; Istilah dalam Dunia Perbukuan 3 - SayaNaia

Istilah dalam Dunia Perbukuan 3

Halo, sudah masuk weekend lagi. Di luar lagi hujan deras banget sejak tadi sore, ruang kantor sekaligus perpustakaan mini saya bocor. Hiks. Tapi Alhamdulillah buku-buku masih dalam keadaan aman, ngeri banget kalau sampai basah. Nah ngomongin tentang buku, sekalian yuk kita bahas lagi Istilah dalam Dunia Perbukuan.

Sudah lama banget ya saya membahas istilah dalam dunia buku, kalau teman-teman masih bingung, teman-teman bisa buka pembahasan saya di sini dan di sini



source image: Pinterest




Teman-teman pasti sudah gak asing dengan istilah trilogi ketika teman-teman menonton film seri. Di dalam dunia buku juga ada istilah itu. Apa saja ya? Kita bahas satu persatu ya.

  • Stand-Alone
Sesuai namanya Stand-Alone alias berdiri sendiri. Buku dengan sebutan Stand-Alone artinya cerita dalam buku tersebut selesai hanya di satu buku itu saja. Jadi kamu gak perlu galau menunggu kelanjutan kisahnya di buku berikutnya. 

Contoh buku-buku yang berdiri sendiri diantaranya: Novel Ziarah karya Iwan Simatupang. Ada juga buku-buku klasik seperti The Secret Garden atau A Little Princess karya Frances Hodgson Burnett



Stand-Alone Book (Pribadi)



  • Dwilogi
Buku dengan sebutan Dwilogi artinya buku tersebut terdiri dari dua seri dan ceritanya saling berkaitan dan masih mengusung tema yang sama.

Contoh buku Dwilogi seperti Charlie and the Chocolate Factory dan Charlie and the Great Glass Elevator karya Road Dahl. Juga Alice's  Adventures in Wonderland dan Alice Through the Looking Glass karya Lewis Carroll.


koleksi pribadi


  • Trilogi
Buku trilogi artinya buku ini terdiri dari 3 buku yang ceritanya masih saling berhubungan. 

Contohnya kisah tentang Bartimaeus dalam buku serial karya Jonathan Stroud. Tokoh Bartimaeus merupakan salah satu tokoh favorit saya dari semua buku fantasi yang pernah saya baca. Judul bukunya antara lain The Amulet of Samarkand, The Golem's Eye dan Ptolemy's Gate.



Buku Trilogi Karya Jonathan Stroud koleksi pribadi




 
  • Tetralogi
Tetra artinya empat, jadi buku dengan sebutan tetralogi berarti buku tersebut terdiri dari 4 seri yang saling berkaitan. Contohnya adalah buku karya Louisa May Alcott yang berkisah tentang kehidupan kakak beradik Meg, Jo, Beth dan Amy. Buku serial klasik yang masih digemari sampai saat ini, yakni Little Women, Jo's Boys, Good Wives dan Little Men.



karya Louisa May Alcott, koleksi pribadi



  • Pentalogi
Berdasarkan namanya penta yang artinya lima, maka buku pentalogi adalah sebutan untuk buku serial yang terdiri dari 5 buku yang ceritanya merupakan satu kesatuan. Seperti buku serial yang lain, cerita dalam buku pentalogi biasanya ada tambahan tokoh namun tidak menghilangkan tokoh-tokoh utama di dalam buku-buku sebelumnya.

Contoh buku dalam negeri yang termasuk dalam kategori pentalogi adalah buku serial Gajah Mada karya Langit Kresna Hariadi. Tapi untuk buku ini saya belum punya karena kebetulan agak sulit dicari dan masuk kategori langka. Kalau pun ada, harganya lumayan mahal.

source image: google


Sedangkan untuk buku luar, ada buku serial Hetty Feather karya Jacqueline Wilson yang juga salah satu penulis favorit saya. Tapi untuk seri ini saya baru punya empat buku saja karena agak sulit dicari. Tiga buku dalam terjemahan Bahasa Indonesia, sementara buku ke 4 dan 5 tampaknya belum ada versi terjemahan. 

  • Heksalogi
Heksa artinya enam. Buku dengan kategori heksalogi terdiri dari enam seri buku. Buku heksalogi yang terkenal di Indonesia salah satunya karya penyanyi sekaligus penulis Dee (Dewi) Lestari yaitu Supernova. Dan kebetulan saya juga belum punya bukunya, jadi gambarnya ambil dari google saja ya.


source image: google


  • Heptalogi
Hepta artinya tujuh. Buku yang paling terkenal yang juga dibuat film-nya yaitu serial Harry Potter karya penulis JK. Rowling. Tapi maaf saya juga belum punya bukunya karena belum tertarik untuk membaca. Mungkin suatu saat saya akan membacanya tapi untuk saat ini belum ya. Tadinya saya mau memasukkan serial keluarga Bliss dalam kategori ini, tetapi setelah saya baca di goodreads, tampaknya serial ini berkembang menjadi 9 buku. Dari yang awalnya disebut sebagai trilogi 😓. Ya serial The Bliss Bakery karya Kathryn Littlewood juga salah satu novel fantasi favorit saya setelah serial Bartimaeus. Tapi untuk novel ini saya baru punya 6 dari 7 buku yang diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia. Mending nunggu sampai buku 9 kali ya? Hehehehe.


source image: google


  • Antologi
Nah kalo Antologi ini bisa disebut sebagai buku hasil 'keroyokan' para penulis. Hehehe. Ya buku antologi ini artinya di dalam satu buku terdiri dari beberapa orang penulis. Biasanya buku Antologi ini berisi kumpulan cerita pendek, prosa atau puisi. Di Indonesia, penulis yang cukup aktif menerbitkan buku antologi seperti Helvi Tiana Rosa atau Asma Nadia.

Untuk buku antologi saya punya tapi belum ketemu, hahahaa. Jadi nanti saya update lagi kalau bukunya sudah ketemu ya. 

  • Prekuel
Yang terakhir adalah Prekuel, yang merupakan kisah yang melatarbelakangi buku serial yang dibuat oleh penulis. Contoh buku Prekuel yang saya punya adalah kisah dari Bartimeus karya Jonathan Stroud dalam buku The Ring of Solomon


koleksi pribadi



Sementara ini dulu ya, nanti jika ada tambahan istilah yang lain, insya Allah akan saya update lagi. Terima kasih sudah membaca sampai habis. Salam sehat 😉

Naia Djunaedi
Naia Djunaedi ex Radio Script Writer, ex Journalist, Ibu dari 3 orang anak, Bookworm, Senang menonton drama dan film, Ambivert, Senang menertawakan kehidupan, Terlahir dengan wajah jutek dan aslinya memang galak sih.. Hehehehe

3 comments for "Istilah dalam Dunia Perbukuan 3 "

  1. Terima kasih, ananda Naia. Ilmunya dalam sekali. Menambah pengetahuan.

    ReplyDelete
  2. Good books classification :D Have a great week!

    ReplyDelete
  3. pertama kali saya dengar tentang trilogi dari karya J.R.R Tolkien Lord of the ring 😀

    ReplyDelete

Post a Comment