; Reply 1997 - Lee Woo Jung - SayaNaia

Reply 1997 - Lee Woo Jung

Judul Buku    : Reply 1997
Penulis          : Lee Woo Jung
Penerjemah  : Lingliana
Penerbit        : PT. Gramedia Pustaka Utama
Tahun Terbit  : Februari 2018
Tebal             : 360 Halaman
ISBN             : 978-602-03-3831-6



Hidup selalu berkhianat di saat yang tak terduga.
Hal itu bisa dalam bentuk kesedihan besar, bisa juga dalam bentuk ketakutan besar.
Pada saat  itu tidak banyak yang bisa kita lakukan.
Menghindar dan berpaling juga tidak ada gunanya.
Kita hanya bisa menerima kenyataan dengan tenang dan terus berjuang.
(hal. 91)
 



Bagaimana jadinya kalau sahabatmu sejak kecil tiba-tiba saja berubah menjadi sosok yang paling penting dalam hidupmu? Bukan hanya sekedar menjadi sahabat, tetapi kedudukannya telah berubah menjadi cinta pertama yang mengisi ruang kosong di hatimu? Kalau sudah begini apa yang harus kamu lakukan? Mengungkapkan perasaanmu? Atau malah menyimpannya rapat-rapat agar persahabatan kalian tetap terjaga?

Seong Shi Won dan Yoon Yoon Je adalah sahabat sedari kecil, bahkan Yoon Je dan kakaknya, Tae Woong sudah dianggap layaknya anak sendiri oleh ayah Shi Won. Yoon Je dan Tae Woong adalah kakak beradik yang sudah lama menjadi yatim piatu, dan ayah Shi Won sepertinya lebih menyayangi kedua kakak beradik itu ketimbang puterinya sendiri. 😅

Shi Won dikenal sebagai fan girl, ia begitu tergila-gila pada Tony Oppa, salah satu member dari grup musik kesayangannya. Ayah Shi Won kerap memarahinya karena Shi Won terlalu fokus kepada Tony sampai-sampai nilainya merosot. Shi Won tidak peduli dan malah semakin bertekad agar bisa bertemu dengan Tony Oppa secara pribadi. 

Lalu ada murid baru, Hak Chan, ia murid pindahan dari SMA Gangnam di Seoul. Awalnya Shi Won dan teman-temannya menganggap logat Seoul sangatlah menggelikan bagi mereka yang asli Busan, tetapi seiring berjalannya waktu, mereka justru menjadi teman satu genk yang sangat kompak. Hak Chan jatuh cinta pada Yu Jeong, padahal saat itu Yu Jeong sedang mengejar Yoon Je secara terang-terangan. Dan pada akhirnya Yu Jeong menerima cinta Hak Chan.

Sementara Yoon Je tiba-tiba saja menyadari bahwa perasaannya terhadap Shi Won bukan lagi sebagai sahabat, tetapi Yoon Je menyukai Shi Won sebagai seorang wanita. Shi Won yang pikirannya hanya dipenuhi oleh Tony Oppa, tidak menyadari hal itu. Ketika Yoon Je baru saja hendak menyatakan perasaannya kepada Shi Won, ia mendengar Tae Woong sedang menyatakan perasaannya kepada Shi Won. Yoon Je patah hati dan memutuskan untuk melupakan Shi Won karena tidak mungkin ia bersaing dengan kakaknya sendiri.

Shi Won lalu menyadari bahwa Yoon Je semakin menjauhinya, tetapi ia belum sadar tentang apa yang sebenarnya terjadi pada Yoon Je. Sampai akhirnya mereka terpisah kota. Setelah 10 tahun lamanya, Shi Won akhirnya menyadari bahwa ia sangat menyukai Yoon Je, tetapi Yoon Je sudah berubah dingin terhadapnya dan bahkan selalu berusaha menghindari Shi Won. 

Membaca novel ini membuat saya gemas, tetapi juga ikut tertawa karena persahabatan mereka yang lucu dan rumit. Bisa dibilang hampir semua tokoh di dalam buku ini diceritakan dengan baik, sehingga kamu seperti bisa membayangkan bagaimana Hak Chan, seperti apa plin plannya Yu Jeong, perasaan tulus Jun Hee, gigihnya Tae Woong Oppa, dinginnya Yoon Je dan cerobohnya Shi Won. 

Serial drama Reply 1997 juga sudah ditayangkan di televisi di tahun 2012 di Korea Selatan, tetapi saya belum menontonnya karena saya baru tahu setelah saya membaca novelnya 😅.

Naia Djunaedi
Naia Djunaedi ex Radio Script Writer, ex Journalist, Booklover, Blogger yang tersesat megap-megap setelah multiply diberangus...

2 comments for "Reply 1997 - Lee Woo Jung"

  1. baru tahu serial reply ada bukunya, wkwkwk...
    aku juga belum nonton nih yang Reply 1997 karena pemainnya belum ada yang menarik hatiku.
    yang udah kutonton yg 1988 dan 1994, dan yang nyangkut di hati banget banget adalah yaaaang........ Reply 1994!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku malah belum nonton dramanya sama sekali.. wkwkk.. sampe temenku waktu itu nanya, 'Ini tuh yang ada dramanya kan ya?' ku jawab gak tau karena saat itu aku emang blm tau wkwkwk

      Delete

Post a Comment