; Oh My Ghost - Korean Drama - SayaNaia

Oh My Ghost - Korean Drama

Halo kita bahas drama Korea lagi yuk.. Hehehe gak ada bosannya ya? Ya karena utang resensi saya ada banyak, mending coba ditulis satu-satu aja deh. Saya suka nonton drama Korea itu sejak 2009 sih, tapi mulai rajin nonton sejak tahun 2011. Dulu itu suami juga rajin banget beliin saya dvd drama Korea, karena dia sering dinas ke luar daerah atau luar nagrek πŸ˜‹dan jarang di rumah. Salah satu upayanya supaya saya gak stress. 

Dulu itu kami rajin banget sewa vcd atau dvd di rental, tontonannya gak jauh-jauh dari film thriller. Tapi karena thriller itu genre favoritnya, dan saya gak mau nonton sendirian, jadilah pilihan jatuh ke drama korea. Apalagi terakhir kali saya nonton sinetron itu pas SMA, kalo gak salah AADC series. Nonton bareng almarhumah mama yang ngefans banget sama Revaldo yang wajahnya kebetulan mirip banget sama abang saya! πŸ™ˆ Oh iya abang saya sekarang single ya.. Hahaha.. ups malah promo.


source image: Hancinema


Ok, yang mau saya bahas di sini adalah drama Korea yang berjudul Oh My Ghost yang tayang di tahun 2015 di stasiun TV Korea kesukaan ibu-ibu (seperti saya πŸ‘€). Film ini ternyata juga sudah pernah tayang di salah satu stasiun TV swasta di Indonesia di awal tahun ini.

Drama Oh My Ghost bercerita tentang gadis yang bekerja sebagai asisten dapur di sebuah restoran. Na Bong Sun (Park Bo Young) adalah gadis yang sangat pendiam, pribadinya sangat tertutup dan kerap meminta maaf jika ada kesalahan sedikit saja. Bong Sun menjadi bulan-bulanan sous-chef Min Soo (Kang Ki-Young), dan tak jarang memarahi Bong Sun jika ia merasa kesal. Semua chef di restoran tidak menyukai tingkah laku Min Soo yang selalu menyombongkan diri dan sok berkuasa di dapur. Bong Sun mendapat julukan Bong-bong atau Bongi yang artinya anak anjing karena tubuhnya yang mungil dan wajahnya menggemaskan seperti anak anjing.

Bong Sun diam-diam menyukai Chef pemilik restoran tempat ia bekerja, Chef Kang Sun-Woo (Cho Jung-Seok). Padahal Bong Sun sering dimarahi oleh Sun-Woo tanpa alasan. Sun-Woo tidak suka sikap Bong Sun yang lemah dan menyebabkan ia selalu dirundung oleh Min-Soo. Karena ternyata sewaktu sekolah dulu, Sun-Woo sering dirundung oleh teman-temannya dan ia tidak berani melawan. Ia ingin agar para pekerjanya menjadi pribadi yang penuh percaya diri.

Bong Sun sering tertidur ketika sedang bekerja, ini membuat Min-Soo kesal. Bong Sun mengalami insomnia parah, ia selalu ketakutan karena selalu didatangi oleh hantu. Di kamar asrama yang ia sewa, ia membakar dupa dan memasang benda-benda yang dianggap dapat mengusir para hantu, namun tampaknya benda-benda tersebut tidak ada gunanya. Sun-Woo yang menyadari kinerja Bong Sun menurun, meminta agar Bong Sun menyerah saja jika dia tidak mau bekerja keras di restorannya. Bong Sun menganggap sang bos menyuruhnya untuk keluar dari pekerjaannya. Bong Sun juga diusir dari asrama karena kebiasaannya membakar dupa membuat seisi asrama protes.

Bong Sun akhirnya menulis surat pengunduran diri, namun ketika kembali untuk meletakkan surat di meja resepsionis restoran, Sun Woo memergokinya. Ia berpura-pura baru akan pulang, lalu Bong Sun menawarkan diri membantu Sun-Woo untuk menyimpan bahan makanan di gudang. Pagi hari restoran kacau balau karena para chef tidak bisa memasak karena mereka tidak bisa mengambil bahan masakan di gudang karena kunci gudang telah hilang. Mereka mencari Bong Sun dan memintanya untuk menyerahkan kunci tersebut. Bong Sun yang biasanya selalu meminta maaf, kali ini malah membanting chef Sun-Woo dan membuat rekan-rekan kerjanya kaget. Rupanya ia kerasukan hantu wanita ketika tidak sengaja tertidur di halte, namun Bong Sun tidak menyadarinya.


source image: Asianwiki


Bong Sun yang awalnya mengundurkan diri malah kembali bekerja, sifatnya berubah menjadi sangat ceria dan tidak lagi pemalu seperti dulu. Tapi yang paling membingungkan adalah Bong Sun berubah menjadi gadis yang sangat agresif kepada lawan jenisnya. Padahal dulu, ia sangat takut menatap mata lawan jenisnya. Jadi hantu yang merasuki tubuh Bong Sun ini ternyata hantu perawan yang sering juga merasuki tubuh perempuan-perempuan berbadan bagus. Hampir 3 tahun ia meninggal dan mengira bahwa ia memiliki dendam yang membuatnya tidak bisa pergi ke alam baka.

Hantu itu bernama Shin Soon-Ae (Kim Seul-Gi), anak perempuan pemilik kedai kecil yang letaknya tidak terlalu jauh dari restoran tempat Bong Sun bekerja. Soon-Ae terjebak di dalam tubuh Bong Sun karena memiliki energi yang sama, ia terpaksa merasuki Bong Sun karena saat itu ia tengah dikejar-kejar oleh Seobinggo (Lee Jung-Eun), seorang cenayang yang hendak mengirim Soon-Ae ke alam baka. Seobinggo khawatir roh Soon-Ae berubah menjadi roh jahat jika dibiarkan berkeliaran terlalu lama. 


source image: Asianwiki


Ketika Soon-Ae berhasil keluar dari tubuh Bong Sun, gadis itu kembali menjadi Bong Sun yang pemalu, yang takut berhadapan dengan pria. Sun Woo merasa ada yang salah dengan staf-nya itu, dan membawanya ke rumah sakit untuk diperiksa kesehatan mentalnya. Bong Sun didiagnosa memiliki penyakit bipolar alias orang dengan kepribadian ganda. Ia harus meminum obat-obatan dari dokter agar emosinya terkendali. Padahal Bong Sun sama sekali tidak memiliki gangguan mental. πŸ˜†

Ibu Sun Woo (Shin Eun-Kyung) tak pernah bosan membeli jimat untuk puteranya, sebab ia tidak mau anaknya sampai diganggu oleh hantu. Ia tahu bahwa energi positif Sun Woo bisa membuat Sun Woo diikuti oleh makhluk halus. Ia mulai mendatangi Seobinggo dan membeli jimat kepadanya, dan tanpa sadar mereka semakin akrab dan menjalin pertemanan. 

Soon-Ae kembali merasuki Bong Sun dan mulai menggoda chef Sun-Woo, tingkahnya semakin agresif dan membuat semua orang di restoran keheranan. Lama-kelamaan Soon Ae benar-benar jatuh cinta pada Sun-Woo. Dan ia menjadi akrab dengan Bong Sun yang awalnya sangat takut melihat hantu. Sementara itu Sun-Woo mulai menyukai Bong Sun dan ingin terus melindungi gadis itu. Ia pun mulai mengajari Bong Sun memasak agar keterampilan gadis itu terasah, Sun Woo jatuh cinta kepada Bong Sun.


source image: Asianwiki


Soon-Ae dengan tubuh milik Bong Sun, mendatangi kedai ayahnya dan mengingatkan agar ayahnya menjaga kesehatan. Ia masih belum ingat mengapa ia bisa meninggal. Lalu pelan-pelan sebuah fakta terkuak, ia meninggal karena dibunuh oleh pria yang dulu sangat ia sukai. Ini juga membuka jalan dari kasus tabrak lari yang menimpa Eun-Hee (Shin Hye-Sun), adik dari chef Sun-Woo.

Pada awal-awal episode, banyak adegan lucu di dalam drama Oh My Ghost ini. Namun begitu masuk ke episode-episode terakhir ada beberapa adegan yang bisa dibilang cukup menegangkan karena masuk dalam kategori horror kriminal. 

Buat kamu yang belum pernah nonton, drama Oh My Ghost ini bisa dijadikan referensi untuk mengisi kegiatan di akhir pekan. Daripada gak bisa kemana-mana kan? Selamat menonton ya πŸ˜‰ 


Naia Djunaedi
Naia Djunaedi ex Radio Script Writer, ex Journalist, Ibu dari 3 orang anak, Bookworm, Senang menonton drama dan film, Ambivert, Senang menertawakan kehidupan, Terlahir dengan wajah jutek dan aslinya memang galak sih.. Hehehehe

19 comments for "Oh My Ghost - Korean Drama"

  1. Salam, cerita seram, ada thrillnya..

    ReplyDelete
  2. woaaaa si bong bong mirip anak anjing pudel berbody kecil yang pemalu kok....mirip mbul kak nai...#mulai halu lagi si mbul...haha...dulu gampang di tindas. hwaha...sekarang tatkala ada arwah son hae yang merasuki dirinya akhirnya berubah jadi agresif dan ia diam diam ga pemalu lagi...hihi..malah bisa deketan ama chef... son he merasuki bog sun karena badannya bagus..hantu pun pilih pilih ya kak mau masuk ke badan siapa biar bisa deketin cowok yang ditaksirnya wkwk

    aku pas awalan baca penasaran emang kenapa tuh arwah kok bisa meninggal...ga taunya? tragis banget..dibunuh sama cowok yang disukainya...pasti dia bucin tingkat dewa, dimatiin ama orang yang disukainya Oh My Gid...pukpuk hantunya #eh hihi...keren kak sinopsisnya selalu bikin penasaran

    oh ya ngomongin nonton dvd dari rental sama banget hihi..aku dulu oas kuliah rajin nyambangin rental 2 kak. Satu rental komik, satunya lagi rental dvd...dan film yang kusewa kebanyakan horror thriller wkwkwkw...

    Oh iya aku ingat AADC jaman Revaldo hahahha..itu dulu pas jamannya doi belum terjerat narkoba ya..memang bagus actingnya bareng ririn dwi ariyanti kan ya kalau ga salah..tapi tetep aku ga rela dong aadc yang ori pemain awal diganti yang series oada waktu itu..belom rela posisi Dian sastro n nicholas Saputra digantikan Revaldo ririn..hahhaha...ga bisa muvon

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya iya, bebas mau mirip siapa juga terserah Mbul aja.. Hahahaha

      Hahaha ini si Soon Ae awalnya kesel, Mbul, karena biasanya dia kan merasuk ke badan cewek2 seksi, nah si Bong Sun ini badannya kecil mungil. Coba nonton deh, Mbul, ini gratis kok di Viu. Dramanya lucu.

      Hahaha itu mama yang nonton, aku tim hore aja kalo kebetulan mama minta ditemenin. Aslinya aku gak gitu paham dengan sinetron AADC series itu.

      Delete
    2. coba aku cek dulu di viu kak...kayaknya kok lucu lucu romantis gini...penasaran

      ^^

      Delete
    3. tonton Mbul, sebelum tayangan turun diganti dengan drama lain. Kalo gak salah tayangan viu cuma bertahan 2 atau 3 bulan gitu sebelum ditukar dengan drama yang lain.

      Delete
  3. Tadi habis baca jin Rani yang suka ganjen kalo ada cowok ganteng, sekarang disuguhi drama Korea yang ceritanya kesurupan hantu ganjen juga, suka agresif sama lawan jenis.πŸ˜†

    Ngomong masalah DVD suka ingat dulu sering beli DVD bajakan, sekarang sepertinya sudah langka ya DVD, kebanyakan orang suka download film langsung di internet, mana gambarnya bisa pilih yang bening, beda dengan DVD bajakan yang untung-untungan.πŸ˜‚

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaa aku dulu juga suka beli yang bajakan (ngumpet) itu kalo kebetulan dramanya gak ada di Indo sih. Sekarang malah enak sih bisa nonton langsung, udah banyak juga kan web penyedia drama n film gratis.

      Delete
    2. sama kak (eh kok ngaku aku), 🀭, dulu jamannya masih gawe di jakarta kalau minggu pagi bingung warung pada tutup..akhirnya mau ga mau cari makan siang di mall...eh bablas ampe gajahmada plaza godaan lapal dvd itu loh..trus ga kerasa tanganku ngambilin tuh dvd tapi film thriller korea kak banyak banget...malam minggu kejaanku cuma marathon korea denfan tv kusetel bisu biar ga ketahuan bapak ibu kos hahahha...maksudnya kalau bawa dvd ntar kena caz barang elektronik lagie wkwkkw

      Delete
    3. Wah mbul sukanya film Korea genre thriller, kok mirip dengan aku ya, apa sudah nonton film secret love, the taste of money atau Frozen Flower? πŸ€”

      Delete
    4. suka mas...kalau ga salah taste of money dan frozen flower itu banyak part untuk 21 plus. Taste of money kayaknya aku udah deh ahhahahah

      Delete
  4. Terakhir ngedrakor nonton start up, abis itu udah nggak ngedrakor lagi.
    Eh, aku nonton sih Nevertheles tapi nggak aku lanjut. Abis nonton itu besoknya pas mau vaksin tensiku tinggi, apa gegara kesal ya sama Yu Na Bi. wkwkkw...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Suamiku nonton start up, mbak Pit, aku enggak.. Hhehehe

      Delete
  5. Halo Kak, aku udah pernah nonton ini sih. Seru abis nih drama Korea dan lebih ke natural ceritanya. Hehe... Kangen drama sejenis gini. Tapi, sekarang drama Korea kayaknya lebih berat-berat temanya. Aku ada beberapa nonton drama korea, cuma nggak aku lanjutin karena bosen atau nggak siap mikir berat. Hehe...

    Kak, udah nonton Vincenzo, drama Korea itu berat tapi keren.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, aku juga malah lebih suka nonton ulang drama² jadul. Vicenzo aku belum nonton krna blm kepingin nonton πŸ‘€

      Delete
  6. Aghhhhhh salah satu drakor yg aku favoritin bangetttttt :D. Suka Ama si pemeran cewek park bo young. Awalnya gara2 aku nonton drakor dia yg strong woman do bong soon, trus lgs cari drakor2nya yg lain. Mukanya itu gemesiiiin , imut banget :).

    Walo agak sedih pas bagian si hantu hrs pergi yaaa. Tapi puas kok Ama endingnya :).

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, doi imut banget ya.. Strong Woman Do Bong Soon juga pernah lihat di TV lokal.

      Tapi aku sempet gregetan pas endingnya, Mbak, takut gantung karena tiba2 si Bong Sun-nya malah pergi ke luar nagrek. Hahaha

      Delete
  7. Macam best ceritanya. Suka lakonan Park Bo‑young dan Jo Jung-suk. Dua dua pelakon hebat.

    ReplyDelete

Post a Comment