; Hotel del Luna - Korean Drama - SayaNaia

Hotel del Luna - Korean Drama

Halo semua, lagi sibuk apa sekarang? Kalau saya lagi sibuk mikirin kamu.. eaaa.. psst.. Dari pada bingung, saya mau bahas drama yang sudah pernah saya tonton ya, karena daftar drama dan film (buku juga sih) sudah mulai antri berderet menunggu untuk diresensi. Jangan bosan-bosan ya. Kalau mau cari referensi drama, film atau buku silakan deh cari-cari di top bar atau side bar-nya blog sayanaia ini. Boleh juga sih kalau mau request resensi buku film atau drama lain selama genre dan alur ceritanya masih aman dan masih bisa saya jangkau ya. Kalau untuk buku, kalau kebetulan saya punya bukunya, insya Allah akan saya bahas di sini. Kalau mau dibikinin artikel iklan juga boleh, silakan kirim e-mail di contact-us di paling bawah halaman blog ya. Eh promosi trooos.. hehehe..


source image: Hancinema



Yuk ah balik lagi ke topik utama. Kali ini saya mau bahas tentang drama yang rilis di tahun 2019 tapi masih rame jadi bahan gosipan warganet. Hotel del Luna. Nah buat teman-teman penggemar drama misteri berbalut fantasi pasti banyak yang sudah tahu ya? Pas awal-awal peluncuran posternya aja udah bikin warganet heboh plus merinding disko. Gimana enggak ya, lengan Yeo Jin-Goo ada yang gandeng, padahal tangan tante Hae-Sun dilipat di atas perut. 👹 Belum lagi potongan tangan yang tergeletak di lantai. Tapi memang ini salah satu daya tariknya ya, jadi bikin orang-orang penasaran sama jalan ceritanya.

Jujur pas di awal-awal episode, saya sempat berhenti nonton agak lama. Itu gara-gara kemunculan hantu yang bola matanya copot 😰 ngeri banget kan. Tetapi saya akhirnya memutuskan untuk lanjut menonton karena serial drama ini diperankan oleh penyanyi favorit saya Lee Ji-Eun alias IU. Ya IU memerankan tokoh Jang Man-Wol, wanita cantik pemilik hotel bernama Hotel Bulan. Ya karena hotel ini hanya bisa dilihat manusia pada saat bulan purnama saja. Jadi banyak juga manusia yang gak tau kalau hotel ini benar-benar ada.



source image: Hancinema



Memang hotel ini hanya bisa dikunjungi oleh arwah orang-orang yang sudah meninggal saja, yang sedang menunggu waktu mereka untuk perjalanan panjang ke akhirat melalui sungai Han. Sementara itu Jang Man-Wol sendiri sudah mengelola hotel selama 1.300 tahun dan hotel ini juga berubah seiring perkembangan zaman. Ini terlihat dari lukisan dan foto-foto Jang Man-Wol di hotel dari waktu ke waktu. Untuk menuju sungai Han, manusia akan menaiki Limosin atau bus, tergantung amal dan perbuatan mereka selama di dunia. hmm.

Goo Chan-Sung (Yeo Jin-Goo) terikat dengan hotel bulan karena peristiwa yang dialami oleh ayahnya ketika Chan-Sung masih anak-anak. Ayahnya (Oh Ji-Ho) yang pada saat itu hampir meninggal, tak sengaja masuk ke dalam hotel bulan dan memetik bunga dari pohon bulan untuk dihadiahkan kepada anaknya. Man-Wol memergoki ayah Chan-Sung dan bermaksud memberi hukuman, namun sang ayah berjanji jika besar nanti Chan-Sung akan berkerja sebagai asisten Man-Wol di hotel bulan. Saat itu Man-Wol terkejut karena sudah lama pohon itu tidak pernah berbunga, bahkan selama ia terjebak di hotel ini, pohon besar itu seperti sudah mati.


Mago yang memberi hukuman kepada Man-Wol
source image: Hancinema


Man-Wol terjebak di hotel itu karena dosanya di masa lalu yang sudah banyak menghabisi nyawa manusia, ia harus menebus dosanya dengan melayani para tamu arwah yang datang untuk perjalanan mereka menuju akhirat. Namun, ia tidak sendiri, ia menjalankan hotel ini dibantu para asisten layaknya hotel milik manusia.

Chan-Sung yang awalnya bermaksud melarikan diri dari Man-Wol malah terus dibayang-bayangi arwah para hantu yang penasaran yang berkeliaran di dunia. Ia pun menyerah dan memutuskan untuk membantu Man-Wol meski pun hanya dia satu-satunya manusia yang masih hidup di hotel tersebut.

Sahabatnya, Sanchez (Cho Hyun-Chul), adalah orang yang tidak percaya adanya hantu, namun ia juga sangat penakut. Ia akhirnya mempercayai dan menyadari bahwa Man-Wol yang juga bersahabat dengannya bukanlah manusia biasa. Peristiwa pahit menimpa Sanchez, tunangannya meninggal dalam perjalanan pulang ke Korea. Man-Wol membantu Sanchez untuk berpisah dengan sang kekasih.  


source image: Hancinema


Kemudian terungkap pula masa lalu para penjaga hotel seperti Pak Kim Sun-Bi (Shin Jung-Keun) penjaga Bar yang suka meracik minuman spesial untuk para tamu. Kematian menyedihkan ibu Choi (Bae Hae-Sun), dan Hyun-Jung (P.O) penjaga lobby hotel yang meninggal di usia muda. 

Chan-Sung pelan-pelan mengenal karakter Man-Wol dan hampir setiap malam ia memimpikan masa lalu Man-Wol. Apakah Chan-Sung pernah bertemu dengan Man-Wol di masa lalu? Chan-Sung pun tidak bisa melepaskan Man-Wol, ia jatuh cinta pada gadis yang berbeda dunia dengannya itu.


source image: Hancinema


Dalam drama ini juga terungkap masa lalu Chan-Sung. Ini tentu membuka luka lama yang sudah ia kubur dan ingin dia lupakan selama bertahun-tahun. 

Menonton drama ini lumayan bikin kaget, tapi saya tidak bisa berhenti karena penasaran dengan cerita masa lalu para arwah yang mampir ke Hotel del Luna.



Naia Djunaedi
Naia Djunaedi ex Radio Script Writer, ex Journalist, Ibu dari 3 orang anak, Bookworm, Senang menonton drama dan film, Ambivert, Senang menertawakan kehidupan, Terlahir dengan wajah jutek dan aslinya memang galak sih.. Hehehehe

13 comments for "Hotel del Luna - Korean Drama"

  1. Duh, filmnya ngeri-ngeri sedap. He he .... Terbayang betapa ngerinya seorang manusia satu2nya bekerja dengan rombongan arwah.Takut, ah. Salam sukses untuk mu Di sana ya. Ananda Naia.

    ReplyDelete
  2. Ananda Naia. Boleh minta no. WA- mu? Bunda mau curhat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya sudah follow di IG ya, bunda. bisa dm aja nanti buat nomor wa nya

      Delete
  3. Ini kayaknya dramanya udah lama kan ya mbak. Saya pernah lihat istri nonton ini. Tapi karena saya udah gak pernah koreaan sejak lama jadi gak ikutan nonton drama ini lagi 😅

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas, tahun 2019. Saya baru sempat review hehehehe.. drama tahun 2019 ke bawah banyak yang bagus

      Delete
  4. Waduh, ternyata tamu-tamu yang datang ke hotel semua adalah arwah ya, sayangnya drama kalau film lepas enak nih buat ditonton pastinya banyak kejutan yang bikin jantung berdetak kencang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. tapi biar series juga satu hantu itu paling 2 episode aja mas Herman.. hehehehe.. nanti insya Allah deh aku cariin film sejenis ini, mudah2an ketemu ya.. :-P

      Delete
  5. Temenku byk yg rekomen hotel de luna ini mba, tapi aku belum tertarik, eh bukan belum tertarik sih, cuma waiting list yg mau ditonton masih byk, soalnya aku suka drama Indonesia juga hahaha.

    ReplyDelete
  6. baru nonton sampe eps 2 nih, belum sempet nonton lagi

    ReplyDelete

Post a Comment