan mengubah namanya menjadi Victor Stanhope. Virgil sengaja menghilang dan berganti nama untuk menghapus rasa bersalahnya karena tidak dapat menyelesaikan kasus 10 tahun yang lalu. Dan kini, Jenna, gadis berambut merah yang mengaku sebagai anak dari Alice Metcalf ada di hadapannya. 

Ini pertama kalinya saya membaca karya Jodi Picoult, dan saya jatuh cinta. Novel Leaving Time ini mengisahkan tentang anak yang begitu merindukan sosok ibu yang sudah lama menghilang. Novel ini terbagi dalam empat sudut pandang tokoh-tokohnya, yakni Alice, Jenna, Serenity dan Virgil.Pertemuan Jenna dengan Serenity dan Virgil, dan berbagai peristiwa selama pencarian sang ibu membuka jalan bagi misteri-misteri lain yang malah membuka jati diri mereka masing-masing.  Lalu berhasilkah Jenna menemukan ibunya?

Naia Djunaedi
Naia Djunaedi ex Radio Script Writer, ex Journalist, Booklover, Blogger yang tersesat megap-megap setelah multiply diberangus...

No comments for "Leaving Time - Jodi Picoult"

Berlangganan via Email