; Cinta Terakhir Baba Dunja - Alina Bronsky - SayaNaia

Cinta Terakhir Baba Dunja - Alina Bronsky

Judul Buku     : Cinta Terakhir Baba Dunja
Penulis           : Alina Bronsky
Penerjemah    : Harisa Permatasari
Penerbit         : PT. Gramedia Pustaka Utama
Tahun Terbit   : 2021
Tebal             : 160 Halaman
ISBN             : 9786020648224






 
Buku yang berada di tangan saya ini berjudul Cinta Terakhir Baba Dunja yang ditulis oleh Alina Bronsky. Ya buku ini merupakan buku terjemahan dari bahasa Jerman, Baba Dunjas Letzte Liebe

Baba Dunja memutuskan untuk kembali ke desanya yang terpapar radiasi. Meski ia tahu bahwa desa itu sudah lama ditinggalkan karena orang-orang takut untuk kembali dan berisiko terkena penyakit yang berbahaya. Bukan tanpa sebab, karena baik tanah mau pun air di desa tersebut sudah tercemar akibat insiden reaktor yang terjadi di tahun 1986. Keadaan itu tidak menyurutkan tekad Baba Dunja. Anak perempuannya, Irina, tidak menyetujui keputusan sang ibu. Namun Baba Dunja mengatakan tidak ada tempat terbaik selain Tschernowo, kampung halamannya sendiri.

Desa itu hanya ditempati oleh beberapa penduduk saja, dan sebagian besar mereka semua sudah berumur. Ada Marja yang sudah lama hidup sendirian setelah suaminya meninggal. Begitu pula Baba Dunja yang kini hidup sendirian karena suaminya juga sudah meninggal, Irina bersekolah di Moskow. Sementara anak laki-lakinya, Alexej sedang menjelajahi pegunungan Altai (Mongolia) dan tidak pernah kembali.

Baba Dunja kembali ke rumah lamanya, ia juga menanami kebunnya dengan berbagai macam sayuran untuk dimakan. Ia beruntung rumahnya masih berdiri kokoh, sementara rumah lain sudah tampak rapuh dan dindingnya nyaris roboh. Bisa dibilang, tanah di kebunnya sangat subur.

Semua penduduk di Tschernowo saling mengenal dengan baik, hanya pasangan Gavrilow saja yang terlihat berbeda. Mereka tampak berpendidikan tinggi, bahkan Mr. Gavrilow sering mengenakan setelan jas. Ia bahkan tak segan-segan memotong kuntum mawar yang layu meski sedang berpakaian rapi. Kebun pasangan ini tampak indah dengan aneka bunga mawar berwarna warni.

Irina sudah menikah dan memiliki seorang anak perempuan bernama Laura. Irina kerap mengirim surat dan banyak kebutuhan rumah untuk Baba Dunja karena mereka hidup berjauhan. Lalu hal yang mengejutkan ketika Laura tiba-tiba saja mengirim surat dengan bahasa yang ia tidak mengerti. Baba Dunja sangat ingin membaca surat itu, namun ia malu dan tidak tahu apakah ada dari tetangganya yang bisa menerjemahkan surat itu untuknya.

Semula kehidupan di desa itu tampak baik-baik saja, sampai tiba kedatangan penghuni baru yang mencari rumah kosong untuk ditempati. Seorang pria paruh baya yang membawa serta anak perempuannya. Baba Dunja menyadari bahwa ini adalah tindakan yang salah, sebab anak itu bisa saja terpapar radiasi. Baba Dunja meminta sang ayah untuk pergi dari tempat itu, dan faktanya sang ayah sengaja membawa putrinya untuk membalas sakit hatinya kepada sang istri. Ia tidak peduli jika anaknya nanti terkena penyakit berbahaya dan mati.

Insiden terjadi, laki-laki yang bersikukuh untuk tetap tinggal malah menyerang Baba Dunja. Dan tiba-tiba saja lelaki itu jatuh tersungkur dengan kapak yang tertancap di kepalanya. Siapa yang membunuh laki-laki itu? Dan yang lebih mengerikan lagi, pria yang terbunuh adalah orang penting yang tengah dicari keberadaannya. Lalu bagaimana dengan nasib Baba Dunja? Fakta tentang Laura juga terkuak, apakah Laura benar-benar masih hidup? Di manakah ia sekarang?




Naia Djunaedi
Naia Djunaedi ex Radio Script Writer, ex Journalist, Ibu dari 3 orang anak, Bookworm, Senang menonton drama dan film, Ambivert, Senang menertawakan kehidupan, Terlahir dengan wajah jutek dan aslinya memang galak sih.. Hehehehe

9 comments for "Cinta Terakhir Baba Dunja - Alina Bronsky"

  1. banyak misterinya ya kayaknya buku ini, jadi pengen baca juga.. eh tak kirain ini buku translate dari india lho heheheh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenernya ini tentang kehidupan sehari-hari orang2 lanjut usia di desa yang kena radiasi, Nif. Baba Dunja ini bisa dibilang kayak pemimpinnya gitu di desanya, namanya juga terkenal banget. Aku juga awalnya ngira kalo ini terjemahan dari India, hehehe, dan ku kira Baba Dunja itu laki2, ternyata perempuan

      Delete
  2. Waktu awal baca judulnya Baba Dunja kirain aku itu laki-laki, eh ternyata seorang ibu ya.

    Baca ceritanya kok mirip dengan ledakan nuklir di Chernobyl itu ya mbak, cuma ini setting nya di Jerman.

    Siapa laki-laki yang bawa anaknya ke tempat berbahaya itu y

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama, Mas Agus, saya juga ngira laki2. Mungkin inspirasinya dari situ kali ya, karena situasinya agak mirip. Dan penulisnya ini memang orang Rusia yang pindah ke Jerman.

      Delete
  3. cerita yang cukup menarik nih kak...aku keingetan nama nama orang rusia dan lainnya itu kok berasa keren ya..marja...ini ngingetin aku sama salah satu lakon di film thriller tapi..yang judulnya Midsomar kak...

    sebenernya salah seorang kawan blogger buku kemarin ada juga ngulas buku ini. Kayaknya aku jadi tertarik deh..

    ReplyDelete
  4. kalau melihat reviewnya menarik nih, apalagi buku ini hasil terjemahan dari bahasa Jerman, tentu ada banyak ciri khas yang unik dari ceritanya

    ReplyDelete
  5. Suspens juga bila surat diterima ditulis bahasa yang tidak difahami. Sang bapa lain pula berdendam sengaja membawa anak untuk didedahi radiasi. Penulis berimaginasi tinggi..

    ReplyDelete
  6. Ini review buku yang bikin pembaca jadi penasaran bagaimana lanjutan cerita nya.

    Sudah lama ngga baca novel terjemahan. Salah satu kelebihan novel tipe ini adalah kita bisa membayangkan situasi dan budaya di luar sana.

    ReplyDelete
  7. Terima kasih ulasnnya. Menarik dan mengerikan juga. Adegan jatuh tersungkur dengan kapak tertancap di kepala. Mengerikan ananda Naia. Yang namanya kisah fiktif ya semua bisa direkayasa. He he .... Selamat sore, selamat beraktifitas di hari minggu.

    ReplyDelete

Post a Comment