; My ID Is Gangnam Beauty - Korean Drama Series - SayaNaia

My ID Is Gangnam Beauty - Korean Drama Series

Long weekend, tapi karena saat ini kita masih dalam kondisi harus di rumah saja, ya jadi banyak yang gak 'ngeh' deh kalau hari ini hari libur. Tapi lumayan ya buat bunda-bunda yang biasa mendampingi anak-anak di rumah selama kegiatan School From Home berlangsung entah sampai kapan. Setidaknya tadi pagi bisa agak santai karena gak terlalu pusing dengan kegiatan belajar mengajar di rumah 🙈.

Kali ini saya mau mereview seri drama korea, mungkin sebagian sudah tahu ya karena drama ini berasal dari webtoon berjudul sama, My ID is Gangnam Beauty. Drama ini tayang di Korea Selatan di tahun 2018, dan juga sempat ditayangkan di sebuah stasiun televisi di Indonesia di tahun 2019. 


Sejak kanak-kanak, Kang Mi Rae (Im Soo-Hyang) selalu dirisak oleh teman-teman sebayanya, dan itu terus berlangsung sampai ia bersekolah di SMP Jaryong. Mi Rae anak yang pintar, namun orang-orang hanya melihat dari wajahnya saja. Mi Rae bahkan mendapat julukan Kang Orch, dan tentu saja itu membuatnya sakit hati. Mi Rae berniat untuk melakukan bunuh diri, namun ada seorang ibu yang melihatnya dan menolongnya saat itu.

Lalu setelah lulus SMA, ibunya membawa Mi Rae untuk melakukan bedah plastik tanpa sepengetahuan ayahnya. Mi Rae berharap penampilan barunya bisa merubah semuanya, ia hanya ingin hidup normal dan tidak dibenci orang hanya karena wajahnya yang tidak menarik. Tak disangka, ketika masa orientasi mahasiswa baru, Mi Rae malah bertemu dengan teman semasa SMP dulu, Do Kyung Seok yang diperankan oleh Cha Eun-Woo. Kyung Seok adalah anak laki-laki paling tampan dan paling dingin di sekolahnya dulu.

Wajah yang cantik, tubuh Mi Rae yang tinggi, menjadikannya sebagai mahasiswi populer di kampus barunya. Kemudian muncul Hyun Soo-A, yang wajahnya begitu manis alami. Seperti halnya Mi Rae, Soo A dan Kyung Seok juga didambakan para pelajar di kampus mereka. Awalnya semua berjalan dengan lancar, sampai pada saat malam orientasi, salah satu seniornya di fakultas kimia, Kim Chan Woo mengungkapkan perasaannya dan berniat untuk menjadikan Mi Rae sebagai pacar. Mi Rae sempat dijebak di dalam ruangan oleh seniornya itu, namun tiba-tiba Kyung Seok datang dan menolongnya. 


Kyung Seok ragu apakah Mi Rae adalah teman sekolahnya dulu, karena wajah Mi Rae jauh berbeda, tapi Kyung Seok yakin setelah melihat Mi Rae menari ketika di aula. Diam-diam Kyung Seok sering memperhatikan Mi Rae ketika SMP dulu, Kyung Seok selalu ingin berteman dengannya, namun Mi Rae mengira bahwa Kyung Seok sama saja seperti teman-temannya yang lain. Mi Rae begitu takut jika semua orang tahu tentang rahasianya bahwa ia telah melakukan bedah plastik secara keseluruhan pada wajahnya. 

Soo-A gadis cantik juga menjadi incaran mahasiswa di kampusnya, wajahnya yang lembut dan senyumnya begitu manis, siapa sangka ternyata begitu membenci Mi Rae. Dimulai ketika Soo-A mencandai Mi Rae dan bertanya di depan banyak orang apakah Mi Rae melakukan bedah plastik, dan itu tentu saja membuat Mi Rae gelagapan, namun lagi-lagi Kyung Seok datang dan membela Mi Rae. Mi Rae yang polos percaya begitu saja ketika Soo-A bilang bahwa ia tidak tahu. 

Chan Woo masih berusaha mendekati Mi Rae lagi ketika makan siang di kantin, diam-diam Soo-A memperhatikan mereka berdua. Chan Woo meminta kejelasan dari Mi Rae dan mengatakan bahwa Mi Rae adalah gadis idamannya, Mi Rae tersedak karena merasa gugup dan meminta izin ke toilet untuk memikirkan bagaimana caranya menolak seniornya itu. Ketika Mi Rae berada di toilet, diam-diam Soo-A mendekati meja Chan Woo dan mengatakan bahwa ia sangat menyukainya, namun itu tidak mungkin karena ternyata Chan Woo sangat menyukai Mi Rae. Soo-A pergi begitu saja dan membuat Chan Woo terkejut. Mi Rae kembali ke mejanya dan hendak mengatakan bahwa ia tidak bisa berpacaran dengan Chan Woo, namun Chan Woo langsung memotongnya dan mengatakan bahwa ia keliru dengan perasaannya, ia menyukai gadis lain. Tentu saja hal ini membuat Mi Rae bingung dan merasa dipermainkan. Kyung Seok yang mendengarkan percakapan mereka, sengaja menjegal kaki Chan Woo saat laki-laki itu meninggalkan Mi Rae begitu saja. Ini membuat suasana kantin menjadi riuh karena mereka bertengkar. 

Setelah kejadian itu, Chan Woo berusaha mendekati Soo-A, namun Soo-A berkata bahwa ia tidak mau menjadi kekasih seniornya itu karena terganjal Mi Rae. Ini menjadi malapetaka bagi Mi Rae, karena setelah itu seniornya tersebut menyebutnya sebagai monster plastik. Mi Rae marah dan memukul Chan Woo. Esoknya Chan Woo kembali merisak Mi Rae, bahkan berani memukulnya di depan mahasiswa baru, tidak ada yang berani menolong Mi Rae, sampai akhirnya Kyung Seok datang dan menghajar seniornya itu hingga pingsan. 

Begitu banyak peristiwa mengejutkan yang terjadi di kampus. Mi Rae merasa bahwa upayanya melakukan bedah plastik sia-sia saja, ia tetap menjadi gadis yang tidak percaya diri dan banyak yang menghinanya karena ia melakukan itu. Belum lagi Soo-A yang terus menerus membayangi Mi Rae dan sempat mengatakan bahwa orang-orang yang melakukan bedah plastik adalah orang-orang jahat. Karena mereka melukai hati wanita yang terlahir cantik, Soo-A mengatakan bahwa wanita yang melakukan bedah plastik membuat wanita cantik menjadi semakin langka karena ulah mereka. Hal ini membuat Mi Rae sadar bagaimana sosok Soo-A yang sebenarnya.

Drama My ID is Gangnam Beauty ini terdiri dari 16 episode, dan saya menontonnya melalui video streaming. Inti dari drama ini menyadarkan kita bahwa perisakan seringkali terjadi di belahan dunia manapun, bahkan orang-orang yang merisak merasa bahwa hal itu normal dilakukan. Merisak hanya karena penampilan fisik yang dianggap tidak sempurna, melihat orang lain dari apa yang mereka pakai, dll. 

Naia Djunaedi
Naia Djunaedi ex Radio Script Writer, ex Journalist, Booklover, Blogger yang tersesat megap-megap setelah multiply diberangus...

No comments for "My ID Is Gangnam Beauty - Korean Drama Series"

Berlangganan via Email