; Meneladani Rasulullah Shallahu 'Alaihi wa Sallam - SayaNaia

Meneladani Rasulullah Shallahu 'Alaihi wa Sallam

source: google.com


Assalamu'alaikum, halo.. Hari ini kita memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad Shallahu 'Alaihi wa Sallam. Sudah bershalawatkah hari ini? Kelahiran Rasulullah selalu diperingati di tanggal 12 Rabiul Awal. Nah untuk kalian yang muslim, tentunya sudah tau dong ya dan bahkan mungkin sudah sering juga ikut merayakan hari kelahiran yang biasanya diadakan setiap tahunnya.

Tetapi lebih dari itu, Rasulullah Shallahu 'Alaihi wa Sallam memiliki sifat-sifat terpuji yang patut kita teladani. Apa saja ya sifat-sifat utama beliau? Sifat-sifat beliau sama seperti sifat wajib bagi Rasul pada umumnya.

Shiddiq 
Shiddiq artinya benar. Nabi Muhammad Shallahu 'Alaihi wa Sallam terkenal dengan sifatnya yang baik, yang sejalan antara ucapan dan perbuatannya. Beliau tidak berbicara kecuali hal yang benar, dan tidak melakukan perbuatan kecuali perbuatan yang baik. 

Amanah
Amanah artinya dapat dipercaya. Rasulullah Shallahu 'Alaihi wa Sallam terkenal dengan sifatnya yang jujur dan dapat dipercaya. Bahkan dalam lingkungan kaum Quraisy beliau mendapat julukan Al-Amin, karena beliau adalah seorang pedagang yang jujur. Beliau juga menyampaikan segala sesuatu dengan jujur dan tidak pernah berdusta.

Tabligh
Tabligh artinya menyampaikan. Rasulullah ditugaskan sebagai pemberi pesan, menyampaikan wahyu Allah yakni Al-qur'an. Tidak ada satu pun firman Allah yang ia kurangi.

Fathanah
Fathanah artinya cerdas. Rasulullah Shallahu 'Alaihi wa Sallam adalah manusia yang cerdas. Tidak hanya memberi nasihat dan solusi yang baik, beliau juga mampu mengatur strategi perang yang memberi kemenangan bagi pasukan kaum muslim.

Selain dari sifat-sifat tersebut, Rasulullah merupakan contoh manusia yang memiliki akhlak mulia. Rasulullah memberi teladan agar umatnya saling menyayangi, tidak memandang perbedaan warna kulit, kaya atau miskin, tidak saling bermusuhan. Beliau mengajarkan kita untuk mencintai sesama manusia dan menjalani kehidupan sesuai dengan Al-qur'an dan Sunnah. 

Allahumma Sholli 'alaa Sayyidina Muhammad..


Naia Djunaedi
Naia Djunaedi ex Radio Script Writer, ex Journalist, Booklover, Blogger yang tersesat megap-megap setelah multiply diberangus...

No comments for "Meneladani Rasulullah Shallahu 'Alaihi wa Sallam"

Berlangganan via Email