; Marhaban Yaa Ramadhan - SayaNaia

Marhaban Yaa Ramadhan

image source: kibrispdr.org


Assalamu'alaikum.. (tumben nih ngucapin salam) 😁.. Alhamdulillah, Insya Allah esok kita akan memasuki bulan suci Ramadhan, bulan yang penuh rahmat, berkah dan ampunan. Nanti malam insya Allah kita akan mulai shalat taraweh ya untuk teman-teman yang muslim. 

Sebelumnya saya memohon maaf yang sebesar-besarnya jika ada kesalahan ucapan dalam berkomentar atau dari dalam ulasan blog saya sendiri. Mudah-mudahan kita bisa menjalankan ibadah dengan lebih khusyu' dan mendapat pahala dan keberkahan dari Allah Subhanahu wa ta'ala. Aamiin..




Nah ngomong-ngomong soal bulan Ramadhan nih, apa aja sih yang sudah teman-teman persiapkan untuk menyambutnya? Kalau saya punya tradisi bersih-bersih rumah walaupun tahun ini rumah saya gak bersih-bersih amat ya πŸ˜†. Biasanya sebelum Ramadhan saya mulai cuci-cuci perlengkapan sholat, supaya ibadahnya lebih nyaman, bukan berarti selama ini gak dicuci ya, tapi kalau sudah di penghujung bulan Sya'ban biasanya saya cek satu-persatu perlengkapan sholat yang dipakai, ada yang kotor atau enggak.

Lalu sudah beberapa tahun ini biasanya saya mengunjungi makam almarhumah mama, ini sudah tahun kelima kami menjalani ibadah puasa tanpa mama. Tahun ini saya belum mengunjungi makam mama karena agak kurang sehat, tapi insya Allah do'a saya tidak pernah putus untuk beliau.



Kalau di tahun-tahun sebelum pandemi biasanya ada tradisi munggahan, tahun ini saya tidak hadir. Masih ada anggota keluarga besar dari pihak suami maupun dari keluarga besar orang tua saya yang mengadakan, tapi saya memilih untuk melewatkan acara itu karena situasinya belum memungkinkan. Tidak hadir bukan berarti memutus tali silaturahim, kan masih bisa via zoom, google meet atau video call di whatsapp

Saya juga menyiapkan bahan makanan yang gampang diolah atau siap makan dan tahan lama buat makan sahur. Tapi tahun ini gak sempat bikin karena blender saya rusak πŸ˜‘ duh lah tahun ini kok banyak banget miss-nya ya.. Saya biasanya bikin olahan bencok, kalau orang-orang bilang kentang mustafa, padahal bencok dan kentang mustafa itu berbeda meski sama-sama terbuat dari kentang.

Buku do'a gak boleh gak ada nih, karena biasanya kalo pas dicari pasti keselip entah kemana. Karena saya cuma bisa shalat taraweh sendiri di rumah sejak saya punya anak, buku do'a ini wajib banget udah ada di depan mata. Bertahun-tahun gak hafal-hafal do'a setelah shalat taraweh dan witir.. πŸ™ˆ

Nah teman-teman sudah siap belum menyambut bulan Ramadhan?




  

Naia Djunaedi
Naia Djunaedi ex Radio Script Writer, ex Journalist, Booklover, Blogger yang tersesat megap-megap setelah multiply diberangus...

28 comments for "Marhaban Yaa Ramadhan"

  1. selamat bulan Ramadhan, semoga di bulan ini kita di limpahi berkah

    ReplyDelete
  2. Alfatihah (dibaca) untuk arwah mama Naia.

    salam Ramadan dari Kuala Lumpur... selamat berbuka puasa dan bertarawih ya ;-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin. Terima kasih, kak Anies. Selamat beribadah puasa juga untuk kak Anies, keluarga dan teman-teman di KL ^_^

      Delete
  3. Selamat menanti azan maghrib mba Naia πŸ˜„

    Sama sejak punya anak saya juga tarawihnya di rumah aja.

    Ramadhan ini saya belum ke makam almarhum mama dan bapak. Tapi insyaAllah do'a tak pernah putus.

    Selamat Ramadhan semoga ibadah kita ramadhan ini lebih baik lagi 🀲

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin.. Iya mbak Pit, insya Allah do'anya sampai ya.. ^_^

      Delete
  4. salam kenal kak, selamat menunaikan ibadah puasa juga semoga lancar amiin ^___^

    ngomongin blender...sama banget nasibnya...baru aja kemaren blenderku rusak tapi karena lumayan penting maka cepat cepat aku beli online lagi itu blender...

    trus tadi sempat baca kentang mustafa...wah kebayang enaknya..jadi kepo ama resepnya..

    tradisi punggahan kalau di kampungku juga masih kak, sama kayak tempat keluarga kakak dan suami yang masih rutin mengadakan punggahan wlaau begitu aku juga ga bisa ikut soalnya memang ga memungkinkan di saat kayak gini, dan benar silaturahmu masih bisa meski hanya menggunakan smartphone, wa atau video call...

    Kalau bebersih rumah aku juga iya. Istilahnya biar nyaman dan kayak semacam ada slogan baru...supaya menuju hari yang baru makanya segala sesuatu yang kotor dicuci walaupun modelanku marathon hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal, kak.. Aku manggilnya Kak siapa nih? Hehehe..Terima kasih sudah berkunjung. Soal blender itu rusak dan janji mau dibenerin udah hampir 2th, kalo gak dibenerin juga.. keburu ulang tahun yang kedua deh itu.. hehehe

      Kalo kentang mustafa aku blm pernah nyoba bikin, kak.. biasanya beli jadi aja, rasanya pedas manis.

      Iya, bersih-bersih rumah, kayak menyambut tamu kalo kata mama dulu tuh..

      Delete
  5. Waalaikumsalam mbak Naia.πŸ˜ƒ

    Alhamdulillah sudah bulan ramadhan ya mbak, biasanya memang bersih-bersih rumah juga sih biar keliatan tapi, cuma karena lagi merantau maka bersihin disini sajalah.

    Kalo tradisi pengunggahan di Cikande seperti aku lihat tidak ada, cuma karena di daerah asalku ada tradisi itu untuk menyambut bulan puasa maka aku mengadakan nya. Namanya sudah tradisi jadi susah diubah.

    Selain tradisi itu, ada juga tradisi lain yang masih aku lakukan mbak yaitu makan kalo lapar dan juga tidur kalo mata sudah ngantuk.πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh di tempat Mas gak ada ya? Aku kira di wilayah Banten (eh Banten kan ya?) ada tradisi munggahan juga..

      Kalo aku tradisinya habis makan terbitlah ngantuk, Mas.. wkwkwk

      Delete
    2. Aneh, biasanya kalo habis makan ngantuk itu malah bikin gemuk lho.πŸ˜„

      Delete
    3. nah kan.. wkwkwk.. sayangnya ngantuknya gak diturutin karena kerjaan rumah numpuk.. batal menimbun lemak deh

      Delete
  6. Replies
    1. Merhaba, ziyaret ettiğiniz için teşekkür ederiz ^_^

      Delete
  7. Salam 3 Ramadhan Naia :)
    Selamat Menjalani Ibadah Puasa buat Naia sekeluarga :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat beribadah Ramadhan buat Kak Shida dan keluarga

      Delete
  8. Selamat menjalanksn ibadah puasa, kak.

    ReplyDelete
  9. marhaban ya ramadhan sahabat, semoga di tahun ini puasa kita lancar dan segala harapan segera terkabulkan . amin

    ReplyDelete
  10. Rupanya ziarah ke kuburan sebelum masuk puasa itu merupakan budaya hampir di seluruh Indonesia ya, ananda Naia. Semoga ibadah puasa kita mendapat pahala yang melimpah ya ananda Naia. Selamat malam.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin..

      Sepertinya iya Bu, kebetulan depan rumah ayah saya ada area kuburan keluarga besar milik tetangga ayah, jadi setiap tahun jelang ramadhan pasti diadakan ziarah kubur bersama, waktunya pagi hari sekitar jam 6. Walau pun setiap hari jum'at pasti selalu ada yg berkunjung juga

      Delete
  11. Marhaban Yaa Ramadhan, wah udh hari keberapa nih gak kerasa ya mbak... Semoga puasa kali ini bisa full ya mbak, aamiiin...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini hari keenam, sayangnya tahun ini udah bocor.. hehehehe.. setelah puber kayaknya puasa full itu cuma terjadi sekali, pas kembar umur 6 bulan.. terakhir bisa puasa full pas remaja di umur 16th deh kalo gak salah inget..

      Delete
  12. Baca judulnya, aku jadi ingat ada presenter, nampaknya dari Malaysia. Malah nyanyi, "Marhaban tiba, Marhaban tiba, Marhaban tiba..." πŸ˜…πŸ˜…

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh iya itu, aku lihat videonya.. hehehe.. tapi ada juga kan penyanyi dangdut Indonesia yang malah dibully habis gara2 nyanyi begitu juga..

      Delete

Post a Comment