; Kurus Tidak Perlu Olahraga? - SayaNaia

Kurus Tidak Perlu Olahraga?

Hai apa kabar? Maaf ya kayaknya saya kelamaan gak muncul di blog. Saya sedang fokus terapi mental beberapa bulan ini. Nanti insya Allah saya ceritain satu-satu ya (termasuk cerita pendakian Papandayan karena saya sedang mengumpulkan foto-foto pendakian di laptop). Beberapa bulan ini saya mulai rutin berolahraga, jalan pagi dan angkat beban. Biasanya saya cuma yoga saja di rumah, tapi karena tahun ini asma sering kambuh, gak ada salahnya kalau saya mencari udara segar gratis di luar rumah. 






Awalnya saya lari pagi, bukan lari cepat sih, tetapi lari santai dengan pace lambat dan stabil karena memang tujuannya cuma untuk melatih napas dan kekuatan kaki. Tahulah ya engkel kaki kanan saya pernah lepas ketika pandemi. Jadi mesti hati-hati banget kalo jalan, apalagi lari!

Lalu karena tiba-tiba saya dibawa ke IGD (tahun ini 4 kali dibawa ke IGD tengah malam dan rawat inap 2 kali), jadilah dokter menyarankan saya untuk jalan kaki saja setelah pemulihan dari rumah sakit. Gak boleh lari dulu nih ceritanya. Ya sudah nurut aja deh dari pada ambruk lagi. Walau pun kaki gatal banget rasanya pengen lari-lari kecil gitu. Hahaha. Tahaaaannnn..

Tapi ya namanya manusia ya, apalagi yang bentukannya kayak saya gini, tiap hari kena julid dari beberapa pengunjung yang sebenarnya gak pernah saya lihat di taman tempat saya berolahraga. Saya ke taman 5x seminggu, kecuali kalau kebetulan ada jadwal kontrol ke psikiater, biasanya bolong sehari tuh. 

Julidnya kayak apa sih? 'Lihat tuh, badan udah kurus kering begitu masih aja olahraga'. Bahkan ada sekelompok ibu-ibu tiba-tiba nyeletuk 'ayo olahraga, kalau udah putih kurus jangan olahraga lagi, kayak bihun entar!' Lantas saya nengok dan senyum, si ibu langsung menutup mulutnya dan teman di sebelahnya bilang 'ih elu mah, nyablak banget sih mulut lu, berisik banget komentarin orang terus' sambil menepuk bahu temannya. Tentu saja, kelompok ibu-ibu ini belum pernah saya lihat, dan mereka kesana untuk membuat video tiktok dengan kostum 'stabilo warna-warni' (teman saya bilang kostum stabilo untuk seragam senam πŸ˜…).





Ada lagi komentar ketika kebetulan saya sedang latihan untuk pendakian selanjutnya. Beberapa hari itu saya membawa tas carrier berisi beberapa botol air dengan berat tas sekitar 6 kilogram. Target latihan 5 kilometer dengan kontur jalan menanjak dan menurun yang cukup pas untuk latihan mendaki. Seperti biasa saya melihat orang-orang yang bisa berolahraga di taman, dan mereka sibuk dengan aktivitas masing-masing. Tapi, begitu saya jalan ke tengah ada saja orang yang menengok lantas tertawa, bahkan ada yang terang-terangan menyindir 'Ini taman, bukan gunung! Ngapain bawa-bawa tas begituan di taman, salah tempat!'Ada pula yang bilang 'lihat tuh, gedean tas dari pada orang yang bawa tasnya' dan sepasang (mungkin kekasih) ini tertawa. 

Di rute menanjak, ada orang-orang yang duduk piknik yang lantas tertawa dan mengomentari saya dengan kalimat-kalimat yang harusnya sih gak etis untuk mereka keluarkan. Dan itu terjadi berulang-ulang karena saya berkeliling taman sebanyak 10 putaran. Sampai pada putaran terakhir, ketika mereka mulai melempar kalimat menyindir, lantas saya menengok dan memasang senyum paling manis yang saya punya. Dan apa yang terjadi? Mereka diam, mendadak sepi dooong. Dan mereka pura-pura sibuk ambil ini itu di alas duduk mereka, ada juga yang pura-pura sibuk dengan gawai nya.






Dari sini jelas sekali terlihat, orang-orang yang rajin berolahraga tidak saling mengganggu. Mereka fokus dengan latihan mereka masing-masing. Sementara orang-orang yang datang ke taman untuk olah rahang atau foto-foto, bisa julid dan semena-mena mengomentari orang lain. Lantas, apakah orang kurus tidak perlu berolahraga?
Naia Djunaedi
Naia Djunaedi Betawi - Cirebon - China - India - Arab Maklum. Ibu dari 3 anak, ex Radio Script Writer, ex Journalist, Bookworm, Senang menonton drama dan film, Ambivert, Senang menertawakan kehidupan, Terlahir dengan wajah jutek dan aslinya memang galak sih.. Hehehehe. Open Comission for art on Instagram or e-mail

12 comments for "Kurus Tidak Perlu Olahraga?"

  1. Wah saya sendiri termasuk ukuran kurus mbk...pokoke berat saya tuh jauh banget dari ideal, suka agak gimana gitu kalo ngumpul ama yg badannya semogh wkwkk...nah ini kadang yg sering juga jadi debat,kurus gak perlu olahraga, la ntr kalo sakit piye toh..emng sih Olga saya ga berat, palingan jalan aja mbk..yg penting gerak..hayuuk semangat Olga nyaπŸ˜€πŸ’ͺ

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama mbak, aku 158 bb cuma 45Kg. Sekarang rutin jalan cepat aja, kalo dulu sering jogging. Sekarang ngikutin badan aja, sekuatnya. Yang penting badan bergerak dan gak kaku

      Delete
  2. Ya ampun, kalo saya digituin langsung saya tonjok orgnya mbak... sekalian saya ajak olahraga gulat... badan saya jg kurus mbak... tp kalo ada yg ngledek, saya samperin maunya apa. Itu khusus saya ya mbak, jgn ditiru ya. hehe....

    Pantes gak nongol2, saya cm bisa bantu lwt doa, agar mbak cpt pulih, cpt sehat... aamiinn... dan bs ngeblog lg.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mas, ini juga sebenernya masih pemulihan, habis demam kemarin tuh. Cuma gatel banget pengen nulis di blog lagi, karena banyak yang nanyain juga. Mudah-mudahan bisa aktif lagi. Kalo nonjok orang mah aku udah gak berani, Mas. wkwkwk ngeri di-videoin trus masuk sosmed

      Delete
  3. Wah mb, klo judulnya kurus tidak perlu olahraga, mungkin aku salah satu membernya. Hehe
    Aku ga tau kenapa, kalau aku ini dikatakan kurus menurut seklilingku. Pdahal banyak yang bilang setelah nikah pasti bentuk tubuh akan berubah, berkembang kayak dikasih fermipan gitu, tapi nyatanya tidak. Sejauh ini, ini yang paling jauh rekor berat badan dengan tinggi 159, mencapai 49kg setelah menikah 5 thn. Sebelum nikah, untuk catatan ke pukesmas ngasal 42kg, padahal dibawah itu. Haha

    Untuk olahraga ini, aku kek mager banget (ini ga layak di sebut sih) kwkwk, padahal olahraga itu biar sehat kan, jadi kurus tapi kondisinya sehat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku pun begitu mbak, BB ku pernah cuma 39kg aja. Terakhir sempat stabil di 48kg, tapi trus turun lagi jadi 45kg. BB ku yang paling bertahan lama biasanya kisaran 40-43kg aja. Kalo bisa tembus 45kg udah Alhamdulillah banget, bedanya sekurus apa pun aku, pipiku tetap chubby, jadi masih ditolong pipi. Hehehehe

      Delete
  4. boleh saja orng kurus berolahraga kerana mahu kekal sihat dan cergas selalu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul bang, saya berolahraga supaya tetap sehat dan kuat ketika tua nanti

      Delete
  5. sy tak berlari tapi banyak berjalan. belum kurus lgi🀣🀣

    ReplyDelete
  6. chaiyok naia chaiyok!πŸ’ͺπŸ’ͺ

    ReplyDelete
  7. Itu di taman mana yg pada julid πŸ˜‚.. dengki banget yaa jadi manusia, bingung loh aku. Dan kliatan ga pinternya.. mau kurus atau gemuk, massa otot kita bakal semakin berkurang krn usia. Efeknya bakal ke tulang keropos, ngilu sendi etc.

    Supaya ga kejadian, ya memang hrs olahraga, trutama workout beban. Biar makin tua, tulang ttp kuat dan bisa diajak traveling atau kegiatan apapun πŸ˜„πŸ˜.

    Yg julid-in mba, mungkin memang bercita2 pas tua ttp baring di kasur kali Krn tulangnya udh ga kuat🀭

    ReplyDelete
  8. Wah serem, kok bisa sih julid gitu ya. Olahraga mah buat semua orang, baik gemuk maupun kurus. Orang yang normal juga berhak kok.

    Kalo aku olahraga malah kadang orang heran, kok tumben olahraga. Soalnya memang jarang olahraga..πŸ˜‚

    ReplyDelete

Post a Comment