; Pengalaman Saat Menjadi MABA - SayaNaia

Pengalaman Saat Menjadi MABA

Ini cerita ketika saya menjadi Mahasiswa Baru alias MABA di tahun 2003. Waktu itu kakak kelas kami dari satu Fakultas di salah satu Perguruan Tinggi Swasta di Jakarta mengadakan acara penyambutan bagi kami para MABA. Ya biasalah, setelah Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus alias OSPEK, kayaknya gak lengkap kalo kakak mahasiswa dari Fakultas gak ngadain acara juga. Bener gak? 👀. Persiapannya seperti biasa, membawa ransel yang berisi pakaian bersih, perlengkapan shalat, air mineral, lampu senter, perlengkapan mandi dan obat-obatan pribadi.


Mahasiswi Lama 



Saya agak lupa nama tempatnya, kalau gak salah waktu itu kami menginap di salah satu villa di wilayah Mega Mendung. Rutenya agak berkelok jadi sampai sana sudah menjelang maghrib. Rencana awal kami harusnya menginap di tenda yang sudah disediakan, tapi karena hujan turun deras banget dan posisi tenda ada di dekat mushola dekat sungai kecil di bawah air terjun, jadilah tendanya banjir, dan kami yang perempuan tidur di villa yang seharusnya hanya ditempati oleh kakak mahasiswi. Nah mahasiswa semua tidur di mushola. 

Begitu jam 2 pagi, kami dibangunkan untuk berkumpul di depan villa. Mahasiswi baru harus berjalan berdua dalam satu kelompok, sementara mahasiswa sendirian saja untuk mencari pos-pos dan menjawab pertanyaan yang bakal diajukan oleh kakak kelas. Masing-masing dari kami memegang satu batang lilin dan harus dijaga jangan sampai padam. Karena kalau sampai padam, artinya kami baru bisa menyalakannya kembali setelah kami sampai di pos pemberhentian. 

Dari villa, kami harus menanjak ke bukit yang di sebelah kanannya banyak sekali pohon besar seperti hutan, sementara di sebelah kiri jurang. Jadi salah langkah ya bisa terguling, apalagi kondisi saat itu habis turun hujan. Jarak antara kelompok masing-masing lumayan jauh, jadi kami gak bisa saling menyusul atau tiba-tiba ketemu di jalan terus jadi jalan bareng ke pos.

Ini agak curang sebenarnya, jadi setelah yang laki-laki jalan semua, kami yang perempuan dibekali lampu senter, tapi hanya 1 orang saja yang bisa pegang dan baru bisa dipakai kalau lilinnya padam sementara jarak menuju pos masih jauh. Awalnya semua baik-baik saja, sampai saya merasa ada kejanggalan ketika saya sampai di bukit. Di atas bukit, tiba-tiba ada aroma wangi seperti bunga melati tapi hanya selewatan saja. Saya pikir ah paling ada pohon melati yang tumbuh di sekitar situ.

Tapi saat hendak turun dari bukit begitu saya lihat ke bawah, ada sosok perempuan berkerudung putih yang berjalan di depan kami. Dan ketika sosok itu hampir menengok ke belakang, lalu saya istighfar dan tiba-tiba sosok itu hilang begitu aja. Saya sempat berhenti sebentar karena kaget, lalu teman saya yang kebetulan orangnya super panik, kaget karena saya tiba-tiba berhenti. Waktu dia tanya ada apa, saya bilang gak ada apa-apa, karena takut dia panik. 

Begitu sampai pos pertama, kakak mahasiswa sempat memanggil saya beberapa kali karena saya masih bingung dengan yang saya lihat, sementara lilin sudah meleleh di tangan. Dia sempat tanya karena khawatir setelah lihat banyak bekas lelehan lilin menempel di tangan saya. Tapi saya bilang gak apa-apa dan mau terus lanjut ke pos berikutnya.

Di perjalanan menuju pos 2, kami harus melewati jembatan cukup panjang, masih dengan lilin yang sama. Ketika jalan, entah mengapa pandangan mata saya seperti ditarik supaya melihat ke atas pohon. Saya gak tahu itu pohon apa, tinggi sekali dan gak mungkin bisa dipanjat orang, apalagi dini hari kan? Tetapi ada sosok yang berdiri di atas ranting pohon, pakaiannya putih. Duh. Jago banget kan ya bisa berdiri tanpa pegangan tangan dan gak takut jatuh. Sudah mulai agak deg-degan sebenarnya, tapi saya berusaha tenang dan terus berdzikir dalam hati. Berusaha berpikir positif kalau itu cuma kakak mahasiswa yang lagi iseng cosplay di atas pohon entah bagaimana cara dia naik atau turun karena tinggi banget. 😅

Setelah itu Alhamdulillah perjalanan kami aman sampai ke pos-pos berikutnya tanpa ada kendala. Hanya sempat melihat ada cosplay lontong putih sedang rebahan di atas tikar, dan saat itu saya tahu kalau itu pasti kakak mahasiswa. 

Kami sampai kembali ke villa pas jam 5 pagi. Setelah bersih-bersih dan shalat shubuh, kami berkumpul. Ada satu kakak mahasiswa yang kebetulan (ternyata) teman abang saya di SMA, dia tanya kondisi saya karena cerita tentang lilin meleleh sudah ramai 🙈. Pas dia tanya 'memang kamu gak merasa tanganmu panas?'. Saya jawab mungkin karena saat itu dingin jadi saya gak merasa kepanasan sama sekali, padahal begitu turun ke mushola, sekitar jari telunjuk dan ibu jari saya sudah merah-merah.

Kakak mahasiswa cerita kalau mereka sengaja mengerjai kami dengan kostum lontong putih, dan semua MABA juga lihat itu. Lalu saya gak sengaja bilang dan tertawa kalau saya juga lihat perempuan berkerudung putih dari atas bukit, dan orang bergamis putih di atas pohon di dekat sungai. Tiba-tiba mereka kaget karena saat itu kakak mahasiswi sama sekali gak turun dan gak ada yang memakai kerudung putih. Dan mereka bilang kalau di atas bukit di sebelah kanan itu area makam. Soal ada yang naik-naik ke atas pohon tinggi, mereka bilang gak berani mengerjai sampai sebegitunya. Artinya mereka hanya mengerjai dengan pura-pura menjadi pocong saja. Gantian saya yang ketawa karena shock. Dan mereka akhirnya paham mengapa saya gak merasakan apapun ketika lilin panas meleleh di tangan. 
Naia Djunaedi
Naia Djunaedi Betawi - Cirebon - China - India - Arab Maklum. Ibu dari 3 anak, ex Radio Script Writer, ex Journalist, Bookworm, Senang menonton drama dan film, Ambivert, Senang menertawakan kehidupan, Terlahir dengan wajah jutek dan aslinya memang galak sih.. Hehehehe. Open Comission for art on Instagram or e-mail

14 comments for "Pengalaman Saat Menjadi MABA "

  1. Pengalaman kegiatan malam itu emang sering berhubungan ama horor.
    Saya pas kemah juga pernah beberapa kali ngalamin, serem sih.
    Tapi nggak tau mau gimana juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Mas, apalagi posisinya di tempat asing kan, ya udah pasrah aja. Hehehehe

      Delete
  2. Seram betul ni Naia. Maksudnya yang Naia nampak tu bukan jelmaan jadian kakak mahasiswa. Sebaliknya memang 'sesuatu' muncul di situ. Terus kakak mahasiswa pun jadi kaget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak, saya masih ingat betul kejadian2 itu. Memang agak aneh juga karena ukuran tubuhnya juga lebih besar sedikit dari ukuran manusia normal. Tapi saya berusaha tenang dan membaca do'a yang nenek saya ajarkan tuh 'AudzubikalimatilLahi tammati min syarri maa kholaq'.

      Delete
  3. Saya setuju sih dengan pemikiran mbak Naia kalo sosok putih yang nangkring di dahan itu mungkin Kakak mahasiswa yang lagi cosplay di pohon buat ngetes Maba. Mungkin naiknya pakai helicopter kan.😄

    Terus perempuan berkerudung putih yang tiba-tiba ngilang setelah menengok, siapa tahu ia memiliki baju super invisible man, jadi begitu dipencet tombolnya langsung menghilang dari pandangan.😁

    Kaboooorrr 🏃🏃💨

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahhaah positive thinking aja dulu.. walaupun itu tidak mungkin.. wkwkwk

      Delete
  4. Haha jd seniornya yg dikerjain,,,

    Btw perempuan berkeruding putih itu yg mana?? Yg poto diatas itu kah??? Hihihi
    Ahh gak serem kok,, malah unyu2 gimana gitu hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha harusnya mereka juga dikasih liat ya, biar kapok ngerjain orang.

      Hehehehe apaan dah, pas balik jakarta udah sampe kampus, kakak kelas pada rebutan mau nganter pulang wkwkwk aku tolak semuanya (sok cakep)..

      Delete
    2. Haha kenapa ditolak kak nai,, kan bisa bales dendam ngerjain seniornya,,,

      Delete
    3. Hahahaha belum kenal banget, takutnya malah udah pada punya cewek soalnya ganteng2 begitu, Terlalu ganteng juga pusing liatnya.. Hahahaha

      Delete
  5. ya Alloh ya Rob apaan yuh ya yang pake kerudung putih naik pohon dan di area kuburan juga gamis putih...#aku merinding kak...soalnya kakak senior maba cuma pura pura jadi lontong putih aja alias candy ghost huft seram hahahhaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. candy ghost wkwkwkwkw... tolong ih Mbul.. wkwkwk

      Kalo kerudung putih itu kayaknya udah agak tua ya dari caranya berjalan, agak bungkuk, tapi ngapain coba nenek2 keliaran jam 2 pagi? Kalo yang di pohon agak tinggi besar juga sih, kakak mahasiswa ada yang tinggi tapi gak setinggi itu juga

      Delete
  6. Wkwkwkekwk ya Allah jurit malam begini aku paling benciiiii. Tapi syukurnya tiap ngalamin ga pernah aneh2, mungkin Krn aku ga dikaruniakan kemampuan itu ya mba. Jadi ga ngerasa dan ga melihat apa2 :D. Kebayang aja bagi yg bisa. sepanjang jalan pasti horor bawaan dan yg diliat :(.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Samaaaa, aku juga gak suka. Mending kalo cuma lihat aja gak minta ikut, yang repot itu kalo udah ikut. Pusing kepala. Sampe mau tidur atau mandi aja susah karena dia terus ngikutin (-_-)

      Delete

Post a Comment