; Balance - Melly Goeslaw - SayaNaia

Balance - Melly Goeslaw

Judul Buku     : Balance
Penulis           : Melly Goeslaw
Penerbit         : Komunitas Bambu
Tahun Terbit   : Juni 2012
Tebal             : 128 Halaman
ISBN             : 978-602-9402-11-7







Siapa yang tidak kenal dengan Melly Goeslaw? Penyanyi dan pengarang lagu yang namanya sudah malang melintang di dunia musik Indonesia. Karya-karya nya banyak mengantar para penyanyi menjadi penyanyi yang namanya terkenal di masyarakat dan pecinta musik di Indonesia khususnya. Dan tanpa sengaja ketika saya selesai berolahraga di taman tempat saya biasa berlari pagi atau berjalan kaki, saya melihat rak buku di taman dan coba menengok isi buku di dalamnya. Voila, saya menemukan buku ini dan lantas meminjamnya untuk dibaca di rumah.

Buku ini bukan hanya berbicara tentang musik, tetapi juga tentang kehidupan. Banyak sekali puisi dan kata-kata indah yang teh Melly tuangkan di buku yang diberi judul "Balance" ini. Saya membacanya dalam sekali duduk ketika menunggu antrian di rumah sakit. Buku ini sarat tentang makna kehidupan yang sifatnya sementara, dan bagaimana teh Melly bertahan di dunia seni yang ia cintai dengan sepenuh jiwanya.



"Ironis sekali. Aku melihat rerumputan pagi dengan aroma yang sama dengan hari kemarin. 
Matahari siang memendarkan cahaya yang terasa membosankan, dan malam tidak lagi membuat keputusan seru sehingga mimpiku menjadi selalu sama dengan malam sebelumnya"

(Euforia feat Iri - hal. 40)


"Padahal menurutku, siapa pun yang pernah menjadi emas, mutiara, atau pun berlian, maka kilaunya tidak akan pernah padam meskipun tertimbun reruntuhan."

(Perfect Soul Mates - Hal. 61)



Di dalam buku ini juga disebutkan nama-nama penyanyi dan pemusik yang namanya melekat di hati masyarakat meski sudah lama tiada. Seperti almarhum Chrisye dengan suara merdunya yang tidak akan ada satu pun penyanyi yang bisa menyamai beliau. Atau almarhumah Nike Ardilla yang sampai saat ini namanya terus dikenang dan para penggemarnya tetap setia mendengarkan lagu-lagu yang ia dendangkan. 

Saya pribadi adalah salah satu penggemar teh Melly yang sangat menikmati karya-karya nya sejak beliau memulai debutnya bersama grup musiknya, Potret, hingga sekarang. Apakah teman-teman sudah membaca buku ini?


Naia Djunaedi
Naia Djunaedi Betawi - Cirebon - China - India - Arab Maklum. Ibu dari 3 anak, ex Radio Script Writer, ex Journalist, Bookworm, Senang menonton drama dan film, Ambivert, Senang menertawakan kehidupan, Terlahir dengan wajah jutek dan aslinya memang galak sih.. Hehehehe. Open Comission for art on Instagram or e-mail

10 comments for "Balance - Melly Goeslaw"

  1. Baru tau dari sini kalau teh Melly ternyata nulis juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama, saya juga baru tahu... Jadi kepingin beli bukunya...

      Delete
    2. Kayaknya bukunya sudah gak beredar deh mbak, tapi gak tau ya kalo di toko buku bekas mungkin ada

      Delete
  2. Diakui...saya juga kenal Melly Goeslaw

    ReplyDelete
  3. kalau diterbitkan pada 2012 maknanya dah lama laa melly terlibat dalam penulisan selain jadi penyanyi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau tidak salah ini buku kedua teh Melly, kak Anies. Saya lupa, sepertinya tertulis begitu di buku

      Delete
    2. ooo ya ke? baru tahu dia ni penulis juga

      Delete

Post a Comment