; Pertama Kali Menjadi Blogger - SayaNaia

Pertama Kali Menjadi Blogger

Halo selamat hari senin, hari ini lumayan padat banget jadwal si kakak, jadi mamanya ikut-ikutan ribet deh. Hehehhe.. Tapi ya dinikmati saja, mumpung anak-anak masih kecil, masih butuh sedikit bantuan mamanya. Kalau sudah besar-besar nanti sudah bisa mengurus diri sendiri, pasti saya bakal merindukan masa-masa sekarang.

Saya mau cerita sedikit ah tentang masa-masa sebelum menikah dulu, sebelum sibuk dengan anak-anak di rumah. Saya dulu bertemu dengan suami yang juga sesama blogger, perkenalan kami cuma 3 bulan dan dia langsung melamar saya begitu saya lulus kuliah (umur saya 21 tahun). Hahahha. Bukannya sombong, pada saat itu dia bukan tipe cowok idaman saya. Karena tipe-tipe gebetan atau mantan saya yang matanya sipit-sipit, badannya tinggi dan kulitnya gak putih. Sementara papanya anak-anak kulitnya putih bersih banget, badannya tinggi, matanya besar (seperti saya).

Dulu kami sama-sama bergabung dalam wadah blog Multiply Indonesia, dia sudah lebih dulu sih. Sementara saya baru aktif di pertengahan tahun 2007, lalu kami kopdar (kopi darat). Dan beberapa tahun sebelumnya sampai beberapa tahun setelah 2007, MPID sebutan untuk Multiply Indonesia, masih aktif mengadakan acara gathering alias pertemuan antar sesama blogger. Jadi bisa dibilang ada rasa kekeluargaan di sana. Bahkan ketika pada akhirnya multiply diberangus, kami serasa kehilangan rumah tempat kami bernaung. Setelahnya, ada beberapa teman yang masih bertahan menulis di blog lain, ada juga yang menyerah begitu saja seperti saya. Sementara suami masih terus menulis di website yang ia buat. 




foto teman yang dicoret karena alhamdulillah dia sudah berhijab sejak beberapa tahun ini.


Beberapa kali suami membujuk agar saya mau kembali ke dunia blog dan berjanji mencarikan saya wadah untuk menulis walaupun belum punya satu pun teman di tempat baru. Saya vakum cukup lama, sejak 2012, dan baru kembali menulis di tahun 2018. Itu pun suami yang membuatkan blog dan membeli domain untuk saya. Bisa dibilang, nama sayanaia begitu melekat sejak tahun 2007. Jadilah nama itu seperti trademark bagi saya. Sampai saat ini, saya menulis di blog ini pun masih tetap dibantu oleh suami dalam pengaturan tata letak template, dll. Saya hanya fokus pada tulisan dan tema yang akan saya sajikan di dalam blog ini. 

Jujur setelah kehilangan multiply, saya malas untuk kembali menulis. Padahal dulu saya termasuk daily blogger, karena setiap hari saya selalu update. Salah satu yang membuat saya malas karena dulu foto-foto di multiply tidak bisa diselamatkan, banyaklah kenangan yang hilang yang sudah susah payah saya simpan di sana. 

Saat ini ada beberapa orang yang bilang kalau saya anak baru, isi blog gak jelas karena isinya bercampur-campur. Padahal setiap tema ada bar tersendiri, jadi orang-orang bisa bebas memilih membaca tema apa yang mereka suka. Bahkan di tahun-tahun awal saya kembali menulis di blog, ada yang menuduh saya rajin menulis demi mendapat adsense.. Hehehe.. Ya gak apa-apa sih berpikiran begitu karena memang dia belum lama mengenal saya. Saya suka menulis, saya suka memfoto (tapi yang ini lagi benar-benar vakum), dan sejak dulu memang suka menulis artikel sambil saya buat versi teks untuk materi siaran di radio tempat saya bekerja.

Sayangnya hanya beberapa foto saja yang tersisa, itu pun karena sahabat saya mengunggahnya di laman facebook. Ya setidaknya ada kenangan bahwa kami pernah bersama-sama dalam MPID. Anggotanya banyak sekali, tetapi ya lagi-lagi foto-fotonya hilang bersama dengan laptop saya yang rusak dan banyak foto belum sempat saya simpan dalam draft e-mail. 

Tulisan ini dibuat karena saya rindu dengan masa-masa di MPID dulu, di mana tidak ada satu pun blogger yang nyinyir dengan blogger yang lain. Tahu batasan mana yang harus dikomentari dan tidak sok tahu apalagi mengorek-ngorek privacy teman yang lain.  Santun ketika berkomentar, dan tahu batasan ketika bercanda. 😁
Naia Djunaedi
Naia Djunaedi ex Radio Script Writer, ex Journalist, Ibu dari 3 orang anak, Bookworm, Senang menonton drama dan film, Ambivert, Senang menertawakan kehidupan, Terlahir dengan wajah jutek dan aslinya memang galak sih.. Hehehehe

30 comments for "Pertama Kali Menjadi Blogger"

  1. Wahh kak naia keluarga blogger ternyata,,
    Kayaknya seru yh punya pasangan yg sehobi...

    Eh sungkem dulu ke senior,,,, udah lama banget ternyata ngeblognya... Tahun 2007 saya masih ingusan tuh hihi...
    Kak naia pintar jg yah cepet banget lulus kuliahnya....

    ReplyDelete
  2. wah keren...kak nai dan suami kakak berjodoh lewat blog multiply, pantas pernah bikin web tentang kebudayaan jakarta ya kak....

    kakak aku dulu ngeblog di multiply juga kak...dia juga sama susah move on ketika multiply uda ga ada lagi...aku saat kakakku ngeblog di multiply aku blom mudeng...dan kayaknya baru dibikinin fb aja ama temen...trus baru ngeh yang namanya dolanan internet sementara kakakku uda ngeblog hahahha...

    sama kak, aku paling respek dengan blogger yang saling menghargai apa yang dipilihnya masing-masing...terutama tema tulisan apa yang mau ia unggah dan yang ga, hihi..bukannya langsung stalking sana stalking sini, ngubek ubek privacy blogger lainnya lalu dinyinyirin n dituduh-tuduh hehe, memaksa blogger lain menulis yang ga pengen ia tulis. Ya siapa tahu kan memang ada ya yang membatasi tema apa yang mau ia tulis dan yang ga..

    kalau aku pribadi prinsipku cuma satu, ketika melihat blogger lain, aku akan tetap mengagumi karya-karyanya yang ada di blognya aja juga pribadinya yang hangat dan menyenangkan....ga akan pula mengganggu hal-hal di luar apa yang ia tulis di blog hihihii...soalnya kan di luar privasi kita ya. Biarlah aku menikmati tulisan mereka yang ada di blognya saja...itu bagiku sudah cukup..soalnya aku ga mau jadi orang yang sok tahu dan komentarin kehidupan orang padahal ga tau apa-apa hihihi ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semangat, Mbul. Isi blog mu dengan kegiatan yang bermanfaat

      Delete
  3. oiya mau nulis atu lagi kelupaan...maklum badan lagi agak anget abis kemaren vaksin wkwk

    mbul paling respect dengan blogger yang ga pernah mengekang kebebasan dan imajinasi temen lainnya ketika menulis ambillah contoh tema fiksi, soalnya kalau nulis fiksi aja diatur-atur, apa kabar dong penulis buku fiksi beneran....apa kabar dong toko buku atau novel novel yang mana ceritanya pun bermacam macam genre hihihi....pokoknya ku seneng ketika melihat blogger sama sama saling berkarya, meski tulisan masih apa adanya tapi ketika tumbuh bersama, maka ada rasa seneng dan hangat aja dalam hati hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. peluk Mbul si calon penulis webtoon!! gaskeun, Mbul.. ^_^

      Delete
  4. Tahun 2007 mbak Naia sudah buat blog di multiply, tahun segitu aku baru beli hape pertama dan itu hape Nokia 3310. Aku kenal internet kalo ngga salah tahun 2009 pakai Sony, cuma lupa Sony apa.

    sungkem dulu sama guru blogger.

    Ternyata mbak Naia berjodoh dengan suami lewat blog. Jadi ingat temanku di mywapblog, dia ketemu istrinya juga lewat internet, bedanya ketemu lewat akun nimbuzz.

    Aku mulai ngeblog tahun 2011 kalo ngga salah di mywapblog. Sayangnya tahun 2016 mwb tutup, akhirnya pindah ke blogger sampai sekarang.

    ReplyDelete
  5. Kira-kira umur naia berapa ya skg? lama juga naia mula berbloging..moga terus menulis kerasa saya suka membacanya dari jauh :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hhehehehe berapa ya? Makasih ya, kak. Saya juga senang dengan tulisan-tulisan kakak

      Delete
  6. Oh ya mau nulis atu lagi, kelupaan.
    Bukan karena badan anget karena habis vaksin tapi biar mirip mbul saja sih.

    Mau nulis apa ya, kok malah lupa. Duh, kadang aku begini, tadi udah kepikiran tapi giliran mau nulis malah lupa.

    Dahlah, ntar saja balik lagi kesini kalo sudah ingat.😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak apa2 Mas, asal jangan ambil gelas tapi bukanya mejikom ya.. HHehehehe

      Delete
  7. ciyeee ciyeeee... jadi ceritanya 'Cinta bersemi diantara blog' nih... hehe... :D

    Kalo saya sih dulu pertama ngeblog pake Wordpress mbak...trs pindah ke blogger... Multiply malah gak pernah tau ya...
    Trs juga ngeblognya gak langsung bikin tulisan. Desain sana sini dulu, jd waktu abis buat ngedesain doank gak jadi2... mulai aktif lagi pas 2 tahun kemudian, jd pas udh bikin saya tinggal nganggur 2 tahun tuh blog, haha... maklum otodidak ngeblognya.

    Tau istilah blog juga gara2 sering baca buku di Gramed. ^_^
    Trs, pas udh berisi byk tulisan, nyoba2 daftar adsense, eh langsung diterima. Sejak itu makin rajin nulis dan bikin blog baru yg akhirnya jadilah 7 blog itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas Wawan keren lho, bisa pegang segitu banyaknya blog. Aku satu aja kadang mandeg, bingung mau nulis apa. Ini hebat banget bisa pengang dengan tema beda2, belum lagi desainnya yg mirip2 portal berita. Salut

      Delete
  8. wah ternyata mbak naiya udah lama di dunia blogger ya, sampai ketemu suami pun lewat blog, keren banget sih, bisa dapet jodoh di soaial media, tapi sekarang udah jadi umum ya :D

    soal orang yang sirik biarain aja mbak, memang kadang seperti itu, yang penting tetep semangat nulis :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha gak juga, Nif. Kebetulan aja jodoh.

      Ya memang kadang2 mikir juga sih, salahnya di mana, apalagi pagi ini kaget ada tulisan yang dilaporin, laporannya mengada2 pula. Hhehehe ya udah sabarin aja sambil terus belajar lagi.

      Delete
  9. boleh buat movie ni: CINTA BLOGGER hehehhe
    lama tu mbak naia menulis... dulu scope menulis focus pada hal apa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahahaha iya ya..

      Kalau dulu biasanya berdasarkan script untuk bersiaran di radio, kak. Saya posting tema yang berkaitan denga script siaran pada hari itu, ada juga cerita tentang perjalanan ke tempat-tempat wisata. Sayang sekali foto-foto dah lama hilang bersamaan dengan blog hilang dan laptop yang rusak.

      Delete
  10. keren mbak, saya dulu mulai kenal dunia blog sejak 2010-an baru aktif sejak 2019-an, haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe biasa aja kok, Mas.. Ayo semangat menulis lagi ^_^

      Delete
  11. Asyik juga kisah bertemu jodohnya ya ananda Naia. Sama2 bloger. Berarti kenalnya lewat dumay. Selamat malam. Terima kasih telah berbagi kisah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya begitulah, bunda. Sebelum ngeblog juga aktif di laman pertemanan Aku Cinta Sekolah, trus kopdar. Kami tuh satu geng sebenernya, kerjaannya bikin film pendek, pernah ikutan lomba juga dan Alhamdulillah menang. Gak nyangka juga sih bisa sampe menikah. Hehehehe

      Delete
  12. Wah jodoh ya sesama blogger.Obrolannya pasti nyambung banget ya mbak. Saya kalau ga salah ngeblog pas kuliah 2009 tapi emang hilang muncul tapi sekarang mau fokus. Rasanya banyak hal menarik yang belum jadi arsip.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Justru suami orangnya suka nyeleneh, becanda mulu susah serius, mirip kayak kelakuan ayah saya, Mbak. Tapi memang dia support saya banget pas awal2 ngeblog, hahahaha istilahnya kayak bucin gitu lho, tiba2 nawarin desain blog dll, saya kira karena kita satu geng ya udah saya terima karena saya gaptek soal layout dll, eh rupanya dia naksir saya. wkwkwk.

      Ayo semangat lanjut nulis lagi mbak Rosa, saya seneng banget bisa nambah banyak temen2 di blogger ^_^

      Delete
  13. Dulu saya juga punya multiply.. byk gambar2 di sana tak dpt diselamatkan.. adakah kita ini lebih kurang sebaya ya umurnya? Haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah iya kah? hehehe mungkin saja, kakmim.. ^_^

      Delete
  14. Jodoh tak kemana. Teman blogger juga jadi pilihan. Rezeki berkahwin di usia muda. Lama rupanya sudah berkecimpung dalam dunia blog. Hebat boleh digelar senior dah ni kakak Naia.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahahaha tak lah, kak Fiza.. sudah lama vakum pula saya nih, mesti belajar lagi banyak2

      Delete
  15. asyik punya pasangan yang satu hobby suka ngeblog, hehe. salam kenal mbak naia

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, salam kenal juga mas Fajar, terima kasih sudah berkunjung.

      Delete

Post a Comment