; Rekomendasi Kado Untuk Guru - SayaNaia

Rekomendasi Kado Untuk Guru

Hai teman-teman, yang mungkin saat ini bingung mau kasih kenang-kenangan untuk guru atau dosen kalian, saya punya beberapa rekomendasi hadiah apa saja ya yang bisa kita berikan sebagai ucapan terima kasih karena sudah sabar membimbing kita selama di sekolah atau kampus.

Sebagian orang mungkin menganggap memberi hadiah kepada guru itu bentuk dari 'ada apanya', tapi menurut saya memberi hadiah kepada guru adalah bentuk perhatian kita kepada guru yang sudah banyak meluangkan waktunya memberikan kita ilmu dan mengajarkan banyak hal yang tidak kita tahu sampai menjadi anak yang cerdas. Asalkan, pemberian hadiah itu di lakukan di akhir tahun. Bukan di hari-hari ketika kita masih dalam suasana belajar di sekolah. Tapi jika ada teman-teman yang tidak setuju, silakan saja ya, karena setiap orang pasti punya pemikiran dan pertimbangan yang berbeda-beda tentang hal ini.

Terus apa saja sih yang bisa kita hadiahkan kepada guru kita? Selain do'a agar para guru selalu dalam keadaan sehat, bahagia dan selalu dalam lindungan Tuhan, kita juga bisa memberi mereka hadiah-hadiah lain. 



source image: google



  •  Buku
Memberi hadiah buku kepada guru bisa disesuaikan dengan mata pelajaran yang beliau ajarkan. Misalnya untuk guru Agama, bisa kita berikan buku yang berkaitan dengan sejarah Agama seperti Shirah Nabawiyah atau buku lain-lain seputar dunia pendidikan yang bisa teman-teman cari dulu referensinya. Boleh juga buku fiksi, jika kebetulan bapak atau ibu guru suka membaca buku fiksi. Cari tahu tema seperti apa yang beliau sukai.



source image: google



  • Perlengkapan sholat
Kalau gurunya muslim biasanya bisa nih diberi perlengkapan sholat yang biasanya sudah tersedia dalam satu tas berisi mukenah dan sarung. Kalau sekarang ada yang lebih praktis ya, mukenah langsung seperti yang dipakai orang tua zaman dulu, tetapi warna dan coraknya lebih banyak ketimbang dulu yang hanya tersedia dalam warna putih saja.



source image: google



  • Kain atau Baju Batik
Kain batik bisa diberikan untuk guru laki-laki mau pun perempuan, tinggal disesuaikan saja motif dan warnanya yang cocok. Atau kain untuk membuat celana panjang untuk guru laki-laki, biasanya berwarna biru gelap atau hitam.



source image: google



  • Kerudung & Bros
Lagi ya, hehehe tampaknya mencari kado untuk guru perempuan memang lebih gampang. Teman-teman bisa memilih bahan yang tebal dan nyaman dipakai, jangan terpaku pada merk tertentu ya. Karena terkadang merk mahal gak menjamin. Karena kerudung fungsinya untuk menutup aurat, maka jangan sampai bahan yang dipilih menerawang. Ada beberapa merk yang saya tahu ternyata bahannya tipis walaupun adem ketika dipakai. Kalau teman-teman yang memang berhijab pasti bisa lebih mudah ya menentukan bahan yang bagus dengan harga yang masih terjangkau. Boleh juga ditambahkan dengan bros cantik dengan warna dan bentuk yang simpel.


source image: google


  • Barang yang Berhubungan dengan Hobi
Nah kalau ini biasanya untuk guru seni, olahraga atau guru-guru yang teman-teman tahu apa hobi beliau. Misalnya jika guru tersebut suka melukis, teman-teman bisa memberi set perlengkapan lukis. Bisa juga berupa pajangan seperti lukisan atau ukiran dari kayu untuk diletakkan di meja atau ditempel di dinding rumah. Atau teman-teman bahkan bisa membuat sendiri di rumah dan membuat hadiah itu lebih berkesan.


Yang perlu teman-teman ingat, untuk memberi hadiah tidak perlu terlalu mahal, sesuaikan saja dengan dana yang ada. Karena tujuannya sebagai ucapan terima kasih dan bentuk perhatian kepada guru-guru kita. Asalkan diberikan dengan tulus, insya Allah guru-guru akan merasa bahagia dengan perhatian kecil dari kita 😊.
Naia Djunaedi
Naia Djunaedi ex Radio Script Writer, ex Journalist, Ibu dari 3 orang anak, Bookworm, Senang menonton drama dan film, Ambivert, Senang menertawakan kehidupan, Terlahir dengan wajah jutek dan aslinya memang galak sih.. Hehehehe

6 comments for "Rekomendasi Kado Untuk Guru"

  1. kebetulan adeku juga guru sma mbak naia, mungkin ide-ide di atas cocok kali ya kalo gw kasih hadiah batik ataupun buku 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo buat adek sendiri malah lebih gampang, Nif. Tinggal cari tahu barang apa yang lagi dia butuhin, walaupun benda kecil dan harga gak seberapa tapi kalo dikasih pas saat dibutuhkan bakal lebih berkesan sih

      Delete
  2. dulu saya pernah kasi dosen itu kue doang hehe

    ReplyDelete
  3. Di kota2 memberi hadiah di akhir tahun sudah merupakan tradisi sejak lama. Di tempat bunda di pedesaan sini, hal tersebut belum ada. Dahulu, palingan ketika guru pindah mengajar atau pensiun, saat perpisahan diberikan hadiah. Mirisnya sekarang acara perpisahan pun sudah tenggelam. Guru yang datang dan pergi sesukanya saja. selamat malam ananda Naia.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin karena kurangnya koordinasi, bunda. Kalau di Jakarta memang ada grup kelas, dan informasi seputar belajar mengajar jg cukup jelas. Pergantian kepala sekolah, kepindahan guru, ada guru baru yang masuk, dll. Dan biasanya kalo ada perpisahan guru, koordinator kelas minta kesediaan wali murid untuk patungan beli hadiah buat guru ybs.

      Kalo di desa mungkin juga karena terbatasnya dana. Contoh kecilnya abang saya yang di Purwakarta, mengajar di Madrasah, wali murid kebanyakan bertani, hp masih model lama dengan banyak tombol yang cuma bisa telepon atau sms. Mungkin mereka gak bisa memberi barang-barang mewah tapi mereka datang membawa ubi, singkong, telur ayam, beras atau mungkin hasil panen sayuran. Tapi niat memberi itu lebih terasa karena mereka lebih membutuhkan.

      Delete

Post a Comment