; Tongseng Sapi Simpel dan Mudah - SayaNaia

Tongseng Sapi Simpel dan Mudah

Halo semua, apa kabar? Semoga senantiasa dalam keadaan sehat ya. Saya mau kasih resep masakan yang simpel dan mudah untuk dibuat. Dan masakan ini sudah sering saya buat di rumah karena anak-anak suka banget.





Tongseng Sapi

Bahan : 

  • 500 gr daging sapi 
  • Kol / kubis ¼ bagian
  • daun bawang atau bawang prei
  • 1 buah tomat
  • buncis atau kacang panjang (opsional)

Bumbu Halus :
  • 5 siung bawang merah
  • 2 siung bawang putih kating (karena lebih wangi)
  • 2 buah kemiri
  • 2 ruas kunyit

Bumbu Pelengkap:
  • 1 ruas lengkuas (geprek)
  • 1 ruas jahe (geprek)
  • 2 lembar daun salam
  • 2 lembar daun jeruk (buang bagian tulang)
  • 1 batang sereh (geprek)
  • ketumbar bubuk
  • lada
  • gula 
  • garam
  • penyedap rasa (jika suka, ini saya skip karena saya gak pakai)
  • 2 sdm kecap manis

Cara membuat:

  • Potong2 tipis daging sapi
  • uleg atau blender bumbu halus (bawang merah, bawang putih, kemiri dan kunyit)
  • Panaskan minyak, tumis bumbu halus, masukkan lengkuas, jahe, sereh, daun salam, ketumbar bubuk, sampai wangi.
  • Masukkan daging sapi, tumis sampai berubah warna
  • Masukkan air secukupnya, rebus hingga mendidih.
  • Tambahkan gula, garam, lada dan kecap manis. Kalo teman-teman suka boleh tambahkan penyedap rasa atau kaldu bubuk ya. 
  • Setelah mendidih, masukkan sayuran seperti kol, buncis atau kacang panjang dan tomat. Boleh  juga menambahkan potongan cabai rawit merah kalau teman-teman suka makanan yang pedas. Kalau saya skip cabai karena anak-anak belum bisa makan pedas.
  • Tes rasa dan cek apakah dagingnya sudah empuk. 
  • Jadi deh tongseng sapi ala rumahan


Isian sayurannya juga bisa berubah-ubah sih, tergantung apa yang tersedia di kulkas. Dan kalau mau pedas, biasanya saya bikin sambal terpisah. Entah sambal goreng atau sambal mentah juga enak, semua tergantung selera saja.

Alhamdulillah anak-anak suka dengan masakan ini karena visualnya menarik ya, berwarna-warni. Kebetulan anak-anak di rumah memang suka banget makan sayur, dan kalau saya memasak, sayurannya mesti beragam warna. Kalau sehari gak makan sayur? Mereka bisa protes 😅. 

Nah! Selamat mencoba 😉
Naia Djunaedi
Naia Djunaedi ex Radio Script Writer, ex Journalist, Ibu dari 3 orang anak, Bookworm, Senang menonton drama dan film, Ambivert, Senang menertawakan kehidupan, Terlahir dengan wajah jutek dan aslinya memang galak sih.. Hehehehe

16 comments for "Tongseng Sapi Simpel dan Mudah"

  1. tongseng tu apa ya..sup ke? atau tomyam?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mirip dengan sup daging, kak Shida, tapi warna kuahnya kuning kerna memakai kunyit, biasanya juga ditambah dengan santan kelapa

      Delete
  2. Wah, aku jadi ingin makan tongseng sapi deh kak. Enak kayaknya. Mana lagi visualnya memang menggugah selera sih. Mauuu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo bikin, mbak.. kalo sayurnya warna warni bikin tambah menarik ^_^

      Delete
  3. Apalah dayaku yang kalo makan sayurnya pake indomie hehe.... Jadi ngiler liat sayur tongseng gitu

    ReplyDelete
  4. Tongseng sapi menurut aku enak sih, tapi saya lebih kebiasaan makan rendang sapi kak, tapi bolehlah di coba dengan resep yang sudah kakak sajikan. Thanks kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo, hehehe rendang memang enak ya, saya juga suka banget.. tapi belakangan saya lagi ngurangin makanan berlemak banyak krna takut kolesterol. selamat mencoba ya ^_^

      Delete
  5. aku juga sama lho suka sayur :D.. karna basiknya gak begitu doyan daging hihi.. wah dari tampilan makananya aja menarik ya, pantesan anak-anaknya jadi doyan banget :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah sama nih, anak2ku juga kurang suka makan daging, mereka lebih suka makan ikan. Tapi kadang2 bingung kan ya kalo dapet daging pas idul adha.. wkwkwk makanya aku iseng bikinin tongseng, eh Alhamdulillah mereka suka.

      Delete
  6. Nyari Kol, daun bawang, tomat, buncis dan bumbu bumbunya itu gampang sih, cuma nyari daging sapinya yang agak susah, kecuali tanggal muda.😅

    ReplyDelete
    Replies
    1. ahahaha ini juga daging sapi dikasih sama om yang qurban waktu itu, dari pada nganggur di freezer gak diapa2in kan.. Saya juga jarang beli daging, Mas, krna anak2 lebih suka makan ikan

      Delete
    2. Kalo aku kadang masih beli daging sapi sih. Disini kan ada warung makan Padang yang harganya serba 10 ribu termasuk sama daging sapi ini.

      Biarpun dagingnya sekilo dipotong kecil-kecil jadi 40 yang penting masih daging 🤣

      Delete
  7. pinter anak anak kak naia suka sayuran..ibuknya telaten nih nanemin si kakak dan si kembar supaya suka sayur

    aku mau save...aku sika banget loh tongseng....tapi biasanya aku ganti kambing kak...ntar mau aku tambahin nenas juga biar jreng..sweger..otw praktikkan recipenya ah ^^

    ReplyDelete
  8. Terima kasih telah berbagi resep, Sangat bermanfaat, ananda Naia. Izin copat ya. He he ... sudah dicopast baru kasih tahu. Selamat sore. Selamat bersenang-senang bersama keluarga.

    ReplyDelete
  9. Aku sama paksu termasuk pecinta tongseng mbak, pernah kami sekali coba masak tongseng sendiri, lah rasanya kok bukan kaya tongseng, kaya sup daging biasa, ga ada khasnya wkwkwkk

    ReplyDelete

Post a Comment