; Istilah Dalam Dunia Perbukuan - SayaNaia

Istilah Dalam Dunia Perbukuan

Hai booklovers, apa kabar? Masih punya stok bacaan di rumah? Atau baru aja abis ngeborong buku dari event online bookstore? Kan kemarin banyak banget tuh toko buku online yang menawarkan diskon gila-gilaan menyambut hari kemerdekaan Indonesia. Saya termasuk yang beruntung kebagian diskon sih.. 😆

Ngomong-ngomong soal buku, ternyata banyak banget lho istilah-istilah menarik dalam dunia perbukuan yang berasal dari bahasa asing. Mungkin sebagian dari kalian sudah banyak yang tahu ya, nah buat yang belum tahu atau masih baru mulai mencintai buku, saya punya sedikit bocoran tentang istilah-istilah tersebut.






Abibliophobia

Agak susah ya nyebutnya 😅. Nah istilah ini cocok untuk orang yang punya phobia atau ketakutan akan kehabisan bahan bacaan. Jadi orang yang dijuluki Abibliophobia ini suka banget menimbun buku, karena mereka merasa perlu banget berjaga-jaga jangan sampai mereka kehabisan buku yang mau mereka baca. Mereka ini cenderung membeli buku lagi dan lagi walaupun sebetulnya masih banyak buku yang belum mereka baca.


Bibliophile

Nah Bibliophile ini sebutan untuk mereka yang cinta banget sama buku. Kemana pun, dimana pun orang ini berada, selalu ada buku di tangannya. Kebanyakan waktu luang mereka dihabiskan untuk membaca buku. Selain suka membaca, mereka juga merawat buku-buku mereka dengan baik. Bahkan sebagian dari mereka suka menjemur atau mengangin-anginkan buku mereka di luar rumah supaya buku-buku tersebut gak lembab dan cepat rusak.


Bibliobobuli

Kamu punya teman yang bisa menghabiskan banyak buku bacaan dalam waktu singkat? Mereka yang punya kekuatan super ini disebut Bibliobobuli. Biasanya orang-orang butuh waktu berhari-hari untuk bisa menyelesaikan membaca novel super tebal, si Bibliobobuli ini mampu menyelesaikan buku tersebut hanya dalam waktu beberapa jam saja! Dulu saya sih termasuk dalam kategori ini, tapi karena sekarang sudah ada anak-anak, kekuatan super saya ini jadi berkurang 😂.


Bookshiffer

Kamu suka membeli buku baru lalu membuka segel dan langsung mencium aromanya? Saya juga suka! Nah istilah ini khusus untuk para pecinta buku yang suka banget mengendus-endus atau mencium aroma dari buku (baru atau lama). Memang ya mencium aroma yang keluar dari buku rasanya menenangkan banget. Ternyata aroma yang timbul dari buku itu berasal dari senyawa tinta dan bubur kertas yang ketika terkena panas akan menimbulkan senyawa bernama organic volatile. Nah senyawa ini yang bikin kita merasa tenang ketika mencium aroma dari buku.


Librocubicularist

Librocubicularist ini sebutan untuk mereka yang suka banget membaca buku di tempat tidur. Kayaknya hampir semua orang suka ya membaca buku di tempat tidur, bisa dibilang tempat tidur adalah tempat paling nyaman untuk membaca buku. Tapi hati-hati ya, karena orang yang membaca buku di tempat tidur biasanya suka membaca sambil tiduran, nah ini nih kebiasaan yang bisa merusak mata kamu (ngomong sama diri sendiri 😅), makin tebal deh kacamata. 


Tsundoku

Kalo ini julukan khusus bagi orang suka banget beli buku tapi gak pernah dibaca! Kok bisa? Iya, orang ini suka beli misalnya karena suka covernya, atau mungkin cuma untuk dijadidkan koleksi aja di rumah. Bahkan pernah ada penyanyi Indonesia yang mengaku suka beli buku untuk dijadikan peredam suara di kamarnya! Hmm..


Kalau kamu tipe yang mana nih?
Naia Djunaedi
Naia Djunaedi ex Radio Script Writer, ex Journalist, Booklover, Blogger yang tersesat megap-megap setelah multiply diberangus...

2 comments for "Istilah Dalam Dunia Perbukuan"

  1. aku mah kayanya sepertiga bookshiffer, sepertiga librocubicularist, sepertiga Tsundoku :))

    ReplyDelete

Post a Comment

Berlangganan via Email