; Matilda - Roald Dahl - SayaNaia

Matilda - Roald Dahl

Judul Buku      : Matilda
Penulis            : Roald Dahl
Ilustrasi           : Quentin Blake
Penerbit           : Puffin Books (Penguin Group)
Tahun Terbit     : 2007
Tebal               : 240 Halaman
ISBN               : 978-0-14-241037-0




"If you are good, life is good"



koleksi pribadi





Matilda, gadis kecil berusia 4 tahun yang sangat menyukai buku. Ia mengunjungi perpustakaan sekali dalam sepekan. Buku kesukaannya adalah The Secret Garden karya Sir Frances Hodgson Burnett. Dan semua buku anak-anak di perpustakaan sudah ia baca. Sampai akhirnya ia bertanya kepada petugas perpustakaan, buku apa lagi yang sebaiknya ia baca.

Mulanya Mrs. Phelps mengira bahwa Matilda hanya senang melihat-lihat buku bergambar. Namun rupanya tidak, Matilda membaca buku-buku bahkan buku yang tidak bergambar. Mrs. Phelps merekomendasikan buku Great Expectation karya Charles Dickens, dan ternyata Matilda menyukai buku itu juga. Bisa dikatakan Matilda adalah anak yang cerdas dan berpikir dewasa.




"I'm wondering what to read next", Matilda said. I've finished all the children books as well".
"You mean you've looked at the pictures?"
"Yes, but I've read the books as well"





Sayangnya ia tumbuh di tengah keluarga yang sangat sibuk dengan kegiatannya masing-masing. Bahkan ibunya, selalu meninggalkan Matilda di rumah. Setiap sore, ia pergi untuk bermain bingo bersama teman-temannya. Matilda yang merasa bosan lantas mencari kegiatan yang menyenangkan dan akhirnya ia mengunjungi perpustakaan untuk meminjam buku.

Matilda meminta agar ayahnya mau membelikannya buku agar ia tidak bosan saat sedang sendirian di rumah. Namun ayah menolaknya. Beruntung Matilda bisa meminjam satu buku dalam seminggu untuk kemudian mengembalikannya dan kembali meminjam buku dengan judul yang lain. Kamar tidur Matilda kini menjadi tempat yang nyaman untuknya membaca buku.

Pemikiran gadis kecil itu terus berkembang karena ia sangat rajin membaca buku. Matilda adalah gadis kecil yang bijaksana, namun orang dewasa merasa terganggu dan menganggapnya sebagai anak yang sok tahu. 

Saya tidak tahu apakah buku ini diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia atau tidak, karena saya belum pernah melihatnya di toko buku. Tetapi saya merekomendasikan buku ini bagi teman-teman yang menyukai buku bergenre cerita anak.




Naia Djunaedi
Naia Djunaedi ex Radio Script Writer, ex Journalist, Ibu dari 3 orang anak, Bookworm, Senang menonton drama dan film, Ambivert, Senang menertawakan kehidupan, Terlahir dengan wajah jutek dan aslinya memang galak sih.. Hehehehe

6 comments for "Matilda - Roald Dahl"

  1. It must be an interesting book. I also read The Secret Garden, I really liked this book. Kind regards.

    ReplyDelete
  2. matilda si ulat buku. itu judul yang sepatutnyašŸ˜

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul kak, semua buku sudah habis dia baca.. hehehe

      Delete

Post a Comment