; Ibu Rumah Tangga = Sarjana Tak Berguna? - SayaNaia

Ibu Rumah Tangga = Sarjana Tak Berguna?

"Wah, ada sarjana tak berguna"  begitu kira-kira terjemah kalimat pedas dalam bahasa jawa untuk menyindir saya. Yang menyindir mengira saya tidak mengerti karena saya bukan orang Jawa, hehehe padahal sudah lama saya banyak belajar bahasa Jawa dari beberapa sahabat. Meski tidak bisa menggunakannya, tetapi saya cukup mengerti ucapan-ucapan pedas yang terlontar setiap kali saya di dekat mereka.

Hal-hal seperti ini sudah biasa bagi saya, apalagi kala itu ramai orang membahas tentang mengapa saya memutuskan untuk berhenti bekerja dan memilih untuk mengurus anak begitu hamil anak pertama. Bukan tanpa alasan, pekerjaan itu menuntut saya lebih banyak di kantor dibanding di rumah. Saya harus berada di kantor jam 05.30 karena harus menyiapkan skrip siaran berita pagi. Kalau dulu biasanya saya kabur jam 06.30 untuk mengejar waktu ke kampus, kembali dari kampus jam 2 siang dan lanjut bekerja sampai jam 8 malam.


foto lama

 
Terkadang hari libur pun terpaksa masuk kantor karena tidak ada yang menggantikan. Ya hanya tinggal saya penulis naskah siaran karena rekan saya memilih untuk berhenti setelah General Manager kami diganti dengan orang lain. Sistem kerja pun berubah, saya lelah karena merasa menjadi bagian dari kerja rodi 😂😂(selain mengerjakan skrip siaran, terkadang saya harus bertemu klien atau mengurus pengambilan hadiah pendengar karena staf di bagian front office sering izin keluar kantor tanpa alasan). Hahahaha. Belum lagi kalau kantor mengadakan acara promo, roadshow, atau offair, mau gak mau harus sering rapat bersama kru dan sudah pasti baru bisa pulang di atas jam 8 malam. Belum lagi kalau ada program baru atau mengerjakan iklan layanan masyarakat, haha makin lama di kantor deh. Karena GM kami yang baru menuntut kami harus terus ada di kantor, bahkan kalau perlu tidur di kantor. 😆 Itulah sebabnya mengapa satu persatu teman-teman satu angkatan memilih mundur. 

Karena suami sering dinas luar kota dan negeri, mau tidak mau saya mengalah. Sebetulnya dulu almarhumah mama sempat tidak setuju saya berhenti bekerja, karena memang saya salah satu penyokong materi di keluarga kami. Saat itu yang sudah bekerja baru saya dan abang saya yang nomor 3. Tapi saya meyakinkan bahwa insya Allah saya akan berusaha tetap membantu seperti biasa. Apalagi waktu itu ayah tiba-tiba sakit lantaran kena tipu dari kerabatnya sendiri.

Julukan sarjana tidak berguna begitu melekat, sampai pada suatu hari dia terlepas sendiri setelah saya tidak sengaja 'keceplosan' menjawab sindiran mereka. Saya bilang dalam bahasa Indonesia dan tetap dengan nada yang sopan, bahwa saya berhenti bekerja bukan karena ingin, tetapi karena suami yang meminta. Dan saya memang bercita-cita mengurus anak-anak saya sendiri seperti yang dilakukan oleh mama saya dulu. Tidak ada sarjana tidak berguna hanya karena seorang ibu memilih untuk tidak lagi bekerja. Salah satu dari kerabat yang baik dengan saya kaget dan lantas mengikuti saya yang pergi begitu saja setelah membalas sindiran itu. "Kowe ngerti boso Jowo, Nduk?". Saya bilang saya mengerti dan cukup lelah dengan julukan itu. Sejak saat itu, tidak ada lagi yang berani menyindir saya meski dalam bahasa Jawa. 

Apakah saya sakit hati? Dulu iya, tapi sekarang tidak. Maklum karena dulu kan masih usia 20-an, jadi masih gampang marah meski cuma di dalam hati. Karena bukan berarti menjadi ibu rumah tangga itu gak boleh kuliah, gak boleh sekolah tinggi. Mama saya yang dulu pendidikannya hanya sampai SMP karena saat itu sakit parah dan pingsan selama 3 bulan, terpaksa berhenti sekolah dan menikah muda. Beliau selalu menyemangati saya untuk terus belajar, untuk bisa meraih impian saya. Tapi setelah menikah, impian saya berubah. Saya tidak lagi ingin menjadi wanita karir, tapi saya ingin menjadi madrasah bagi anak-anak saya kelak. Maka saya tidak pernah menyesal berhenti bekerja demi anak-anak.

Namun ternyata istilah ini masih saja dipakai, perempuan yang bergelar sarjana seolah tidak diizinkan untuk tinggal di rumah. Padahal banyak yang rela meninggalkan pekerjaannya karena permintaan suami.  Kami dianggap menghabiskan uang dengan enak-enakan berdiam diri di rumah. "Gak ngapa-ngapain!" Katanya. "Tinggal ngabisin duit suami" Katanya. 😆 Padahal waktu 24 jam seakan tidak pernah cukup untuk mengurus rumah dan anak-anak. 

Saya sangat menghormati wanita dengan pilihannya masing-masing selama itu tidak merugikan orang lain dan bisa bertanggung jawab atas pilihannya. Mau terus bekerja setelah menikah dan punya anak, atau berhenti bekerja dan fokus dalam urusan rumah tangga? Silakan saja. Semua kembali kepada pemikiran masing-masing. 

Semoga setelah ini semakin banyak manusia yang mengerti bahwa pendidikan itu penting, tidak peduli dia laki-laki atau perempuan. Tidak peduli apakah kelak perempuan itu terus bekerja atau hanya mengurus keluarga setelah mereka menikah. 😇
Naia Djunaedi
Naia Djunaedi Betawi - Cirebon - China - India - Arab Maklum. Ibu dari 3 anak, ex Radio Script Writer, ex Journalist, Bookworm, Senang menonton drama dan film, Ambivert, Senang menertawakan kehidupan, Terlahir dengan wajah jutek dan aslinya memang galak sih.. Hehehehe. Open Comission for art on Instagram or e-mail

12 comments for "Ibu Rumah Tangga = Sarjana Tak Berguna?"

  1. Rupanya orang kota juga punya penilaian yang sama dengan orang desa ya. Sarjana jadi ibu rumah tangga (tidak bekerja di luar rumah), jadi bahan gunjingan. Padahal mengurus anak dan suami kalau dikerjakan dengan tulus, merupakan ladang pahala. Selamat malam, ananda Naia.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kebetulan yang ngomong ini malah orang2 yang lagi main ke kota, bunda.. hehehehe.. Tapi memang ada juga beberapa orang kota yang saya kenal juga ngomong begini, gak jauh2, teman sekolah saya juga pernah bilang begini..

      Delete
  2. Kayaknya memang ekspetasi orang itu, kalo sarjana harus kerja. Soalnya di kerabat saya juga ada, ia sekolah sarjana tapi akhirnya malah jualan toko. Orang-orang pada ngomongin, kalo cuma jaga toko ngapain sekolah sampai sarjana.

    Padahal mau ia jaga toko ataupun kerja kantoran juga sama-sama dapat duit ini.

    Sama seperti ibu rumah tangga, biarpun kelihatannya sepele tapi banyak sekali pekerjaan nya, mulai dari masak, nyapu, ngepel, nyuci baju, sampai nyetrika mulut orang yang gosipin, eh. ~

    Itu semua kalo pakai pembantu bisa tiga empat orang ya mbak. :)

    Tetap semangat mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. weh mantap nih tugas baru, menyetrika mulut orang.. wkwkwk..

      Terima kasih supportnya, Mas..

      Delete
  3. Aduh dilema juga yah kalo gitu,, tp saran aja sih gak usah dengerin kata orang yang bilang kayak gitu kak nai,,, toh suaminya aja gak masalah kalo kak naia sarjana gak guna wkwkwk #canda...

    Kerja di radio cukup sibuk juga yah kak naia, tp pasti seru karena tiap hari pasti dapet informasi.. Btw fotonya kayak mirip gaya foto rian Dmasiv wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwk Alul kalo ngomong suka bener ih #cubit pake tang

      kerja di media, mau tv, radio, koran, majalah, website.. capeknya minta ampun.. hahahaha, tapi capeknya itu masih bisa hahahihi sama temen2, bisa cari makan siang bareng, kalo di rumah? dari pagi ke pagi rasanya kerjaan gak selesai2.. wkwkwk

      Delete
    2. Kalo gitu resign aja jadi ibu rumah tangga kak naia wkwk

      Delete
  4. ternyata masih ada ya opini orang seperti itu dizaman modern gini. padahal walau cuma ibu rumah tanggak tapi pendidikan sarjana memiliki nilai lebih daripada hanya tamatan sma, jujur ane juga sakit hari kalau dengar seperti itu,.. tapi salut dengan mbaknya bisa sabar ngadapin omongan seperti itu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. masih banyak, Mas.. bahkan yang muda juga berpikir begitu.. Kalo dulu sakit hati banget tapi gak bisa marah, beruntung almarhumah mama sih yang banyak nasehatin supaya sabar, jadi lama kelamaan dibawa santai. Di depan sih udah gak ada yg berani nyinyir, tapi di belakang masih suka kedengeran.. hahha.. kalo pas denger ya kadang celetukin dikit sih.. 'buibu, anaknya udah dikasih makan belom?' biar pada berenti gosipin orang.

      Delete
  5. Temenku lulusan S2 , dan dia hanya IRT. Pas ditanya, dia jawab ilmunya untuk anak2nya . Langsung diem yg nanya. Krn memang tugas ibu sbnrnya mengajari anaknya. Ilmu yg didapat setinggi apapun, itu utk mendidik anak2nya. Makanya aku rasa pengen ngepites orang2 yg picik pikiran dan menganggab wanita sekolah tinggi2 tapi ga kerja sebagai orang ga berguna. Kesel dengernya -_-

    ReplyDelete
  6. hehehe sabar mbak Fanny.. aku yang S1 aja udah dijulidin, apalagi yang S2, duh mungkin lebih parah kali ya?

    ReplyDelete

Post a Comment