; Apakah Usia Hanyalah Angka? - SayaNaia

Apakah Usia Hanyalah Angka?

Halo Juli, wah gimana nih kaum rebahan, lagi asyik scroll instagram, facebook, reels, tiba-tiba udah lewat setengah tahun aja πŸ˜…. Gimana dengan resolusi awal tahun yang sudah teman-teman rancang? Sudah mulai ada perubahan? Atau masih diam di tempat? Semangat  terus ya, belakangan ini hidup kayaknya terasa agak berat bagi sebagian orang, tapi bukan berarti kita nyerah dong? Jangan nyerah ya, tetap semangat sesulit apa pun jalan yang harus ditempuh. 

Hidup saya gimana? Ya masih gini-gini aja sih, rutinitasnya masih sama. Tapi selama anak-anak libur sekolah, saya bisa agak santai karena gak harus ribet nyiapin bekal makan siang anak-anak jam 4 pagi. Alhamdulillah juga si kembar sudah dapat sekolah dan insya Allah bulan depan mulai masuk ke sekolah dasar. Walau pun gagal masuk di sekolah pilihan pertama karena umur mereka kurang 3 bulan! Tapi syukurnya 'emaknya' bisa berlapang dada dan menerima. Lho kok emaknya? πŸ˜† Karena emaknya mau si adik-adik ini bisa masuk di sekolah yang sama dengan kakaknya dulu, karena tahu kualitas bapak dan ibu guru di sana yang benar-benar bagus mendidik anak-anak. Tapi sekolah yang ini gak kalah bagus kok, hanya saja bukan sekolah dengan basic agama seperti kakaknya dulu.




mereka hanya mirip





Oh iya ngomongin soal sekolah, ada yang menarik dari obrolan saya dengan bapak gojek yang kebetulan hari ini mengantar saya pulang ke rumah untuk mengambil lukisan dan beberapa pesanan dari teman-teman. Bapaknya ini cerita kalau anaknya tidak bisa masuk ke SMA unggulan di wilayah beliau tinggal karena masalah usia. Mengapa? Karena usia tertua yang diterima nyaris 24 tahun! Serius? Saya kaget dong πŸ˜†. Saya pikir masalah usia ini cuma ada di tingkatan sekolah dasar aja, ternyata enggak! Si bapak juga cerita kalau nilai rata-rata anaknya tinggi, 93! Hebat ya. Tapi nilai sebagus itu pun gak bisa membuat anaknya masuk ke sekolah negeri yang dia mau karena kendala umur!

Saya jadi deg-degan, gimana dengan kakak ya nanti. Tahun ini anak sulung saya sudah kelas 8, tapi saya sudah bingung karena dia berencana masuk ke SMA negeri, bukan lanjut ke MAN yang satu jalur dengan sekolahnya saat ini di MTsN.  Tahun lalu saja dia gak masuk seleksi zonasi di SMPN karena usianya belum 13 tahun di bulan Juni, sementara usia termuda di smpn sekitar 13 tahun 10 bulan. Wah

Makanya saya bersyukur dia bisa masuk lewat seleksi jalur madrasah dan nilainya mencukupi karena persaingannya sangat ketat saat itu. Apalagi jalur reguler nilai sidaniranya lebih tinggi dari nilai si kakak saat itu. Ceritanya di sini 

Bagaimana dengan cerita adik-adik kembar? Bisa dibilang mereka masih beruntung karena bisa diterima di sekolah dasar negeri pilihan mereka, setelah sekolah pertama yang juga mereka mau. Sementara di SDN wilayah Srengseng Sawah untuk usia tertua itu 10 tahun 11 bulan! Otomatis teman-teman si kembar yang usianya pas-pasan 7 tahun atau di bawahnya, banyak yang terpental dan harus rela masuk ke sekolah lain yang jaraknya agak jauh dari rumah masing-masing. 

Usia ini tentu berpengaruh ya ke jenjang sekolah selanjutnya, yakni SMP dan SMA. Bagaimana tanggapan teman-teman soal ini? Apakah ada diantara teman-teman yang pernah mengalami ini? Boleh cerita di kolom komentar ya 😊
Naia Djunaedi
Naia Djunaedi ex Radio Script Writer, ex Journalist, Ibu dari 3 orang anak, Bookworm, Senang menonton drama dan film, Ambivert, Senang menertawakan kehidupan, Terlahir dengan wajah jutek dan aslinya memang galak sih.. Hehehehe

10 comments for "Apakah Usia Hanyalah Angka?"

  1. Ya buktinya angka juga pengaruh ya mbk ...saya agak lupa juga soalnya dulu anak saya pas masuk TK umur 6 thn deh ,pokoknya blom sampe 7 masih kurang bbrpa bulan,tapi dulu blom ada pengaruhnya soal usia..ga tau kalau sekarang ternyata kayak gini ada batasan umurnya, kasian yg berprestasi tapi umur belom cukup jadi ga bisa sekolah di sekolah pilihan,saya kaget yah koq sampe ada yg batas usia 24 th..ga salah apa yah itu sekolahnyaπŸ˜†

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, pusing kenapa sekarang mau daftar sekolah saja susahnya minta ampun

      Delete
  2. Apakah anak-anak Anda pergi ke sekolah sekarang? Anak-anak kami sekarang sedang liburan musim panas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. anak-anak baru saja masuk sekolah di pertengahan Juli

      Delete
  3. Beautiful girls these twins of yours.

    ReplyDelete
  4. wahhhhh strict betul ya bab umur untuk pendidikan di sana? ada sebab tertentu ya kenapa jadi begini?

    kalau di sini untuk sekolah kerajaan peringkat pembelajaran harus ikut umur. kalau private tak jadi issue sangat. di johor pula lain kisahnya. anak-anak yang masuk sekolah agama, selagi mereka tidak lulus mereka tidak boleh keluar dari sekolah tersebut biar pun usianya sudah lebih 13 tahun (13 tahun sudah masuk sekolah menengah) (anies)

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul kak, entah sejak kapan peraturannya berubah menjadi begini. Dahulu saya bisa masuk sekolah dasar di usia 6 tahun, tetapi sekarang anak-anak di bawah umur tak bisa masuk sekolah tertentu. Otomatis untuk sekolah lanjutan pun ikut berubah

      Delete
    2. apa tujuan sebenar mereka buat rules & regulation seperti ini?

      Delete
  5. semoga pendidikan di Indonesia makin membaik kurikulumnya deh ya kak nai, dan permasalahan umur ini emang kadang bikin dag dig dug ser...

    ReplyDelete

Post a Comment