; Daebak Real Estate (Sell Your Haunted House) Ep. 1 - Korean Drama - SayaNaia

Daebak Real Estate (Sell Your Haunted House) Ep. 1 - Korean Drama

Halo, hari ini saya mau bahas tentang drama Korea yang lumayan masih hangat ya, karena serialnya belum lama berakhir di KBS. Sebenarnya mau menulis secara garis besarnya aja, tetapi sejak awal suami malah request supaya saya membahasnya per-episode. Jujur, agak sulit membahas drama per episode, karena selain akan jadi panjang (ini PR banget gak sih?) dan khawatir malah berujung spoiler. Kan jadinya gak asyik ya 😅. Nanti kayaknya saya gak bakal bahas per episode banget, tapi berdasarkan cerita dan tokoh penting di dalam cerita aja ya. Oh ya, resensi ini untuk teman-teman yang belum menonton, kalau yang sudah pernah nonton ya dinikmati aja ya resensinya. Hehehe


source image: Asianwiki


Daebak Real Estate atau lebih dikenal dengan Sell Your Haunted House ini bergenre horror, tetapi gak horror-horror banget sih. Karena saya yang anti banget nonton drama atau film genre horror malah gak takut sama sekali, bukan sama sekali gak seram ya, tapi penggambarannya lebih manusiawi.. Hahaha alias gak kayak penampakan hantu Indonesia, Jepang atau Thailand, yang bikin gak bisa pules 7 hari 7 malam. Lebay 😆.

Cerita dimulai ketika Hong Ji A (Jang Na-Ra) melakukan pengusiran arwah penasaran di sebuah bekas rumah sakit besar, ia dibantu oleh partnernya yang ia sebut sebagai cenayang, untuk melakukan pengusiran itu. Dengan menggunakan garam yang disebarkan di sekeliling tempat pengusiran, Ji-A menikam dada cenayangnya dengan tusuk konde tumpul yang sudah diberi nama arwah tersebut. Secara perlahan kekuatan arwah yang merasuki sang cenayang akan berkurang dan menghilang diikuti dengan menghilangnya arwah untuk kembali ke alam baka.

Ji-A adalah pemilik Daebak Realty yang membantu orang-orang melakukan proses jual beli rumah atau gedung-gedung berhantu. Ia dibantu asistennya Joo Hwa-Jung (Kang Mal-Geum) dalam menjalani bisnis properti ini. Sebelum melakukan pengusiran, Ji-A akan melakukan survei terlebih dahulu untuk memastikan apakah rumah atau gedung yang hendak dijual benar-benar berhantu. Dan bu Joo yang melakukan wawancara tentang apa saja yang terjadi, apakah ada orang yang pernah meninggal di dalam rumah / gedung tersebut untuk memastikan ada masalah yang berat atau tidak. 

Sementara itu Oh In-Bum (Jung Yong-Hwa) melakukan penipuan bersama sahabatnya Heo Ji-Chul (Kang Hong-Suk) dengan menakut-nakuti pemilik rumah dan gedung dan menjual alat-alat untuk mengusir hantu. Padahal alat-alat itu sama sekali tidak berguna. In-Bum juga mengaku sebagai seorang profesor lulusan Universitas Stanford yang meneliti energi skalar yang fokusnya kepada pencarian hantu. 

Pas awal-awal menonton, saya agak gagal fokus melihat Jung Yong-Hwa yang sekilas mirip mantan yang usianya lebih dewasa 4 tahun dari saya😆cuma mantan saya itu pakai kacamata. Dia yang rajin nemenin saya browsing materi buat tugas kuliah sampe nyari bahan buat nulis skripsi, udah kenal sama ortu saya juga, tapi saya larang ke rumah lagi gara-gara saya ternyata pacarnya yang kedua. Hiks.. Eh kok jadi bahas mantan sih? 😆 Nanti kalau diterusin malah lebih horror dari isi cerita dramanya.


source image: Soompi.com


Balik lagi ke isi cerita dong. Jadi modusnya si In-Bum dan Ji Chul adalah berpura-pura mencari rumah untuk diteliti apakah ada kegiatan spiritual tak kasat mata di dalamnya. In-Bum menawarkan korban mereka dan memasang peralatan untuk mendeteksi hantu dan secara otomatis alat-alat tersebut akan mengusir para hantu dari rumah. Para korban tidak perlu membayar, tetapi merekalah yang akan dibayar sebanyak 500 dolar selama 2 hari. Benar-benar tawaran yang menarik, bukan? Nah setelah 2 hari, In-Bum dan Ji-Chul akan berpura-pura hendak membongkar peralatan tersebut, mau tidak mau para korban yang seharusnya dibayar oleh In-Bum, malah membeli peralatan tersebut untuk menjaga rumahnya agar tak berhantu. 😅

Kok bisa ya mereka tertipu? Ini karena In-Bum dan Ji-Chul memasang alat berupa kamera dan proyektor kecil yang akan bekerja dan menampilkan citra hantu (biasanya berdasarkan foto anggota keluarga atau korban yang meninggal di dalam rumah atau gedung) yang mereka dapat dari internet. Sebutlah mereka penipu profesional 😂😂.

Ji-A mewarisi bisnis mengusir arwah penasaran dari ibunya, Hong Ji-Min (Baek Eun-Hye). Ibunya semasa hidup adalah seorang pengusir hantu, namun ia meninggal karena sebuah insiden 20 tahun yang lalu. Insiden ini menyebabkan arwah ibu Ji-A masih berada di dalam rumah yang juga merupakan tempat bisnisnya. Ji-A bertekad untuk mencari cenayang kuat untuk membantunya mengantar arwah sang ibu ke alam baka.

Menariknya dalam drama ini setiap kali Ji-A hendak membeli sepatu yang disiarkan secara langsung di TV, pasti TV akan mendadak mati dan sambungan teleponnya terputus 😂😂. Ini karena ibu Ji-A tidak suka jika anaknya terus berbelanja, padahal sepatu mau pun pakaian Ji-A sudah cukup banyak. 


Jang Na-Ra
Source image: google



Lalu kemampuan bertarung Ji-A yang keren banget, karena ini termasuk drama action dan banyak adegan berantemnya nih. Satu lagi, Jang Na-Ra sebagai tokoh utama dalam drama ini wajahnya awet muda banget, padahal usianya sudah menginjak 40 tahun, dan dia sudah muncul sejak awal-awal K-drama populer di Indonesia di awal tahun 2000an. 


source image: google



Naia Djunaedi
Naia Djunaedi ex Radio Script Writer, ex Journalist, Ibu dari 3 orang anak, Bookworm, Senang menonton drama dan film, Ambivert, Senang menertawakan kehidupan, Terlahir dengan wajah jutek dan aslinya memang galak sih.. Hehehehe

10 comments for "Daebak Real Estate (Sell Your Haunted House) Ep. 1 - Korean Drama"

  1. wah seru nih drama korea, pemainya juga cakep-cakep, apalagi ada yang mirip mantan xixixi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seru, Nif.. Hahahaha bagian mantannya itu agak bikin keder juga sih.. pusing kepala

      Delete
  2. Kayaknya seru juga nih, yang jadi pengusir hantu itu Nara ya, kayaknya cewek cakep ya si Nara biarpun usianya hampir 40 tahun, tuan rumah nya jadi betah.😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha cantik banget emang, Mas.. gak ada obat..

      Delete
  3. Alamak drama berepisod..lama la nak tunggu habis ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. 32 episod sahaja kak Shida, elok cerite tuh, banyak ending sedih tiap-tiap episod.

      Delete
  4. Aku udh selesai nonton ini dan sukaaaaaa banget mbaa :D. Ahhh seru lah pokoknya. Dan aku takjub pas tahu pemeran yg jadi ibunya Ji ah, usianya LBH muda daripada pemeran ji Ah. Memang yaaa Jang na Ra itu mukanya baby face banget :D. Kliatan muda. Suka Ama pemeran penjahatnya juga, sukses bikin sebeeel hahahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Heeh, aku juga suka.. Episode2 terakhir aku ngembeng terus, mbak.. Keren sih bisa mikir banyak kasus yang beda2 tapi ujung2nya menyayat hati banget..

      Hahahaha Do Hak-Sung sama Kim Tae Jin ya.. rasanya pengen jambak.. berarti mereka sukses mainin perannya. Ibunya Ji-A juga tetep keliatan manis walaupun makeup-nya dark begitu..

      Delete
  5. Saya tidak ada hubungannya dengan serial. Saya kira itu juga belum diadaptasi ke Turki.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya, sayang sekali, sepertinya memang belum ada di negaramu.

      Delete

Post a Comment