; Obrolan Ramadhan - SayaNaia

Obrolan Ramadhan

Halo teman-teman apa kabar? Semoga selalu dalam keadaan sehat ya 😊. Cita-citanya pingin bisa rajin menulis seperti dulu-dulu, apa daya ketika Ramadhan jam biologis berubah. Hahhaaha. Hush puasa bukan alasan untuk bermalas-malasan. Sebetulnya bukan karena puasanya ya, tetapi kita bulan Ramadhan memang waktu rasanya berjalan lebih cepat dari biasanya. Saat mau mengerjakan sesuatu, tiba-tiba sudah adzan maghrib, lalu tarawih, lalu tiba-tiba harus bangun lagi menyiapkan menu sahur. 

Pas awal Ramadhan kemarin saya sempat sakit agak lama, seminggu lebih ya, karena asma saya kambuh, lalu berlanjut jadi flu dan batuk.  Gak tau nih kayaknya ada pola yang harus saya ubah. Tapi bisa jadi saya sakit juga mungkin karena agak stress terlalu banyak yang dipikirin. 😅

Cuaca bulan Ramadhan tahun ini cukup adem kalau di Jakarta, entah kalau di wilayah lain. Kalau pun panas, rasanya tidak sepanas hari-hari biasanya atau ketika bulan Ramadhan yang lalu.  Tapi ya cuaca yang gampang berubah-ubah dari panas sebentar tiba-tiba angin lalu hujan deras dan terus berulang hampir tiap hari, tentu bisa bikin badan jadi babak belur ya kalau gak diimbangi dengan asupan cairan dan istirahat yang cukup ketika malam hari. 


lampu tidur sekaligus diffuser ketika asma saya kambuh


Tantangan ketika bulan Ramadhan itu bukan hanya harus menahan lapar dahaga atau emosi ya. Tetapi bagi ibu-ibu, tantangan lainnya ada memikirkan menu berbuka dan sahur. Hehehehe. Apalagi kalau ada anak-anak yang baru belajar berpuasa. Mikir keras deh ya mau masak apa supaya anak-anak semangat belajar puasanya. Kalau ayah ibunya, bikin telor ceplok atau goreng tempe juga sudah cukup. Siapa di sini yang bingung menyiapkan menu selama bulan Ramadhan? Bukan cuma saya aja kan ya? 👀 Kalau iya, berarti saya gak sendirian, Alhamdulillah 😆.

Padahal sih ketika adzan maghrib, minum teh panas rasanya dunia dan seisinya menjadi lebih indah. Hahaha. Kayaknya sudah cukup bahagia banget, menu makannya mah apa juga jadi yang penting cukup untuk mengisi perut yang kosong selama seharian berpuasa. Tapi ketika puasa ada makanan yang saya suka, kolak ubi. Kolak ubi biasa ya, bukan kolak biji salak. Dan sayangnya di sekitar rumah saya agak susah nemuin pedagang yang menjual kolak ubi versi original ini. Hahaha. Mungkin karena terbiasa waktu kecil dimasakin mama, jadi rasanya lebih istimewa.


source image: cookpad


Yang penting untuk diingat ketika berbuka adalah makan secukupnya saja, supaya tubuh kita gak kaget menerima makanan yang masuk karena seharian perut kosong. Dan jangan lupa minum air putih 8 gelas sehari, supaya tubuh kita terhindar dari dehidrasi. Kalau di rumah, saya pakai botol besar ukuran 2 liter yang sengaja saya simpan di kamar supaya lebih mudah dijangkau. Ada cara lain selain dengan botol minuman?


Tips mudah minum air putih yang cukup saat bulan Ramadhan:

1 gelas ketika berbuka puasa
1 gelas setelah shalat maghrib
1 gelas gelas saat makan malam (kalau saya biasanya berbuka tidak langsung makan makanan yang berat) 
1 gelas setelah shalat isya
1 gelas setelah shalat tarawih
1 gelas sebelum tidur
1 gelas saat bangun tidur (ketika hendak memasak menu sahur)
1 gelas ketika sahur



Kalau saya biasanya minumnya bisa lebih dari 8 gelas sehari 😅, apalagi ketika malam dan sahur itu sudah pasti banyak minum. Mungkin lagi-lagi karena kebiasaan sejak kecil. Kebiasaan yang ditanamkan mama saya dulu. Makanya gak heran kulit mama saya bagus dan cerah padahal beliau dulu sudah berusia di atas 50 tahun.

nah, bagaimana dengan teman-teman?


Naia Djunaedi
Naia Djunaedi Betawi - Cirebon - China - India - Arab Maklum. Ibu dari 3 anak, ex Radio Script Writer, ex Journalist, Bookworm, Senang menonton drama dan film, Ambivert, Senang menertawakan kehidupan, Terlahir dengan wajah jutek dan aslinya memang galak sih.. Hehehehe. Open Comission for art on Instagram or e-mail

10 comments for "Obrolan Ramadhan"

  1. syafakillah ya... tak dinafikan perubahan cuaca juga boleh mempengaruhi kesihatan jadi jaga diri baik2 ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin.. Terima kasih kak Anies, memang sejak terpapar Covid rasanya lebih mudah sakit..

      Delete
  2. Sayafakillah Ya Kak. Teddy juga kurang lebih sama asupan air putihnya, apalagi kalau banyak makan makanan yang buat batuk, Ibu selalu suruh banyak Minum air putih.

    Tapi kalau habis magrib agak jaga-jaga kalau Minum airnya, karena khawatir saat Tarawih malah pengin buang air kecil.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin.. Terima kasih Teddy, sehat2 selalu juga. Betul, kalo bisa jangan tunggu sampai sakit baru mau banyak minum

      Delete
  3. Minal aidin wal faizin kak naia,,

    ReplyDelete
  4. Waaah baca ini setelah lebaran, cepet banget yaaa Ramadhan berlalu. Semoga tetap sehat selaluuu mba. Kalau saya dibanding kolak ubi, lebih suka kolak labu kuning, gatau kenapa yaa suka aja gitu.
    Nah untuk konsumsi air putih, kayaknya saya masih kurang sih. Perlu diperbaiki lagi kebiasaan nya kali yaaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh iya kolak labu kuning juga enak, teksturnya lembut ya.. Saya juga suka kelewat minum air putih, apalagi kalo pas anteng di depan PC, makanya harus sedia botol minum yang ukuran 2 liter biar gak lupa

      Delete
  5. Bagi bunda minum air putih malam hari itu tak ada kendala. Yang jadi problem itu sering buang air hingga mengganggu tidur. Salam sejahtera untuk keluarga di sana, ananda Naia.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bun, repotnya kalau banyak minum sudah pasti harus siap bolak balik ke toilet.. hehehehe

      Delete

Post a Comment