; I Can Speak - SayaNaia

I Can Speak


I CAN SPEAK



Duh bingung ya mau bahas apa? Mau review buku takut bosan gak sih? Oh iya saya suka iseng cari-cari referensi film yang bagus. Kebetulan saya ini suka banget Korean Drama, saya suka genre komedi, kalo kamu suka genre apa?. Nah dua minggu yang lalu saya nonton film "I Can Speak". Agak telat ya karena memang film ini rilis September tahun lalu, saya kurang tahu deh di Indonesia tayang atau enggak karena sudah lama banget gak ke bioskop 😅. Pokoknya terakhir ke bioskop itu pas hamil si kembar, waktu itu nonton Jurassic World, nemenin si kakak yang suka banget sama dinosaurus. 



new korean drama




Film I Can Speak ini bercerita tentang Na Ok Boon, yang diperankan oleh Na Moon Hee, seorang nenek yang selalu datang ke kantor pelayanan publik untuk mengadukan berbagai masalah yang ada di lingkungan tempat tinggalnya di pasar. Setiap hari ada saja yang dikeluhkan nenek Ok Boon, dan semua petugas pelayanan sipil kewalahan dibuatnya. 

Sampai suatu hari, Park Min Jae, diperankan oleh Lee Je Hoon, baru saja dipindah tugaskan untuk bekerja di kantor tersebut. Pegawai yang sangat tertib itu tidak tahu menahu soal kebiasaan nenek Ok Boon. Min Jae begitu sabar menerima berkas-berkas pengaduan yang disodorkan Ok Boon kepadanya, hingga teman-teman Min Jae menyerahkan urusan nenek Ok Boon kepada Min Jae. 

Nenek Ok Boon rupanya ingin sekali bisa mahir berbahasa Inggris. Ia mendatangi tempat kursus di kota, namun ia diminta untuk berhenti di hari pertama ia masuk kelas. Ia dianggap hanya akan memperlambat proses belajar-mengajar karena kebanyakan anak-anak muda yang menjadi murid di sana. Ketika kembali ke kantor pelayanan publik, tanpa sengaja nenek Ok Boon mendengar percakapan Min Jae dengan temannya yang 'bule', Min Jae begitu fasih berbahasa Inggris. 

Kemudian dengan segala cara nenek Ok Boon membujuk Min Jae agar mau menjadi guru privatnya. Ia bahkan berani membayar mahal jika Min Jae mau. Awalnya Min Jae menolak, tetapi akhirnya dia setuju setelah melihat bahwa adiknya, Young Jae (Sung Yoo Bin), ternyata sering datang ke rumah nenek Ok Boon untuk makan malam. Min Jae dan Young Jae hanya tinggal berdua saja setelah orang tua mereka meninggal, ini menyebabkan sang adik kurang mendapat asupan makanan yang baik. Min Jae setuju asal nenek Ok Boon mau memberi adiknya makan setiap hari.

Setelah sekian lama belajar, nenek Ok Boon mengaku bahwa ia belajar bahasa Inggris karena ingin bisa bertemu dengan adik lelakinya yang sejak kecil diadopsi dan tinggal di Amerika. Adik satu-satunya ini tidak mengerti bahasa Korea sedikit pun. Namun ternyata ada alasan lain yang lebih kuat yang menyebabkan nenek Ok Boon begitu gigih ingin menguasai bahasa asing tersebut. Hmm.. Apalagi ya alasannya?

Yang jelas untuk kamu yang belum menonton, film ini sangat saya rekomendasikan. Awalnya saya tertarik menonton film ini karena sosok Oma Na Moon Hee, beliau ini selalu saja bisa membuat kita sedih dan tertawa secara bersamaan. Oh ya film ini based on true story ya, kalo penasaran sih mending langsung tonton aja, saya nonton juga dari YouTube kok 😅.. 





Naia Djunaedi
Naia Djunaedi ex Radio Script Writer, ex Journalist, Booklover, Blogger yang tersesat megap-megap setelah multiply diberangus...

4 comments for "I Can Speak "

  1. Saya suka drama. Coba nanti riview beberapa film drama dari Hollywood juga mbak, seperti The Help, Christoper Robin dll

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sip, terima kasih Mas, insya Allah nanti diusahakan untuk review film lagi :-)

      Delete
  2. Review bukunya juga dilanjut Mbak

    ReplyDelete

Post a Comment

Berlangganan via Email