; Thread of Lies - SayaNaia

Thread of Lies


Film Thread of Lies diadaptasi dari novel berjudul Elegant Lies, yang menceritakan tentang kasus perisakan yang terjadi di sekolah. Dibintangi oleh Kim Hyang Gi, remaja usia 14 tahun bernama Lee Choen Ji mengalami perisakan yang digawangi oleh sahabatnya sendiri, Hwa Yoen (Kim You-Jung). Hwa Yoen berpura-pura baik di depan Choen Ji, namun ia lah yang mengajak teman-teman di kelasnya untuk memusuhi Choen Ji, mengolok-oloknya di kelas dan membicarakannya di belakang. Choen Ji diundang ke pesta ulang tahun sahabatnya itu, tak tanggung-tanggung, Hwa Yoen memintanya untuk memberi kado berupa pemutar musik terbaru dengan harga yang cukup mahal. 

Choen Ji adalah anak kedua dari seorang ibu tunggal bernama Hyeon Sook (Kim Hee Ae), kakak satu-satunya bernama Man Ji (Go Ah Sung) adalah seorang gadis yang sangat cuek, berbeda dengan Choen Ji yang penurut dan manis. Tak disangka, diam-diam gadis itu menahan sedih akibat depresi yang dialaminya. Setelah Choen Ji mengakhiri hidupnya, satu persatu rahasia pun terungkap. 

Mulanya Choen Ji berteman dengan Kwak Mi-Ra, mereka tertawa bersama, menghabiskan waktu bersama-sama di tempat tersembunyi di sekolah, menemani Choen Ji untuk merajut. Namun tanpa alasan yang jelas, tiba-tiba saja Mi-Ra berbalik memusuhi dan mengucilkan Choen Ji seperti teman-temannya yang lain. Choen Ji yang merasa kecewa lalu memutuskan untuk gantung diri menggunakan selendang yang ia rajut. Sebelumnya ia juga pernah meminta ibunya untuk merajut sebuah topi untuknya dengan benang merah yang sudah ia siapkan, namun ibunya selalu menolak dengan alasan sudah terlalu lelah seharian bekerja di toko.



Sebelumnya wali kelas pernah memperingatkan ibu Choen Ji agar Choen Ji tidak bergaul dengan Hwa Yoen, rupanya wali kelas mengetahui perihal perisakan tersebut. Ibu Choen Ji pernah menemui ibu Hwa Yoen dan mengatakan agar ia bisa mendidik anaknya dengan baik, bukan membiarkannya menjadi pelaku perisakan. Namun ibu Hwa Yoen mengatakan bahwa Choen Ji anak yang lemah karena tidak mau melawan. Setelah kepergian Choen Ji, ibunya sengaja pindah ke wilayah yang sama dengan Hwa Yoen untuk membayang-bayangi ibu Hwa Yoen yang sudah berkata kejam mengenai Choen Ji.

Lalu suatu hari, ibunya memutuskan untuk merajut dengan benang yang pernah Choen Ji berikan, tidak disangka, ternyata ada pesan-pesan tersembunyi di balik gulungan benang-benang tersebut. Ibunya meminta Man Ji untuk mencari pesan di dalam gulungan wol merah yang lain. Kertas itu bertuliskan bahwa Choen Ji sangat iri namun menyayangi kakaknya, ia juga menulis bahwa masih ada 3 pesan lagi yang belum terbaca.

Man Ji pun mulai mencari pesan-pesan apa saja yang sudah ditinggalkan oleh adiknya itu. Ia lalu mendatangi sahabat baiknya Mi-Ran yang ternyata adalah kakak dari Mi-Ra. Mi-Ra mengaku tidak dekat dengan Choen Ji, mereka hanyalah teman satu kelas saja, padahal ada sesuatu yang di sembunyikan oleh Mi-Ra. Ternyata Mi-Ra kecewa dan telah salah paham karena melihat ayahnya bersama ibu Choen Ji, ia mengira bahwa ayahnya menelantarkan ibunya dan meninggal karena ayahnya hanya mempedulikan ibu Choen Ji.

Di Sekolah, Hwa Yoen mendapat tekanan dari teman-teman sekelasnya. Mereka mengatakan bahwa Hwa Yoen lah yang menyebabkan Choen Ji mengakhiri hidupnya. Teman-teman yang awalnya berpihak padanya dan bersama-sama merisak Choen Ji, malah berbalik menyerang Hwa Yoen. Hwa Yoen tidak tahan dan mencari cara agar usaha rumah makan milik ayahnya bangkrut, ia ingin keluarganya segera pindah dari sana. 

Hwa Yoen juga mengatakan kepada Man Ji, bahwa selama ini ternyata Choen Ji diam-diam bertemu dengan seorang pria yang merupakan tetangga Man Ji di tempat tinggal barunya. Man Ji menemui Choo Sang-bak di perankan oleh Yoo Ah In, pria berambut sebahu yang selalu menutupi wajahnya dengan rambut. Pria itu mengatakan bahwa selama ini Choen Ji selalu menceritakan masalahnya, ia mengatakan bahwa ia tidak senang belajar. Ia mengatakan bahwa seseorang harus pintar, jika tidak, perkataannya hanya akan menguap di udara. 

Film Thread of Lies ini membawa Kim Hyang Gi memenangkan kategori Best New Actress dalam BaekSang Arts Awards di tahun 2014. Saya menonton film ini di tahun 2018, lalu mencoba menonton ulang dan lagi-lagi saya menangis karena terbawa perasaan kehilangan seperti yang dirasakan oleh ibu Choen Ji di dalam film tersebut. 


Naia Djunaedi
Naia Djunaedi ex Radio Script Writer, ex Journalist, Booklover, Blogger yang tersesat megap-megap setelah multiply diberangus...

No comments for "Thread of Lies"

Berlangganan via Email