; Ya Allah, Tolonglah Aku - A.K - SayaNaia

Ya Allah, Tolonglah Aku - A.K

Judul Buku    : Ya Allah, Tolonglah Aku
Penulis          : A.K
Penerbit        : Quanta, PT. Elex Media Komputindo
Tahun Terbit  : Desember 2010
Tebal             : 312 Halaman
ISBN             : 978-979-29-7093-3




Buku ini saya beli di tahun 2011, saat itu saya sedang merasa frustrasi dengan hidup saya. Entah seperti ada batu sangat besar yang mengganjal di hati saya. Tidak diketahui secara pasti siapa orang yang menulis buku ini, tetapi ketika membuka dan membacanya, buku ini mampu membuat saya bertahan dalam situasi sulit yang sedang saya hadapi. 

Sebagai manusia biasa, tentu saja akan mengalami banyak perasaan yang terus berganti. Ada kalanya merasa senang, lalu sekejap menjadi marah dan ingin menangis. Itulah manusia. Tapi setiap masalah tentu ada hikmah yang tersirat di dalamnya, begitu pula yang dijelaskan dalam buku ini.  Dalam setiap bab nya membahas hal-hal yang berbeda, bagaimana cara kita mengatasi kesedihan, kemarahan dan kekecewaan.

Dalam keadaan bersedih, penulis mengingatkan adanya firman Allah agar kita tidak berlarut-larut dalam kesedihan.

                وَلَا تَهِنُوا۟ وَلَا تَحْزَنُوا۟ وَأَنتُمُ ٱلْأَعْلَوْنَ إِن كُنتُم مُّؤْمِنِينَ

Artinya : Janganlah kamu bersikap lemah dan janganlah (pula) kamu bersedih hati. Padahal kamulah orang-orang yang paling tinggi (derajatnya), jika kamu orang-orang yang beriman. 
(Q.S. Ali Imran : 139).

Penulis mengingatkan jika kita sedih terlalu dalam dan terus menerus merasakan kesedihan yang berkepanjangan, maka organ-organ tubuh kita pasti akan terganggu. Bagaimana tidak? Jika kita dalam keadaan sedih, kita cenderung tidak berselera untuk makan, bahkan lupa untuk beristirahat. Bukan hanya hati yang sakit, lambung pun ikut sakit dan tentu saja akan mempengaruhi organ tubuh lainnya. 

Saat kita merasa bahwa hidup ini terlalu berat, ditambah dengan ujian dan musibah yang terus mendatangi kita, percayalah bahwa Allah tidak akan menguji kita melampaui batas kemampuan kita. 


وَلَنَبْلُوَنَّكُم بِشَىْءٍ مِّنَ ٱلْخَوْفِ وَٱلْجُوعِ وَنَقْصٍ مِّنَ ٱلْأَمْوَٰلِ وَٱلْأَنفُسِ وَٱلثَّمَرَٰتِ ۗ وَبَشِّرِ
ٱلصَّٰبِرِينَ

Artinya: "Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah kabar gembira kepada orang-orang yang sabar. (Q.S. Al-Baqarah: 155). 

Buku ini mengajak kita untuk banyak bersabar, belajar untuk menerima segala kejadian yang sudah ditetapkan oleh Allah, sambil tetap berusaha dan berdo'a lalu memasrahkan akhir cerita hanya kepada Allah saja. 







Naia Djunaedi
Naia Djunaedi ex Radio Script Writer, ex Journalist, Booklover, Blogger yang tersesat megap-megap setelah multiply diberangus...

2 comments for "Ya Allah, Tolonglah Aku - A.K"

  1. buku motivasi yang menarik untuk dibaca...

    ReplyDelete
    Replies
    1. sangat menarik kak, saye pun kadang membuka-buka kembali buku ini ketika sedih atau merasa lelah, ada banyak ayat al-qur'an yang mengingatkan kita untuk bersabar.

      Delete

Post a Comment

Berlangganan via Email